Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Beginilah Cara Menanam Kaktus Hias Agar Dapat Hidup di Wilayah Tropis

Menanam kaktus hias di wialyah tropis perlu dilakukan dengan cara yang benar - Diminimalis.com

Saat ini tanaman kaktus telah menjadi primadona dalam dunia tanaman hias. Banyak dari para pecinta tanaman hias mulai menjadikan kaktus hias sebagai salah satu koleksinya. Namun sebelum Anda membudidayakan tanaman kaktus, terlebih dahulu Anda harus paham cara menanam kaktus dengan benar. Karena habitat asli kaktus berasal dari gurun, dan untuk tumbuh di iklim tropis, perlu penyesuaian penanaman yang tepat.

cara menanam kaktus, cara merawat kaktus agar berbunga, kondisi ideal bagi kaktus
Menanam kaktus hias di wialyah tropis perlu dilakukan dengan cara yang benar – Diminimalis.com

Cara menanam kaktus hias yang benar

Kaktus meyukai sinar matahari dan juga menyukai sirkulasi udara yang baik. Bila media tanam kaktus terlalu lembab dan basa, maka batang tubuh dan akarnya bisa busuk. Untuk penjelasan spesifik tentang cara penanaman dan perawatan kaktus bisa Anda baca di bawah ini.


Pemilihan bibit kaktus

Kaktus dapat diperbanyak melalui biji atau dari anakan (bibit). Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di toko tanaman hias atau nursery. Usahakan pilih yang berkualitas dan berasal dari induk yang memang bagus. Dengan begitu, kaktus kedepannya akan menghasilkan tanaman kaktus yang sangat bagus.

Sebelum disemai, pilihlah bibit yang baik tanpa ada cacat fisik. Ciri-ciri kaktus sehat memiliki duri-duri sempurna dan tidak ada yang patah, batangnya tidak memar, dan arah tumbuhnya tegak lurus.

Persiapan Tanam

Bibit Kaktus dapat ditanam di tanah secara langsung dan juga di dalam pot.Bila ditanam di tanah langsung, komposisi media tanahnya cukup tanah liat, humus, dan pasir.Bila ditanam di pot, media tanam yang digunakan adalah campuran tanah liat, pasir, dan humus dengan perbandingan 2:2:1 dan ditambah bubuk kapur, batu bata dan bubuk tulang.

Merawat Kaktus

cara menanam kaktus, cara merawat kaktus agar berbunga, kondisi ideal bagi kaktus
Bersihkan permukaan kaktus dari kotoran agar terhindar dari hama – Diminimalis.com

Bagian batang tanaman kaktus dilapisi oleh jaringan lilin yang melindunginya dari sinar matahari sehingga tingkat penguapannya rendah. Kondisi ini memungkinkan tanaman kaktus dapat menyimpan cadangan air di dalam tubuhnya, serta memiliki daya tahan yang bagus terhadap lingkungan yang kering.

Oleh karena itu, aturan dasar merawat kaktus ialah melakukan penyiraman dengan menyesuaikannya terhadap kondisi media tanam. Alangkah baiknya Anda melakuakan penyiraman tanaman kaktus setiap 3-4 minggu sekali agar ia dapat hidup secara normal. Air yang digunakan untuk penyiraman juga sebaiknya dipilih air yang memiliki pH normal untuk mencegah kebusukan.

Karena kaktus sangat menyukai sinar matahari, Anda boleh meletakkan tanaman ini di dalam ruangan, namun setiap seminggu sekali wajib mengeluarkannya supaya dapat bermandikan cahaya. Setelah tumbuh cukup besar, pertumbuhan tanaman kaktus biasanya akan melambat. Pada waktu tersebut Anda bisa melakukan pemangkasan batang atau pemindahan tanaman ke wadah yang berukuran lebih besar.

Penyiraman

Tanaman kaktus menyukai kondisi tanah yang cenderung kering dan tidak terlalu lembab. Untuk penyiraman, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika cuaca kering atau kemarau penyiraman bisa dilakukan 3 hari sekali. Jika cuaca lembab atau musim penghujan penyiraman bisa dilakukan sekali dalam seminggu.

Caranya adalah Anda harus menggunakan botol spray khusus dan penyiraman air secukupnya agar tanaman kaktus tidak lembab.Jika tanaman kaktus tersebut lembab, biasanya bagian ujung tanaman kaktus akan terasa lembek, sehingga mengakibatkan tanaman membusuk dan akhirnya mati.

Pemberian Pupuk

Pupuk merupakan sumber nutrisi bagi kaktus hias untuk bisa bertahan hidup. Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk NPK.Pupuk ini dapat merangsang tingkat pertumbuhan kaktus sehingga bertambah besar dalam waktu yang lebih cepat.

Demikian ulasan kami cara menanam kaktus hias di wilayah tropis yang benar. Dengan menerapkan cara di atas, semoga kaktus yang Anda tanam rumah dapat tumbuh dengan baik dan nampak mempesona. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.