oleh

Cara Menanam Durian Musang King Agar Dapat Berbuah Lebat

Bagi para penggemar buah durian, nama musang king tentu tak asing di telinga mereka sebagai salah satu varietas durian unggulan. Hal inilah yang membuat banyak pembibit durian untuk selalu memperbanyak bibit ini karena semakin tingginya permintaan. Bila Anda termasuk salah satu penggemar buah durian, terlebih musang king, ada baiknya Anda menyimak ulasan kami tentang cara menanam durian musang king di bawah ini.

 cara menanam durian musang king, keunggulan durian musang king, durian musang king malaysia
Durian musang king memiliki daging buah yang tebal dan berwarna kuning terang – Diminimalis.com

Cara menanam durian musang king dengan baik dan benar.

Durian musang king atau di negari asalnya sering disebut mou san wan (raja kucing) pertama kali ditemukan pada tahun 1990. Saat itu di daerah Tanah merah, Kelantan (Malaysia) tersiar berita tentang tumbuhan durian yang berbuah dengan sifat istimewa. Konon dinamai demikian karena durian ini awalnya ditemukan di dekat Gua Musang (Kucing) di Kelantan.

Sesuai dengan namanya, durian satu ini memang pantas jika disebut raja dari sejenisnya. Memiliki daging buah yang tebal, lembut, manis, dan biji kecil menjadikannya tanaman buah favorit banyak orang. Untuk soal rasa, buah durian musang king memiliki rasa yang manis legit dengan sedikit rasa pahit dan creamy. Selain itu, Buah durian musang king juga memiliki aroma tidak menyengat. Musang king merupakan varietas durian ke 197 yang sudah didaftarkan di Kementerian Pertanian Malaysia.

Di Indonesia, durian musang king sendiri termasuk salah satu durian favorit yang banyak dicari. Buah Daging buah yang tebal dengan tekstur lembut serta rasanya yang manis, membuat buah durian musang sangat mudah diterima lidah masyarakat indonesia, dan menjadi salah satu durian unggulan bagi para penikmat durian.

Durian musang king memang paling dicari dan diburu mengingat banyaknya pecinta durian jenis ini. Untuk Anda yang ingin menikmati buah durian musang king, maka sebaiknya Anda pahami dulu ciri-ciri dari buah ini supaya tidak salah saat Anda hendak membelinya.

Berikut ini ciri khas durian musangking yang perlu Anda tahu :

Warna Kulit

 cara menanam durian musang king, keunggulan durian musang king, durian musang king malaysia
Durian musang king memiliki warna kulit dan duri hijau ke kuning-kuningan – Diminimalis.com

Durian musangking memiliki kulit yang berwarna semu hijau kekuningan. Gradasi warnanya bisa dilihat di antara ujung duri sampai ke dasar kulitnya.

Bentuk Duri

Bila sepintas mata sepertinya bentuk duri setiap durian itu nampak tidak berbeda. Akan tetapi faktanya tidak begitu. Durian musang king memiliki duri membentuk piramida dan tempatnya berjauhan antara duri yang satu dengan duri yang lainnya lagi.

Bentuk Mahkota

Pada buah durian pertemuan antara bagian tangkai dengan buah biasanya sering disebut dengan mahkota. Mahkota pada durian musangking kelihatan tidak ada durinya dan awal dari duri tersebut mulai tumbuh kelihatan saat duri menjauh dari tangkai buahnya.

Cara menanam pohon durian musang king

Sebenarnya cara menanam durian musang king sangat mudah. Pohon durian Musang king cocok ditanam di datran tinggi maupun dataran rendah. namun untuk hasil maksimal, bibit tanaman buah durian musangking sebaiknya di tanam pada dataran rendah dengan ketinggian 400m dpl.

Bagi Anda yang ingin mulai menanamnya, berikut tahapan detailnya.

Menyiapkan bibit

Pilihlah bibit durian musang king dengan benar dengan kualitas unggulan. bibit yang bagus adalah bibit dengan pertumbuhan tunas sempurna, serta tidak ada atau minim cacat.

Bersihkan lahan

Sediakan tempat yang bakal Anda pakai untuk menanam durian musang king. Bersihkan tempat dari rumput liar serta tanaman lain yang mengganggu. Tentukan tempat yang terkena terpaan cahaya matahari yang cukup.

Buat lubang

Langkah menanam durian musang king selanjutnya yakni dengan bikin lubang dengan ukuran lebih kurang 80x80x80 cm. Biarlah lubang itu sepanjang 3 hari hingga 1 minggu, agar bakteri dalam tanah bisa mati.
Menanam bibit

Setelah lubang tanam diberi pupuk dasar dan sudah di diamkan sekitar 2-3 hari, barulah tanamkan bibit tersebut pada lubang tanam. Cara menanam bibit durian ini tidak ada bedanya dengan menanam bibit lain, jika bibit berasal dari polybag, maka buka plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya pecah atau hancur, lalu buang plastik polybag agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Benamkan bibit dengan kedalaman lebih kurang 15 cm. Tutupi atau timbun tanah seperlunya, kira-kira cukup hingga menutupi sisi bawahnya saja. Gundukan tanah baiknya cukup kuat supaya tanaman tak gampang goyang.

Setelah menempatkan posisi yang pas, lalu timbun dengan tanah bercampur pupuk kandang yang sudah diaduk-aduk. Akan lebih baik jika permukaan tanah diberi jerami padi agar kandungan kompos semakin bagus.
Tutupi dengan jerami.

Untuk beberapa tempat yang dekat dengan sawah, sebaiknya tutupi sisi gundukan tanah dengan jerami. cara ini dilakukan supaya air yang terdapat dalam tanah tak mudah menguap, siramilah tanaman durian itu dengan cara teratur. Setelah bibit tersebut Anda tanam, Anda mesti menyirami tanaman itu dengan cara teratur tiap sore hari terlebih di musim kemarau.

Merawat tanaman

Langkah terakhir adalah merawat bibit durian musang king yang baru ditanam dengan rajin menyiram dan memupuknya. Pupuklah dengan pupuk organik setiap bulan untuk mempercepat pertumbuhan.
Menanam durian musang king di dalam tabulampot.

Bagi Anda yang memiliki lahan minim, jangan khawatir, durian musnag king juga bisa ditanam dengan metode tabulampot, berikut caranya.

Siapkan pot dengan diameter lebih dari 60cm. Untuk media tanamnya, siapkan tanah dan humus dengan perbandingan 2 : 1. Lakukan penyiraman 2x sehari, tiap pagi dan sore. Sebulan sekali berikan pupuk NPK daun. Bila tinggi tanaman sudah mencapai 5 M, Anda bisa melakukan pemangkasan. Untuk menghindari penyakit, bersihkan gulam secara berkala.

Demikian ulasan kami tentang cara menanam durian musang king dengan baik dan benar. Bila Anda penikmat durian, terelebih musang king, tentu akan lebih mengasyikkan bisa suatu saat bisa memetik sendiri durian unggulan tersebut saat musimnya tiba, semoga bermanfaat.(ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed