Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bagaimana Petugas Damkar Mengajarkan cara Memadamkan Kebakaran?

Pahami caranya dengan benar dan jangan panik, saat memadamkan rumah yang kebakaran - Diminimalis.com

Ada beberapa cara memadamkan kebakaran di rumah, semuanya disesuiakan dengan masing-masing penyebabnya. satu metode belum tentu efektif menjadi solusi bagi kebakaran jenis lain. Ada kebakaran yang disebabkan oleh korlset, kompor meleduk, atau kelalaian sepele yang membuat beberapa benda di sekitarnya terlalap api. Untuk melindungi rumah dari kebakaran, sebaiknya Anda memahami cara mencegahnya. Namun bila kebakaran sudah terjadi, Anda tidak boleh panik. Karena kepanikan Anda justru dapat memperburuk situasi. Pastikan Anda melakukan tindakan capat dan langsung melakukan upaya penanganan terbaik.  Apa saja upaya tersebut? Anda bisa membacanya di bawah ini.

cara memadamkan kebakaran, prinsip memadamkan api, cara memadamkan api listrik
Pahami caranya dengan benar dan jangan panik, saat memadamkan rumah yang kebakaran – Diminimalis.com

Cara memadamkan kebakaran di rumah yang efektif

Kebakaran ringan


Misalnya kebakaran ini disebabkan oleh kelalaian kita atau anak kita, sehingga menimbulkan kebakaran ringan di rumah.  Bila api mengenai bahan-bahan seperti kayu, kertas, kain dan sejenisnya, cara memadamkannya cukup mudah. Anda bisa menggunakan alat pemadam kebakaran (APAR) tabung jenis dry chemical powder atau tipe CO2. Namun bila Anda tidak memiliki alat tersebut, Anda bisa memadamkannya menggunakan air.

Akibat korsleting listrik

cara memadamkan kebakaran, prinsip memadamkan api, cara memadamkan api listrik
Listrik korslet dapat mengakibatkan kebakaran yang besar – Diminimalis.com

Kebakaran ini disebabkan oleh terjadinya hubungan arus listrik yang biasanya membakar kabel atau  area disekitarnya.Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, segera matikan listrik di rumah. Tutup ruangan lokasi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, Agar memudahkan Anda untuk memadamkan kobaran api. Penggunaan tabung karbon dioksida (CO2) merupakan pemadam paling efektif untuk memadamkan kebakaran ini. Hindari pemakaian air atau pemadam jenis busa, agar korsleting tidak semakin parah.

Mengatasi kebakaran di dapur

Untuk kebakaran yang bersumber dari kompor gas, jangan padamkan api dengan air. Karena air selalu lebih berat dari minyak yang ada di sekitar kompor Anda. Air yang Anda siram tidak akan memadamkan api, malah membantu api menyebar dengan cepat karena minyak selalu berada di atas air.Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tabung APAR jenis dry chemical powder atau tipe CO2.

Bagi Anda yang tidak memiliki APAR jenis tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara ini.

  • Jika gas keluar dari selang yang bocor sehingga membakar kompor, Anda jangan lari menghindar. Cukup mencabut regulator pada tabung gas, kemudian api akan padam dengan sendirinya.
  • Jika gas menyemburkan api, hal yang harus dilakukan hanya menutup saluran gas tersebut.
  • Jika api membakar kompor dan sulit mencabut regulator, segera tutup kompor dengan kain tebal basah. Cara ini sangat efektif untuk mengisolasi api dari oksigen.

Jika terjadi kebakaran besar di rumah

Upaya-upaya di atas adalah cara untuk memadamkan kebakaran yang bisa kita atasi sendiri. Tapi bila Anda berada pada kondisi kebakarana besar, maka upaya paling utama adalah menyelamatkan diri dan keluarga dari kebakaran tersebut sesegera mungkin. Hindari menghirup asap yang tebal. Saat mencari jalan keluar,  sebaiknya Anda merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai. Kalau sempat,  gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu Anda untuk bernafas. Selanjutnya segera cari bantuan tetangga terdekat dan menghubungi pemadam kebakaran melalui no 113.

Bila Anda mengalami salah satu jenis kebakaran di atas, yang paling penting adalah jangan panik, dan lakukan upaya terbaik sebagaimana yang kami ulas di atas. Semoga tips cara memadamkan kebakaran di atas dapat membantu Anda untuk lebih sigap melalukan upaya terbaik ketika terjadi kebakaran di rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.