Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Memilih Paket CCTV Terbaik untuk Rumah Minimalis Anda

Pilihlah kamera CCTV yang berkualitas- diminimalis.com

Cara memilih paket CCTV yang baik dan benar perlu Anda pahami supaya Anda memiliki perangkat CCTV sesuai standar keamanan dengan harga yang cocok. CCTV adalah alat yang berguna untuk menjaga rumah dan keluarga Anda agar tetap aman. Kamera pengintai ini memiliki fungsi sebagai pertahanan atau sebagai barang bukti bila terjadi kejahatan.

Namun bagaimanapun CCTV adalah alat yang pasif, adanya cctv bukan berarti dapat membuat rumah Anda terlindung dari resiko pencurian. Pencuri selalu melakukan observasi yang matang dan akan beraksi saat kita lengah. Namun bila ternyata pencuri bisa masuk ke rumah, setidaknya CCTV bisa membantu penegak hukum untuk melecak pelaku kriminal tersebut.


memilih paket cctv, cara memilih paket cctv, harga paket cctv
beragam jenis kamera ccitv – diminimalis.com

Sebelum memilih paket CCTV, ada baiknya Anda juga memahami jenis-jenis CCTV yang bisa Anda pasang pada rumah minimalis Anda, seperti:

1. Dome CCTV

Jenis-jenis CCTV pertama adalah CCTV berbentuk dome. Jenis CCTV yang satu ini populer dalam pemasangannya. Adapun keunggulan dari CCTV dome ini ialah lensa yang tidak mudah rusak meskipun dapat diutak atik oleh tangan, desain yang lebih simple, lapisan dome membuat orang sulit membidik arah serta mendukung night vision dan infra-red.

2. Box Camera CCTV

Jenis CCTV yang satu ini cocok untuk kebutuhan surveillance jarak jauh. Selain itu, CCTV ini dapat dipasang di area yang vertikal. Sebelum dilakukan pemasangan sebaiknya CCTV ini diberi pelindung untuk mencegah kerusakan. Apabila beberapa area tidak memiliki sumber pencahayaan yang baik maka CCTV ini dapat ditambahkan alat eksternal yang mendukung infra merah.

3. Bullet CCTV

Bullet CCTV merupakan CCTV dengan bentuk yang menyerupai teropong. CCTV jenis ini baik digunakan untuk pengamatan jarak menengah dan tidak terjangkau oleh tangan. Selain itu, Anda yang tidak mempermasalahkan pencahayaan minim, maka CCTV cocok digunakan.

4. Wireless CCTV

CCTV yang juga dikenal dengan sebutan Ip Cam ini memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Sesuai namanya CCTV ini memanfaatkan jaringan nirkabel dan terhubung secara langsung sehingga dapat diakses melalui gadget seperti smartphone.

Cara memilih paket CCTV yang tepat untuk rumah minimalis Anda

Kali ini diminimalis akan mengulas tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih CCTV, diantaranya adalah:

Memilih CCTV Kabel atau Wireless

Sistem CCTV untuk pengawasan rumah tersedia dalam dua tipe yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel hampir mirip dengan sistem listrik di rumah Anda, sementara kamera CCTV wireless bekerja dengan daya baterai dan melalui sinyal wireless. Sistem CCTV kabel umumnya lebih mahal biaya instalasinya dan lebih sulit untuk diganti.

Keuntungan CCTV kabel adalah lebih stabil dan memiliki kualitas sinyal yang sangat baik, sehingga tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah Anda. Di sisi lain, kamera CCTV wireless sangat mudah untuk dipasang, mudah disembunyikan, lebih murah untuk dibeli dan diganti. Namun perangkat nirkabel lainnya (seperti telepon wireless) dapat mengganggu sinyal sehingga akan mengorbankan kualitas gambar yang direkam.

CCTV Indoor vs Outdoor

Kebanyakan kasus invasi rumah dimulai dari pintu depan atau belakang. Jika budget anda mencukupi, kamera outdoor tahan cuaca perlu dipasang pada semua pintu luar dan jendela lantai dasar. Kamera ini tersedia dalam tipe standar, kubah (dome) yang tahan hujan, salju bahkan mungkin memiliki heater untuk daerah dingin. Selain itu, kamera dome vandalproof tahan terhadap serangan fisik, seperti pukulan tongkat atau palu.

Format Rekaman Video

Kebanyakan sistem kamera rumah dapat merekam video untuk jangka waktu tertentu. Beberapa sistem lama dapat merekam ke VHS, DVD atau mini-disc. Tetapi sekarang hampir seluruhnya menggunakan teknologi DVR (Digital Video Recorder).

DVR adalah sebuah sistem kamera berbasis komputer yang akan merekam video CCTV tersebut ke hard disk sehingga lebih cepat dan mudah untuk mengecek hasil rekamannya. Beberapa sistem teknologi tinggi yang tersedia saat ini secara simultan bisa meng-upload video CCTV Anda secara online. Dengan cara ini bila sistem keamanan Anda berhasil ditembus, dicuri atau dihancurkan, Anda masih memiliki rekaman videonya.

memilih paket cctv, cara memilih paket cctv, harga paket cctv
CCTV yang bisa diakses secara virtual – diminimalis.com

Akses Virtual / Konektivitas mobile

Banyak sistem CCTV rumah saat ini juga menawarkan akses online agar dapat dilihat langsung melalui internet atau smartphone Anda. Umumnya fitur live view, notifikasi mobile, atau fitur berbasis cloud akan membutuhkan biaya CCTV bulanan atau tahunan tergantung perusahaan CCTV yang Anda gunakan.

Dengan adanya fitur konektivitas mobile maka kamera CCTV akan tersambung ke jaringan WiFi Anda. Ini berarti Anda dapat log in menggunakan komputer, tablet atau smartphone dan melihat live view dari salah satu kamera untuk mengawasi properti saat Anda berpergian.

Harga dan Biaya Pemasangan CCTV

Paket CCTV dengan 4 kamera bisa Anda dapatkan dengan biaya sekitar 3 jutaan. Semakin banyak kamera yang Anda pasang, atau semakin tinggi kualitas gambar, berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Demikian ulasan kami tentang cara memilih paket CCTV terbaik untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait tips rumah aman dari pencuri di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Tips rumah aman dari pencuri yang perlu Anda ketahui

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.