Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Begini Cara Menanam Pohon Durian di Pekarangan Rumah yang Benar

Pilihlah biji durian terbaik sebelum menanamnya - Dirminimalis.com

Durian dikenal dengan julukan “king of fruit”, karena memiliki aroma kuat dan rasa yang lezat.  Karena cara menanam buah durian tidaklah mudah, maka tak heran bila harga buah durian cukup mahal dibandingkan dengan buah lainnya. Diperlukan keterampilan yang cukup agar bisa menghasilkan buah durian berkualitas. Bagi Anda yang tertarik memiliki pohon durian sendiri di pekarangan rumah, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda cara menanam pohon durian yang benar, demi menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas.

cara menanam pohon durian, cara menanam durian montong agar cepat berbuah, cara menanam pohon durian pendek, cara menanam durian cepat berbuah
Pilihlah biji durian terbaik sebelum menanamnya – Dirminimalis.com

Cara menanam pohon durian di pekarangan rumah

Di bawah ini ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda pahami sebelum menanam buah durian di pekarangan rumah minimalis Anda, diantaranya yaitu.


Memahami syarat tumbuh pohon durian

• Curah hujan

Curah hujan untuk pohon durian maksimal 3000-3500 mm/ tahun dan minimal 1500-3000 mm/ tahun. Curah hujan merata sepanjang tahun, dengan kemarau 1-2 bulan sebelum berbunga, akan lebih baik lebih baik daripada ketika mendapat guyuran hujan terus menerus.

• Kebutuhan cahaya matahari

Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan pohon durian adalah 60-80%. Saat musim kemarau, tanaman durian kecil belum kuat menahan terik sinar matahari, sehingga perlu diberi naungan tanaman lain atau jaring peneduh.

• Suhu

Pohon durian cocok ditanam pada suhu rata-rata 20°C-30°C. Pada suhu 15°C durian dapat tumbuh, tetapi pertumbuhan tidak optimal. Sedangkan pada suhu 35°C daun pohon durian menjadi kering, dan tidak optimal melakukan proses fotosintetis.

• Ketinggian 

Pohon durian dapat tumbuh pada ketinggian 10 mdpl hingga  800 mdpl. Namun ketinggian yang paling ideal bagi pohon durian adalah 400-600 mdpl.

• Tipe tanah

Tipe tanah yang cocok bagi pohon durian adalah lempung berpasir yang subur dan banyak mengandung unsur organik. Tanah tipe ini mampu mengikat dan merembeskan air dan tidak mudah tergenang air apabila turun hujan. Partikel penyusunan tanah sebaiknya seimbang antara pasir liat dan debu, sehingga mudah membentuk remah.  Derajat keasaman tanah yang cocok untuk pohon durian adalah pH 5-7.

Persiapan menanam durian

• Memilih bibit unggul

Pilihlah bibit tanaman yang terlihat subur, daunnya banyak, dan memiliki batang yang kokoh. Bibit durian bisa didapat dari nursery offline maupun online, atau Anda bisa membelinya di berbagai festival durian yang digelar. Satu batang bibit pohon durian umunya dijual dengan harga Rp80.000 hingga Rp200.000, tergantung jenis dan ukurannya.

• Persiapan media tanam

Sebelum nenanamnya, Anda perlu memperhatikan kelembaban media tanam terlebih dahulu. Jika dirasa tanah terlalu kering, maka siramlah terlebih dahulu hingga tanah cukup lembab. Mulailah mengkondisikan tanah selama 2 minggu sebelum Anda siap untuk menanamnya.  Lakukan penyiraman secara rutin, yaitu sebanyak 2 kali sehari, serta pemupukan lahan setiap seminggu sekali.

• Waktu penanaman

Penanaman yang ideal dilakukan pada musim hujan. Tanamlah bibit durian Anda  sebatas leher akar tanpa harus menimbun batangnya.

• Pemupukan

Gemburkan tanah lahan tanam terlebih dahulu menggunakan sekop atau cangkul. Setelah tanah gembur, Anda bisa mencampurkan pupuk dan sekam pada tanah tersebut dengan perbandingan 2:1. Sebaiknya pupuk yang Anda gunakan adalah pupuk organik, seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Karena penggunaan pupuk organik tidak akan menyebabkan perubahan tekstur dan kandungan tanah.

Jenis pohon durian yang cocok ditanam di pekarangan rumah

Durian montong

cara menanam pohon durian, cara menanam durian montong agar cepat berbuah, cara menanam pohon durian pendek, cara menanam durian cepat berbuah
Durian montong memiliki tekstur daging yang tebal dan rasanya manis – Diminimalis.com

Buah durian montong merupakan salah satu jenis durian yang sangat populer di Indonesia. Durian montong dikenal karena rasanya yang lezat, dan ukuran buahnya lebih besar dari buah durian jenis lain. Tanaman durian ini bisa dikatakan cukup produktif dan mampu beradaptasi di berbagai daerah, sehingga akan cocok untuk Anda tanam di pekarangan rumah Anda.

Durian Menoreh Kuning

Durian Menoreh Kuning  memiliki batang  yang dapat tumbuh tinggi hingga 25 M, bentuk batang bulat dan memiliki lingkar batang 1 M, bentuk tajuk seperti payung dan rimbun, percabangan melengkung ke atas, dan letak cabang terendah > 5 M, tekstur kulit batang kasar dan berwarna kecoklatan.

Durian menoreh telah diakui kelezatannya dari segi rasa, aroma dan minim ditemukan cacat fisik akibat hama. Durian jenis ini berwarna kuning cerah mentega dengan rasa manis legit.Tekstur daging buahnya berserat halus, kering kesat, berselaput dan mudah mengelupas. Bentuk buahnya memiliki panjang 26-29 cm dan lebar 19-22 cm.

Menanam pohon durian pada pot

Bagi Anda yang memiliki lahan sempit, Anda tetap bisa memiliki pohon durian yang pendek, aman, indah, namun tetap produktif. Cara menanam pohon durian di lahan sempit bisa Anda lakukan dengan menggunakan metode tabulampot (tanaman buah dalam pot).

Yang tidak boleh dilupakan saat menanam pohon durian menggunakan metode ini adalah perlunya pencampuran pupuk kandang serta tanah secara seimbang. Perbandingannya yaitu 1:1, artinya kebutuhan tanah liat dengan pupuk sama. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk fosfor berupa TSP dengan takaran 20 gram atau 2 sendok makan. Pohon durian dalam pot ini bisa berbuah dalam 4-5 tahun.

Jenis pohon durian yang cocok ditanam dengan metode tambulampot adalah  durian merah Banyuwangi.  Pohon durian jenis ini sudah terbukti bisa ditanam di lahan sempit maupun luas. Arah batang pohon ini bisa dibentuk sesuai dengan selera pemiliknya. Durian merah Banyuwangi mampu menyesuaikan dengan segala medan dan cocok bagi Anda yang tinggal di perumahan dengan area tanam yang sempit.

Demikian ulasan kami tentang cara menanam pohon durian di pekarangan rumah. Semoga dengan memilki memiliki pohon durian sendiri, Anda dapat menikmati kelezatan buah eksotis ini saat musimnya tiba.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.