Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Memasang Batu Bata Merah untuk Dinding Rumah (Bagian #2 dari 2)

finishing pemasangan batu bata merah - diminimalis.com

Cara memasang batu bata merah tidaklah sulit, asal tukang Anda memiliki pengalaman dan pemahaman dasar tentang mendirikan dinding dengan benar. Batu bata merah adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk bahan membuat dinding rumah atau bangunan. Salah satu keuntungannya, karena batu bata merah memiliki adhesi (daya rekat) yang sangat kuat dari adukan semen dan pasir . Hal ini menyebabkan dinding terbuat dari batu bata merah memiliki struktur yang kuat dan kokoh.

cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
finishing pemasangan batu bata merah – diminimalis.com

 

Cara memasang batu bata merah

Di bawah ini kami akan menguraikan kepada Anda bagaimana menginstal bata merah yang tepat. Sebelumnya Anda harus menghitung kebutuhan batu bata terlebih dahulu, umumnya dalam 1 meter persegi dibutuhkan batu bata sekitar 55 buah. Kemudian Anda bisa siapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya : batu bata , pasir sungai , semen, dan air.


Selanjutnya siapkan alat-alat yang akan digunakan: sekop, cangkul, palu, benang string, paku, sendok semen dan ember plastik. Siapkan pasir dan semen dicampur dengan perbandingan 4:1. Perbandingan ini akan menghasilkan kombinasi yang kuat. Setelah bahan dicampur dengan baik, kemudian siram dengan air. Biarkan sampai air meresap ke dalam adukan semen.

cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
dinding batu bata ketika diplester – diminimalis.com

Anda bisa mengukur tinggi dari batu bata ini dengan menggunakan selang yang telah diisi dengan air, supaya bisa diketahui kesamaan tinggi dari batu bata yang satu dengan yang lainnya. Anda bisa mendapatkan bangunan yang kokoh jika Anda mempunyai batu bata yang sama tingginya antara satu dengan yang lainnya.

Selanjutnya, Anda perlu memasang benang dengan benar sehingga bisa membantu mengontrol kerapian batu bata yang Anda pasang. Gunakan sendok semen untuk meletakan semen pada batu bata merah. Ketebalan adonan semen terhadap batu bata sekita 2 cm, supaya batu bata terpasang dengan benar dan rapi.

Sebelum Anda memasang batu bata merah ini, sebaiknya Anda melakukan perhitungan mengenai bahan yang akan dibeli dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasang batu bata merah tersebut. Selain itu, anda juga perlu memperhitungkan perbandingan biaya dengan menggunakan jasa tukang bangunan atau memasang batu bata merah ini sendiri. Jika tidak terlalu berbeda jauh maka anda sebaiknya menggunakan jasa tukang bangunan.

Demikian artikel kedua kami tentang teknis pemasangan batu bata merah pada rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artiel sebelumnya tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan batu bata merah untuk dinding rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls)

Batu bata merah untuk dinding rumah minimalis Anda (Bagian #1 dari 2)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.