oleh

Cara Membuat Makaroni Panggang yang Lezat untuk Hidangan Keluarga

Libur akhir pekan merupakan momen yang selalu kita nantikan bersama. Setelah seminnggu penuh anggota keluarga sibuk dengan padatnya aktivitas masing-masing, maka di akhir pekanlah, semua  bisa berkumpul bersama. Dari sebagian banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk seru-seruan bersama, tak ada salahnya Anda sekeluarga mencoba membuat makaroni panggang yang lezat untuk dinikmati sambil mengisi family time bersama. Cara membuat makaroni panggang ini tidak susah, dan akan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga tercinta.

Memasak merupakan kegiatan menyenangkan yang asyik jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Tidak ada salahnya mencoba membuat berbagai resep enak untuk mengisi libur Anda bersama keluarga. Ada satu resep makanan yang bisa dicoba untuk camilan mengisi waktu luang, yaitu makaroni panggang.

 membuat makaroni panggang yang lezat, cara membuat makaroni panggang, resep membuat makaroni panggang
Makaroni panggang, merupakan hidangan yang seru bila dibuat bersama keluarga tercinta – Diminimalis.com

Makaroni adalah salah satu jenis pasta yang terbuat dari tepung terigu. Kreasi olahan makaroni ini bisa sangat beragam tergantung dengan selera si pembuat. Makaroni panggang sendiri adalah hidangan yang terbuat dari makaroni yang dicampur dengan daging, sayuran dan keju.

Membuat makaroni panggang yang lezat tidak sulit. Anda bisa mencobanya di rumah dengan mengajak serta anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Ide ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyenangkan anak dengan menyajikan makanan yang lezat dan enak. Daripada menghabiskan setiap minggu untuk pergi ke restoran dan menghabiskan banyak uang, memasak macaroni panggang di rumah akan membiasakan keluarga untuk makan bersama tanpa perlu pergi ke restoran.

Cara Membuat Makaroni Panggang yang Lezat

Makanan yang berasal dari Italia disebut juga makaroni schotel. Kudapan ini banyak digemari oleh berbagai kalangan dari muda sampai tua. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang lembut ini membuat kudapan ini banyak disukai oleh seluruh anggota keluarga.

Meskipun berasal dari luar negeri, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makaroni panggang dapat dengan mudah Anda temukan. Bahkan Anda bisa menglakukan berbagai kreasi masakan dengan mencoba kombinasi lain yang disukai oleh anak-anak. Anda bisa menanyakan kepada sang buah hati terkait campuran apa yang ia sukai, seperti sayuran, daging, atau ekstra keju yang akan membuat sajian menjadi lebih sedap.

Sebelum membuat hidangan ini Anda harus mempersiapkan terlebih dulu semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat macaroni adalah sebagai berikut:

• 250 gram makaroni

• 1 kaleng kecil kornet daging

• 1 eju

• 2-3 buah wortel

• 150 gram mentega

• 3 butir telur

• 3-4 siung bawang Putih

• 300 ml susu cair

• 1-2 sendok teh merica bubuk

• 1 sendok makan gula pasir

• 3 sendok makan minyak goreng

• 1 sendok makan garam

• Air

Tahapan Membuat Makaroni Panggang

Membuat makaroni schotel istimewa ini membutuhkan beberapa tahapan-tahapan, yaitu:

• Rebus air terlebih dahulu di dalam panci. Setelah air mendidih tambahkan garam dan masukkan makaroni mentah ke dalam panci. Rebus makaroni sampai mengembang kemudian angkat dan sisihkan. Pastikan macaroni sudah matang pas, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek.

• Cairkan mentega dengan cara dipanaskan kemudian sisihkan di dalam wadah terpisah.

 membuat makaroni panggang yang lezat, cara membuat makaroni panggang, resep membuat makaroni panggang
Carikan mentega di atas wajan dengan nyala api sedang – Diminimalis.com

• Bersihkan wortel dan cuci bersih. Lalu, rebus air lagi untuk memanaskan wortel. Rebus wortel sampai dengan setengah matang kemudian potong bentuk dadu atau sesuai selera.

• Siapkan wajan untuk menumis kemudian panaskan minyak. Cincang bawang putih terlebih dahulu. Setelah minyak panas tumis bawang putih cincang, kornet dan potongan wortek setengah matang tadi. Tambahkan dengan merica bubuk, gula dan garam. Tumis sampai matang dan semua bumbu tercampur rata, sisihkan terlebih dahulu.

• Siapkan keju parut untuk taburan makaroni setelah matang dan keju potong untuk campuran makaroni. Keju untuk campuran makaroni cukup dipotong-potong dadu dengan ukuran kecil.

• Siapkan wadah kemudian masukkan pecahkan telur dan campur dengan susu bubuk. Aduk campuran susu dan telur ini sampai merata sempurna kemudian sisihkan terlebih dahulu.

• Siapkan wadah dengan ukuran agak besar. Masukkan semua bahan yang sudah dibuat meliputi makaroni, tumisan daging kornet, keju potong dadu serta adonan susu dan telur. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.

• Siapkan wadah alumunium foil dengan ukuran 20 x 20 cm kemudian masukkan campuran semua bahan tadi ke dalamnya.

• Panggang adonan makaroni di dalam wadah alumunium menggunakan oven sampai terlihat ada gelembung yang keluar dari permukaan adonannya.

• Setelah terlihat ada gelembung keluarkan makaroni dari oven dan taburi dengan keju parut yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Masukkan kembali makaroni yang sudah ditaburi keju ke dalam oven dan panggang kembali sekitar 15 menit sampai permukannya berubah warna menjadi kecokelatan.

• Makaroni panggang keju spesial siap disajikan

 membuat makaroni panggang yang lezat, cara membuat makaroni panggang, resep membuat makaroni panggang
Makaroni panggang dengan keju dan sayur yang lezat – Diminimalis.com

Makaroni panggang ini cocok disajikan selagi hangat dengan topping potongan daging kecil. Anda bisa menambahkan saus tomat sebagai pelengkap hidangan ini. Rasa gurih dari makaroni berpadu dengan rasa asam pedas dari saos tomat menjadi kombinasi rasa yang pas di lidah.

Menu ini bisa menjadi makanan sehat pengganti jajan bagi buah hati Anda. Anda bisa menyantap makanan ini sebagai camilan ataupun pengganti makan besar. Tidak sulit bukan membuat makaroni panggang yang lezat? Dengan membuat macaroni panggang di rumah, kini semua anggota keluarga bisa kumpul bersama dan duduk satu meja. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed