oleh

5 Cara Memanfaatkan Lahan Sisa Rumah yang Efektif

Setiap rumah pasti memiliki lahan yang tersisa, termasuk rumah yang berada di kompleks perumahan atau kawasan perkotaan. Biasanya rumah di kompleks perumahan atau kawasan perkotaan memiliki sisa lahan yang tidak seluas rumah di desa. Namun, jangan sampai Anda membiarkan lahan yang tersisa kosong. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di depan, samping, atau belakang rumah untuk hal-hal yang positif sekaligus produktif. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang beragam cara memanfaatkan lahan sisa yang ada di sekitar rumah.

Cara Memanfaatkan Lahan Sisa taman rumah minimalis, taman rumah sederhana, taman belakang rumah asri, memanfaatkan sisa tanah samping rumah, memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis, cara bercocok tanam di lahan sempit
jangan biarkan lahan sisa pembangunan rumah Anda tidak dimanfaatkan dengan baik – Diminimalis.com

Cara Memanfaatkan Lahan Sisa di Sekitar Rumah dengan Efektif

  1. Sulap Menjadi Kebun

Cara memanfaatkan lahan sisa yang berada di depan, samping, atau belakang rumah yang pertama adalah dengan mengubahnya menjadi kebun. Sebenarnya, cara memanfaatkan pekarangan kosong yang satu ini sangatlah bermanfaat. Cara ini membantu pemilik rumah untuk menemukan rutinitas baru untuk melakukan berbagai kegiatan yang produktif. Selain itu, menjadikan lahan kosong di sekitar rumah sebagai kebun merupakan langkah sederhana yang memiliki manfaat luar biasa bagi lingkungan. Tanaman yang ada di kebun tersebut dapat membantu menyerap karbondioksida yang ada di lingkungan sekitar, kemudian mengolahnya menjadi oksigen. Sehingga, rumah yang memiliki kebun, akan memiliki suplai udara bersih yang berlimpah. Suasana di sekitar rumah juga menjadi lebih sejuk.

berkebun di lahan sempit, solusi berkebun di lahan sempit, cara berkebun di halaman rumah yang sempit
lahan sisa yang disulap menjadi kebun dengan metode hidroponik – diminimalis.com

Cara memanfaatkan halaman kosong untuk diubah menjadi kebun bisa dimulai dengan menanam tanaman berukuran sedang, seperti cabai, bayam, terong, atau selada. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, tanaman ini  serta bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan. Tanaman tersebut juga bisa ditanam dengan berbagai macam teknik penanaman. Sebut saja teknik penanaman hidroponik, teknik penanaman vertikultur, teknik penanaman hortikultur, teknik penanaman media pot, dan lain sebagainya.

2. Dirikan Warung

Cara memanfaatkan lahan sisa yang kedua adalah dengan menyulapnya menjadi warung atau toko kecil. Cara memanfaatkan lahan rumah yang sempit ini memiliki banyak dampak positif bagi pemilik rumah. Warung tersebut bisa menjadi tempat untuk menghabiskan waktu luang secara produktif. Adanya warung juga menjadi sumber penghasilan tambahan yang menggiurkan, apalagi jika rumah berada di tepi ruas jalan utama, wilayah perkotaan, atau lokasi strategis yang lain. Selain mendirikan warung, lahan kosong yang ada di depan, belakang, atau samping rumah bisa menjadi tempat untuk usaha kecil yang lain seperti warung makan, laundry, pencucian mobil, depot isi ulang air minum, warung internet, dan masih banyak lagi.

3. Buat Apotek Hidup untuk Keluarga

manfaat apotek hidup, manfaat apotik hidup bagi manusia, pengertian apotek hidup
Apotek hidup sangat baik untuk dikenalkan di lingkungan sekolah – diminimalis.com

Cara lain yang bisa diterapkan untuk memanfaatkan lahan sempit di rumah adalah dengan mendirikan apotek hidup untuk keluarga. Apotek hidup bukanlah bangunan apotek pada umumnya. Apotek hidup adalah sebutan untuk taman kecil yang ditumbuhi tanaman obat-obatan tradisional untuk anggota keluarga yang sakit.

Tanaman yang biasanya mengisi apotek hidup adalah sirih, kunyit, jahe, kumis kucing, sirih, ceplukan, dan masih banyak lagi. Selain tanaman obat untuk keluarga, lahan kosong di sekitar rumah bisa ditanami dengan tanaman bumbu-bumbuan seperti lengkuas, serai, cabai, dan masih banyak lagi. Tanaman-tanaman tersebut tidak hanya mengisi kekosongan di lahan sempit di sekitar rumah, tetapi juga menghemat pengeluaran rumah tangga. Anda sudah tidak perlu lagi pergi ke apotek untuk membeli obat jika ada anggota keluarga yang sakit karena sudah ada tanaman obat tradisional yang siap dipetik dan diracik. Begitu pula dengan bumbu masak, Anda tidak perlu membuang uang untuk membeli bumbu masak karena bumbu masak sudah tersedia di depan, belakang, atau samping rumah.

4. Pelihara Ternak

Jika Anda menginginkan rumah dengan suasana yang semarak, maka manfaatkan sisa lahan yang ada di belakang, samping, atau depan rumah sebagai kandang ternak. Anda bisa memiliki peternakan kecil dengan memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah. Hewan yang bisa Anda ternakkan di peternakan kecil tersebut adalah unggas. Unggas terdiri dari berbagai macam hewan, seperti ayam, bebek, angsa, dan lain-lain.

Unggas yang direkomendasikan untuk menghuni lahan kosong di sekitar rumah adalah ayam petelur. Unggas yang satu ini selalu bertelur setiap hari sehingga Anda bisa mengonsumsi telur unggas tersebut setiap hari atau dijual ke tetangga. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menjaga kebersihan hewan dan kandang hewan yang ada di peternakan kecil tersebut. Hal ini dikarenakan hewan bisa menjadi sumber penyakit yang membahayakan kesehatan seluruh anggota keluarga.

5. Buat Kolam Ikan

Cara lain yang bisa dilakukan supaya lahan sempit di sekitar rumah tidak sia-sia adalah dengan membuat kolam ikan. Anda bisa membuat kolam ikan dengan menggali lahan sempit di sekitar rumah dengan kedalaman 50 sentimeter. Anda juga bisa membuat kolam ikan dari beton atau terpal.

Anda bisa mengisi kolam ikan tersebut dengan ikan hias seperti ikan mas atau ikan koi. Anda juga bisa mengisi kolam ikan di halaman rumah dengan ikan yang memiliki nilai ekonomis, seperti ikan lele, ikan gurami, ikan mujair, atau ikan bawal. Akan lebih baik lagi apabila Anda bisa menambahkan air mancur karena suara gemericik air mancur bisa menenangkan pikiran dan perasaan. Namun, Anda tidak boleh malas jika memiliki kolam ikan di halaman rumah. Anda perlu paham, cara merawat kolam ikan dengan baik. Setidaknya setiap satu minggu sekali, bersihkan kolam ikan serta ganti air di kolam tersebut supaya kolam ikan tidak menjadi sarang bagi jentik-jentik nyamuk.

Lima cara memanfaatkan lahan sisa yang ada di sekitar rumah di atas bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda supaya tidak menyia-nyiakan sepetak lahan di depan, belakang, atau samping rumah.(us)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed