Cara Membuat Sumur Resapan di Halaman Rumah

sumur resapan dapat mengurangi debit air yang menyebabkan banjir - diminimalis.com

Sebetulnya, cara membuat sumur resapan mudah diterapkan. Sumur resapan kini semakin diminati lantaran ada banyak keuntungan yang diperoleh. Sumur resapan menjadi alternatif untuk mendapatkan pasokan air bersih. Selain itu sumur resapan lebih ramah lingkungan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi bagaimana cara membuat sumur resapan di halaman rumah.

Sumur resapan memiliki banyak kegunaan bagi tiap bila Anda memilikinya. Di bawah ini kami uraikan untuk Anda tentang beberapa manfaat sumur resapan untuk rumah minimalis Anda, dintara manfaat tersebut antra lain :

1. Menambah debit air

Manfaat sumur resapan yang pertama adalah dapat menambah debit air. Sumur resapan akan menampung air hujan. Air hujan tersebut kemudian diserap oleh air tanah sehingga jumlahnya meningkat. Debit air yang bertambah tentu dapat memenuhi pasokan air baik di rumah maupun lingkungan sekitar. Aliran air hujan akan diserap ke dalam tanah sehingga debit air meningkat dan kelembaban tanah pada halaman rumah tetap terjaga

2. Menjaga kelembaban tanah

Sumur resapan mampu mempertahankan kelembaban tanah. Tanah yang lembab dapat terhindar dari kekeringan meskipun dalam cuaca yang panas, sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan air bersih. Tanah yang lembab juga membuat tanaman di atasnya tumbuh subur.

3. Mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga

Sudah bukan rahasia umum perumahan di daerah perkotaan cenderung krisis air. Hal ini disebabkan kurangnya daerah resapan air yang baik. Membuat sumur resapan dapat diterapkan di rumah agar dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, memasak dan mandi.

4. Mencegah rumah dari banjir

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, maka membuat sumur resapan merupakan pilihan yang tepat. Air banjir yang masuk ke dalam rumah akan terhalang dan diresap oleh sumur resapa tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika musim hujan tiba.

Cara Membuat Sumur Resapan, Cara Membuat Sumur Resapan sederhana, Cara Membuat Sumur Resapan biopori, Manfaat Sumur Resapan, Manfaat Sumur Resapan adalah, pengertian sumur resapan dan fungsinya
sumur resapan dapat mengurangi debit air yang menyebabkan banjir – diminimalis.com

Cara Membuat Sumur Resapan di Halaman Rumah

Di bawah ini kami ulas untuk Anda tentang cara membuat sumur resapan di halaman rumah, diantra beberapa caranya yaitu:

1. Cara membuat sumur resapan yang pertama adalah memilih tanah yang datar. Gali tanah hingga mencapai kedalaman 1,5 dengan diameter 80 sampai 100 cm dan tidak lebih dari permukaan air tanah.

2. Apabila Anda ingin menampung air hujan, maka diperlukan penguatan tanah. Untuk memperkuat dinding tanah adalah dengan menggunakan buis beton. Anda juga bisa menggunakan batu bata. Batu bata tersebut dapat disusun dengan rapi tanpa diplester.

3. Selanjutnya, hubungkan pipa paralon dengan sumur resapan ke talang. Hal ini dimaksudkan agar ketika hujan air dapat tersalurkan dengan baik melalui talang menuju sumur resapan.

4. Buatlah parit pembuangan yang berfungsi menampung air hujan. Parit pembuangan berfungsi jika sumur resapan mulai meluap.

5. Isi sumur resapan dengan koral yang memiliki ketebalan sekitar 15 cm. Terakhir, tutup bagian atas sumur resapan menggunakan plat beton.

Manfaat Sumur Resapan, Manfaat Sumur Resapan adalah, pengertian sumur resapan dan fungsinya
sumur resapan memiliki banyak manfaat untuk lingkungan kita – diminimalis.com

Cara membuat sumur resapan sebaiknya dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman. Sumur resapan memberikan manfaat yang baik untuk rumah dan lingkungan tempat tinggal. Namun sebelum membuat sumur resapan ada beberapa hal yang musti diperhatikan.

Hal pertama yakni pembuatan sumur sebaiknya memiliki jarak 5 meter dari septic tank dan 1 meter dari pondasi bangunan. Kedua, periksa kedalaman tanah untuk memastikan batas muka air. Syarat untuk membuat sumur resapan adalah memiliki kedalaman batas muka air tanah minimal 1,5 meter ketika hujan datang.

Ketiga, memperhatikan permeabilitas tanah (kemampuan menyerap air) minimal 2 cm per jam. Dengan kata lain dalam satu jam, tanah dapat menyerap genangan air mencapai ketinggian 2 cm. Beberapa kriteria atau syarat tersebut harus dipahami agar sumur resapan yang dibuat dapat bekerja secara maksimal.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara membuat sumur resapan di halaman rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat sumur resapan untuk rumah dan lingkungan di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Manfaat sumur resapan untuk rumah dan lingkungan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.