Cara Memasang Batu Alam untuk Memperindah Eksterior Rumah

cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com

Bagi Anda pecinta rumah konsep minimalis, mengefisienkan segala hal terkait desain merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan. Hal ini juga berlaku pada bagian eksterior rumah minimalis Anda. Ada banyak hal yang bisa Anda eksplor, untuk mempercantik tampilan rumah, sehingga membuatnya terlihat indah dan menawan. Salah satu cara memperindah bagian eksterior adalah dengan mengaplikasikan ornamen batu alam pada dinding atau pagar rumah Anda. Cara memasang batu alam ini sebenarnya mudah, asal dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat.

Cara ini lazim diterapkan pada desain rumah minimalis kontemporer, untuk memberikan kesan gagah dan elegan pada sebuah rumah. Selain itu, nuansa mewah juga bisa didapat, ketika sentuhan batu alam ini tersusun rapi di dinding eksterior rumah Anda. Anda tak perlu harus mendominasi semua sisi dengan ornamen batu alam ini. Dengan penataan yang apik dan cara memasang batu alam yang baik, batu alam Anda dapat memberikan kesan elegan, meski diaplikasikan sekedar sebagai aksesoris hiasan saja.

cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
cara pasang batu alam yang baik – diminimalis.com

Cara Memasang Batu Alam untuk Eksterior Rumah

Cara memasang batu alam berbeda dengan cara memasang keramik pada lantai rumah. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Maka perlu kiranya diperhatikan pula perbedaan cara pemasangan batu alam yang sedikit berbeda dengan pemasangan keramik lantai. Berikut diminimalis sampaikan cara memasang batu alam untuk rumah minimalis Anda.

  1. Minimalkan masalah pemasangan batu alam terkait ukurannya yang tidak selalu presisi. Pilih dan seleksi potongan batu alam ketika membeli sehingga batu alam bisa di pasang dengan presisi tanpa banyak harus menyesuaikan ukuran.
  2. Batu alam memiliki pori-pori yang relatif lebih besar dibandingkan dengan keramik dan akan cepat menyerap air dari adukan semen jika kondisi batu alam kering, sehingga sebaiknya lakukan perendaman terlebih dahulu dalam air sehingga memiliki daya rekat lebih baik.
  3. Lakukan proses ‘perusakkan’ acak kepada permukaan dinding yang hendak dipasang batu alam, sehingga dinding memiliki bagian yang digunakan untuk adonan semen melekat lebih kuat.
  4. Siapkan benang untuk acuan ketika memasang agar pemasanagn batu alam dapat presisi.
  5. Lakukan pemasangan batu alam dari bagian bawah (dekat dengan lantai) terlebih dahulu, baru kemudian bertumpuk ke atas.
  6. Batu alam secara bobot lebih berat dibandingkan keramik, dan umumnya pemasangannya juga pada dinding dengan posisi vertikal sehingga gaya gravitasi akan berlipat dibandingkan pemasangan keramik pada lantai. Pembuatan adukan yang baik dengan memilih pasir (jika hendak menggunakan pasir) yang halus menjadi salah satu yang perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kekuatan batu alam merekat pada dinding, termasuk juga menggunakan air yang bersih.
  7. Agar hasil lebih maksimal, gunakan semen khusus seperti semen instan, agar batu merekat lebih kuat.
  8. Aplikasikan adonan semen secara merata pada permukaan batu, jangan hanya diberi adonan pada bagian tengah atau sebagian saja seperti memasang keramik pada lantai. Ingat! batu alam memiliki bobot lebih berat dan posisi pemasangan yang vertikal sehingga relatif mudah jatuh jika kurang melekat sempurna.
  9. Jika terdapat sisa semen pada permukaan batu, segera lap atau bersihkan, jangan menunggu hingga kering, karena akan semakin sukar dibersihkan, mengingat permukaan batu alam yang berongga dan mudah menyerap sisa adonan semen.
  10. Agar bertahan lama tanpa jamur, lakukan caoting permukaan batu alam menggunakan cairan khusus sehingga jika terkena air atau lembab, tidak lantas berjamur atau pudar warnanya.
  11. Gunakan jasa tukang yang memang sudah berpengalaman, sehingga hasil pemasangan dapat sempurna dan tidak terlalu banyak memotong atau terlalu banyak bahan batu alam yang terbuang.
langkah cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
cara pasang batu alam yang baik dengan menggunakan acuan benang – diminimalis.com
langkah cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
langkah cara pasang batu alam yang baik – diminimalis.com
langkah cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
cara pasang batu alam yang baik dengan memberi nat- diminimalis.com
langkah cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
cara pasang batu alam yang baik dengan adonan semen yang merata – diminimalis.com
langkah cara pasang batu alam yang baik - diminimalis.com
cara pasang batu alam yang baik dengan membersihkan sisa semen- diminimalis.com

Dengan cara pemasangan batu alam yang baik, dapat menjaga ornamen dinding batu alam bertahan lebih lama. Sehingga bisa dihindari beberapa permasalahan yang seringkali muncul seperti batu alam yang terkelupas atau tumbuhnya lumut pada permukaan batu sehingga mengurangi kesan estetik dari batu alam akibat cara memasang batu alam yang tidak baik.

Jenis jenis batu alam dinding untuk rumah minimalis Anda

Berikut ini ada beberapa jenis batu alam dinding yang dapat digunakan pada ornamen batu alam untuk eksterior rumah minimalis Anda:

1. Dinding batu alam palimanan

Batu alam palimanan ini dapat digunakan sebagai ornamen eksterior yang digunakan pada dinding rumah minimalis Anda. dengan batu alam palimanan ini dapat menghasilkan kesempurnaan lapisan pada dinding rumah. Selain itu batu alam palimanan ini juga dapat digunakan untuk ornamen lainnya seperti patung atau jenis aksesori rumah. Ciri dari batu alam palimanan ini adalah batu alam ini mempunyai struktur yang empuk dan sangat gampang dipahat. Harga batu alam palimanan juga masih sangat terjangkau.

cara memasang batu alam, ornamen batu alam untuk eksterior jenis batu alam untuk dinding rumah batu alam hitam untuk dinding depan rumah pemasangan batu alam pada rumah minimalis nama batu alam dan gambarnya batu alam untuk dinding teras rumah motif batu alam untuk dinding luar
Fasad rumah yang dihiasi dengan batu alam – Diminimalis.com

2. Batu alam Candi Hitam

Batu alam candi hitam ini menjadi salah satu batu lam yang cukup penting untuk pelapisan bagian eksterior suatu rumah termasuk untuk sebuah rumah minimalis. Batu alam candi hitam ini memiliki kekerasan yang tinggi dan bisa digunakan untuk pelapis dinding motif batu alam. Biasanya penggunaan batu candi untuk kebutuhan begian pagar rumah. Jenis batu alam seperti ini dapat menciptakan suasana yang sejuk dan alami, tetapi batu alam candi ini sangat mudah terkena lumut sehingga bagi Anda yang ingin memiliki ornamen batu alam untuk eksterior rumah minimalis Anda, maka Anda harus rajin merawat batu ini.

3. Batu alam andesit

Batu alam andesit ini sangat cocok apabila digunakan untuk dinding terlebih untuk rumah dengan tema modern seperti rumah minimalis. Batu alam andesit memiliki tekstur keras dan padat, sehingga apabila digunakan untuk lapisan eksterior dindingatau untuk lantai batu andesit. Batu alam andesit ini juga tidak mudah untuk terkena lumut dan tahan terhadap perubahan berbagai cuaca.

4. Batu alam breksi jogja

Seperti namanya, batu alam ini berasal dari kota Yogyakarta. Batu alam breksi jogja ini memiliki guratan yang sangat mirip dengan batang kayu belah. Batu alam ini terlihat polos bila dilihat dari kejauhan, namun batu ini juga bisa terlihat dan dinikmati keindahan guratan-guratannya apabila dilihat dari dekat. Batu alam breksi jogja mempunyai warna abu-abu tetapi lebih ke arah putih dan cocok untuk digunakan untuk bagian dinding teras dengan lebih memfokuskan pada bagian tonjolan dinding rumah modern atau rumah minimalis Anda.

5. Batu alam koral sikat

Jenis batu ini mempunyai ciri rule bulat kecil. Rule ini biasanya digunakan untuk memperindah tampilan eksterior rumah. Misalnya untuk memperindah taman, kolam ikan, dan garasi. Untuk motif dan juga warna dari batu alam ini cukup beragam. Harga batu alam koral juga tidak terlalu mahal, sehingga masih dapat terjangkau.

Itulah beberapa jenis motif batu alam untuk dinding luar yang dapat digunakan untuk eksterior rumah Anda. Rumah memang tidak hanya sekedar hunian yang memberikan rasa hangat nyaman, dan aman saja. Agar pemasangan batu alam dapat rapi dan tersusun dengan baik, Anda bisa mempercayakan pemasangannya pada tukang yang terpercaya. Tapi tak ada salahnya juga bila Anda ingin memasangnya sendiri. Karena sebenarnya pemasangan batu alam ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asal dilakukan dengan tahapan yang benar.

Agar lebih sempurna, berikut kami sampaiakn tips terakit pemasangan batu alam yang perlu diperhatikan.

manfaat batu alam, manfaat batu alam untuk rumah, manfaat batu alam dinding
tentukan ukuran batu alam sebelum dipasang- diminimalis.com

1. Anda harus dapat menentukan ukuran dan juga pola batu alam yang akan digunakan. Anda tentukan terlebih dahulu ukuran batu alam serta bagaimana untuk pola pemasangannya.

2. Kemudian Anda juga harus memilih material perekat dengan benar. Setelah Anda selesai menghitung ukuran batu alam, Anda dapat menggunakan material perekat tersebut. Kuat atau tidaknya batu alam yang akan ditempel pada dinding terletak dari bodily fluid rule yang digunakan sehingga Anda harus memilih dengan benar dan tepat.

3. Sebelum Anda memasang batu alam tersebut, lebih baik untuk merendam batu alam terlebih dahulu dalam air. Batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga akan mudah untuk lepas apabila batu di tempel langsung.

4. Anda juga harus membersihkan permukaan dinding agar batu alam dapat lebih kuat menempel.

5. Jangan lupa untuk mengecek kembali ketebalan adukan perekat, baru setelah itu Anda dapat memasang batu alam secara perlahan.

Itulah beberapa cara memasang batu alam yang dapat digunakan. Karena ada banyak manfaat dari batu alam untuk mempercantik rumah, tak ada salahnya jika Anda juga mengaplikasikan batu alam pada dinding rumah minimalis Anda. (us)

2 Comments
  1. dipe says

    ini cuman definisi jenis jenis dari batu alam doang, cara pemasangannya mana? aih.

    1. diminimalis admin says

      Teriamkasih Bunda atas saran dan masukkannya. Terimakasih pula sudah berkunjung ke diminimalis.com. Untuk artikel sudah kami tambahkan apa yang Bunda cari tentang cara memasang batu alam, bisa Bunda cek lagi pada artikel di atas. Sekali lagi terimakasih, semoga artikel-artikel diminimalis bisa bermanfaat.
      Jangan lupa untuk membacar artikel menarik lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.