oleh

Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel dengan Cara Simpel tanpa Ribet

Kamera CCTV merupakan sejenis alat berupa kamera pengintai yang dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan. Kamera CCTV dapat memudahkan kita untuk bisa mengenali pelaku kejahatan bila terjadi perampokan. Jenis kamera CCTV juga sangat beragam, tergantung kebutuhan dan kegunaannya. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memasang CCTV tanpa kabel.

Ada salah satu jenis kamera CCTV yang berbeda daripada yang lainnya, yaitu kamera CCTV tanpa kabel. CCTV jenis ini juga sering disebut dengan wireless CCTV camera. Lantas bagaimanakah cara memasang CCTV tanpa kabel ini? Ssimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel, cara pasang cctv wifi, cctv tanpa kabel jarak jauh, cara setting cctv wireless, cara kerja cctv wireless, cctv tanpa internet, cara pasang cctv tanpa dvr, cara membuat cctv tanpa kabel, cara memasang cctv online
Ada banyak kelebihan yang Anda dapatkan ketika memasang CCTV tanpa kabel – Diminimalis.com

Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel Sendiri Tanpa Teknisi

 Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel, cara pasang cctv wifi, cctv tanpa kabel jarak jauh, cara setting cctv wireless, cara kerja cctv wireless, cctv tanpa internet, cara pasang cctv tanpa dvr, cara membuat cctv tanpa kabel, cara memasang cctv online
Memasang CCTv tanpa kabel sebenarnya simpel, bila Anda paham cara dasarnya – Diminimalis.com

Proses memasang kamera CCTV sebenarnya tidak perlu keahlian khusus. Cara paling mudah untuk memasang kamera CCTV adalah dengan mengikuti panduan manual atau googling. Panduan manual biasanya ada dalam kemasan DVR CCTV yang Anda beli. Instalasinya juga tidak jauh berbeda dari membuat instalasi listrik.

Selain menjadi alat bantu untuk mengamankan rumah atau perusahaan anda, kamera CCTV juga sering dipakai dalam memonitor perumahan seperti cluster. Jenis kamera CCTV ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan kabel dan juga ada yang menggunakan wireless. Saat melakukan instalasi pemasangan, yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi titik penempatan kamera. Berikut selengkapnya:

Perlengkapan Memasang CCTV Tanpa Kabel Jarak Jauh

1. Hitung jarak antara kamera dan DVR yang sudah ditentukan titiknya. Ini ikut menentukan jarak atau ukuran kabel CCTV saat Anda membelinya.
2. Tes kabel dengan tester untuk meyakinkan bahwa kabel yang Anda beli tidak ada yang putus di tengah jalan.
3. Pilih kamera CCTV dan DVR sesuai yang Anda butuhkan.
4. Siapkan peralatan yang diperlukan seperti palu, solasi hitam, bor, tang potong dan jepit, tali tis, obeng plus dan min, serta kabel roll.
5. Ada bahan yang tak terduga seperti kabel eterna, steker 1 pcs, klem kabel ukuran 12, terminal kuningan 4 lubang 1 pcs, dan siku besi 2 pcs.
6. Pasang hardisk pada DVR sebagai tempat penyimpanan hasil rekaman dan minta setting DVR nya saat Anda membelinya.
7. Buat kabel CCTV dengan panjang 50 cm, pasangkan konektor BNC lalu hubungkan kamera dengan DVR serta monitor, pastikan muncul gambar. Proses ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda instalasi kabel.
8. Atur instalasi kabel supaya tampak rapi.
9. Sambungkan DVR ke TV atau monitor dan nyalakan.
10. Proses selesai
Seperti itulah cara memasang kamera CCTV tanpa kabel jarak jauh. Meskipun terkesan mudah, namun kadang juga sering muncul problem pemasangan kamera CCTV tanpa kabel ini.

Masalah Pemasangan CCTV Mini Tanpa Kabel

cara memasang cctv yang benar, cara pemasangan cctv di rumah langkah langkah pemasangan cctv
Memasang kamera CCTV harus menggunakan prosedur yang benar – diminimalis.com

Beberapa hal yang sering dialami saat memasang kamera CCTV sendiri yaitu tidak munculnya gambar. Sebaiknya, pastikan kabel dalam kondisi baik. Bisa saja ketika pemasangan kabel putus dan terlipat di tengah jalan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal-hal penting terkait dengan pemasangan kamera CCTV tersebut.

Kelebihan CCTV Tanpa Kabel

Kelebihan CCTV wireless internet atau tanpa kabel yaitu Anda dapat melihat rekaman dalam kamera CCTVdari rumah atau tempat usaha anda. Ini lebih praktis bila dibandingkan dengan harus memiliki layar monitor CCTV. Beberapa jenis kamera CCTV tanpa kabel dapat terhubung secara langsung ke internet, sehingga dapat diakses kapanpun kita inginkan. Asalkan terhubung ke koneksi internet dan memiliki software atau login website yang memantau secara online.

Sistem kamera CCTVada yang dapat memungkinkan pemberitahuan secara instan lewat sms ataupun email setiap kali kamera CCTV mendeteksi kehadiran atau pergerakan benda ataupun orang.

Kelebihan lain dari kamera CCTV wireless adalah mudah diletakkan di mana saja. Misalnya di sudut rumah atau di tempat tersembunyi yang tidak memungkinkan untuk di pasang kamera CCTV dengan kabel.

Kekurangan CCTV Tanpa Kabel

Kamera CCTV tanpa kabel ternyata juga memiliki kekurangan. Saat melakukan setting dan konfigurasi, kamera CCTV jenis wireless atau tanpa kabel tergolong sulit dan diperlukan pengetahuan LAN yang berpengalaman. Tidak semua orang bisa melakukan konfigurasi pada kamera CCTV wireless internet ini.

Dari segi kualitas gambar dan gerakan objek masih di bawah rata-rata. Namun untuk kamera CCTV yang terkenal atau lebih mahal pasti kualitasnya sangat bagus bahkan melampaui kualitas kamera CCTV analog. Kekurangan kamera CCTV wireless ini salah satunya adalah harganya yang tergolong mahal. Walaupun ada yang mendapat harga murah, tetapi kualitasnya sangat rendah.

Memilih Paket CCTV Terbaik Untuk Rumah Minimalis Anda

Beberapa hal dibawah ini bisa Anda perhatikan saat memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah anda.

• Pilih cctv kabel atau wireless
CCTV untuk pengawasan rumah terdapat dua tipe yakni kabel dan nirkabel. Cara pemasangan CCTV wireless sebenarnya sangat simpel, karena cara kerjanya menggunakan daya baterai serta sinyal wireless. Sedangkan sistem CCTV kabel lebih mahal biaya instalasi nya dan sulit untuk diganti. Akan tetapi, CCTV kabel lebih stabil dan mempunyai kualitas sinyal yang baik, sehingga tidak ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah.

• Pilih CCTV indoor atau outdoor untuk rumah minimalis anda
Kamera outdoor tahan cuaca perlu untuk dipasang di semua pintu luar serta jendela lantai dasar. Cara memasang CCTV tanpa kabel baik indoor maupun outdoor sudah kami jelaskan di atas. Kamera jenis ini tersedia dengan tipe standar kubah atau dome yang tahan hujan, salju dan mungkin mempunyai heater untuk daerah dingin. Kamera dome juga tahan pada serangan fisik seperti pukulan palu dan tongkat.

Demikian ulasan kami tentang cara memasang CCTV tanpa kabel dengan cara yang simpel, semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memasang kamera pengawas pada rumah minimalis Anda. (jbm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed