Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Membuat Biopori di Pekarangan Rumah Minimalis Anda

membuat lubang sebagai tahap awal pembuatan biopori - diminimalis.com

Cara membuat biopori sebenarnya mudah, dan kita semua bisa membuatnya sendiri tanpa perlu mengunakan jasa tenaga profesional. Biopori adalah lubang-lubang dalam tanah yang dibentuk untuk berbagai aktifitas organisme dan pengendapan sampah organik. Lubang-lubang ini akan juga menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah, sehingga efektif sebagai sumber resapan di sekitar rumah Anda.
Lubang biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini pertama kali dicetuskan oleh Ir. Kamir R Brata, M.Sc, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

cara membuat biopori, cara membuat biopori dan manfaatnya, manfaat
membuat lubang sebagai tahap awal pembuatan biopori – diminimalis.com

Cara membuat biopori di pekarangan rumah minimalis Anda

1. Buatlah lubang silindris di tanah dengan diameter 10 -15 cm dengan kedalaman sekitar 100-120 cm. Lubang tersebut dapat dibuat dengan bambu, pipa besi atau bor tanah dengan jarak antar lubang 50 – 100 cm.

2. Mulut lubang dapat diperkuat dengan semen selebar 2-3 cm, dengan tebal 2 cm di sekeliling mulut luang.

3. Setelah itu, lubang diisi dengan sampah organik. Fauna tanah (seperti cacing) akan datang dengan sendirinya dan masuk ke dalam lubang untuk mencari bahan makanan. Fauna tanah tersebut akan berkembang biak menciptakan liang yang dapat mempercepat laju peresapan air, serta memepercepat proses perombakan sampah organik menjadi kompos. Kompos ini dapat diambil dan digunakan sebagai pupuk alami tanaman.
4. Sebaiknya Anda menambahkan sampah organik setiap lima hari sekali.
5. Mulut atau pangkal lubang bisa dikelilingi dengan adukan semen selebar 2 – 3 cm setebal 2 cm.
6. Jumlah lubang resapan biopori ditentukan berdasarkan luas lahan, yaitu setiap 50 meter persegi luas lahan dibuat 10 lubang. Sebagai contoh :
• Luas lahan s/d 50 meter persegi sebanyak 10 lubang;
• Luas lahan 50 – 100 meter persegi sebanyak 20 lubang;
• Luas lahan 100 – 150 meter persegi sebanyak 30 lubang, dan seterusnya.
Jumlah Lubang Resapan Biopori yang disarankan

cara membuat biopori, cara membuat biopori dan manfaatnya, manfaat
lubang biopori yang sudah bisa dimanfaatkan – diminimalis.com

Jumlah Lubang Resapan Biopori = intensitas hujan(mm/jam) x luas bidang kedap (m2) / laju resapan air per lubang (liter/jam).

Contoh: Untuk daerah dengan itensitas hujan 70 mm/jam (hujan lebat), dengan laju peresapan air perlubang 3 liter/menit (180 liter/jam) pada 150 m2, bidang kedap perlu dibuat sebanyak (70×150) / 180 = 58 lubang Lubang Resapan Biopori.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat biopori pada pekarangan rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat biopori sebagai resapan air di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat Biopori untuk Mengatasi Genangan Air di Sekitar Rumah Minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.