Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Memasak Cumi-cumi agar Tidak Alot dan Amis

Sajian seafood ini bisa Anda masak sendiri di rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Menikmati seafood di rumah minimalis bersama keluarga kini bisa Anda tanpa harus order di restoran luas. Anda bisa memasaknya bersama keluarga menggunakan resep yang kami ulas di bawah ini. Kali ini olahan cumi-cumi yang akan kami rangkum untuk Anda, sebagai hidangan yang cocok dimasak sebagai sajian sehat untuk keluarga di rumah minimalis Anda.

cara memasak cumi-cumi yang benar, cara memasak cumi kering agar empuk, cara mengolah cumi yang enak
Sajian seafood ini bisa Anda masak sendiri di rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Cumi-cumi merupakan salah satu primadona seafood. Hewan bertentakel ini memiliki daging yang kenyal dan dapat dimasak dengan berbagai cara dan rasa. Kandungan protein dan mineral yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan bagi anak-anak.

Namun, kadang kala kita menjumpai masakan cumi-cumi yang dagingnya masih alot dan bau amisnya masih terasa di hidung. Hal ini dikarenakan cara mengolahnya yang belum benar. Cumi-cumi yang dimasak terlalu lama dagingnya akan terasa alot. Memasaknya pun harus dengan tips dan trik agar dagingnya tidak alot dan tetap empuk. Lalu, bagamana cara memasak cumi-cumi yang yang benar agar dagingnya tidak alot? Nah, berikut ini beberapa tips agar masakan cumi-cumi dagingnya empuk dan tidak alot.

Cara Memasak Cumi-Cumi yang Benar

Sebaiknya sebelum Anda memasak cumi-cumi sendiri di rumah, Anda perlu menyimak Cara memasak cumi-cumi yang benar dan dagingnya empuk agar hasil masakan enak dan lezat. Berikut ulasan cara memasak cumi-cumi yang benar agar daging tetap empuk dan tidak bau amis yaitu:

1. Pilih cumi-cumi yang segar

cara memasak cumi-cumi yang benar, cara memasak cumi kering agar empuk, cara mengolah cumi yang enak
pilih cumi-cumi yang segar – diminimalis.com

Pertama, pilihlah cumi-cumi yang baik dan segar. Hal ini berguna untuk menghindari bau amis pada masakan jika cumi yang kita masak ternyata telah busuk, maka baunya akan amis. Untuk mengenali cumi-cumi yang masih baik dan segar bisa dilihat dari matanya yang masih bersih, kulit ari masih segar dan tidak rusak, daging berwarna segar dan tidak kemerahan, dagingnya masih kenyal dan padat serta baunya tidak busuk.

2. Proses pembersihan yang baik dan benar

Membersihkan cumi-cumi juga mempengaruhi hasil akhir masakan seafood Anda. Cara membersihkan cumi-cumi yaitu bersihkan tintanya terlebih dahulu. Usahakan tinta tidak meluber dan berceceran ke daging. Bersihkan secara hati-hati lalu cabut tulang rawannya. Kelupas kulit arinya yang terletak di kulit bagian terluarnya, lalu bersihkan dengan air mengalir hingga bersih dan kesat.

3. Hilangkan bau amis

Bau amis biasanya dapat hilang dengan cara melumuri daging cumi-cumi dengan rerempahan. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis antara lain jeruk nipis, asam jawa, dan parutan jahe. Caranya yaitu cumi-cumi yang telah Anda bersihkan tadi lumuri dengan bahan-bahan atau salah satu dari bahan penghilang bau amis tersebut dan diamkan beberapa menit sampai bahan-bahan meresap. Namun jangan terlalu lama karena aroma khas cumi-cumi akan ikut hilang oleh bahan penghilang bau amis tersebut.

4. Memasak daging cumi-cumi agar empuk

Daging cumi-cumi yang dimasak terlalu lama akan menjadi alot, maka masaklah daging cumi-cumi dengan waktu yang singkat. Masaklah 3menit saja agar daging tidak alot, jika sudah terlanjur lama memasaknya, bisa dimasak terus sampai 30menit untuk mengembalikan daging cumi agar empuk lagi. Namun memasak dengan waktu yang cukup lama dapat merusak mineral yang terdapat pada daging cumi. Bila hanya direbus, maka secepatnya taruh di air dingin agar daging cumi-cumi tidak alot. Bila memasaka daging cumi dengan resep sup, maka daging cumi-cumi dimasak terpisah dengan bahan yang lain.

Demikian cara memasak cumi-cumi yang benar dan tidak alot. Anda dapat mempraktikannya di rumah. Pastikan memillih cumi-cumi yang segar agar Anda tetap dapat mengkonsumsi manfaat dari mineral cumi-cumi. Selamat mecoba dan selamat memasak. Hidangkan makanan terbaik untuk keluarga Anda tercinta di rumah. Kalau bisa memasak sendir, kenapa harus di rumah makan? Lebih higienis dan lebih disayang keluarga di rumah. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.