Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Melukis Awan di Plafon Agar Interior Rumah Anda Tampak Luas

lukisan awan di plafon dengan cahaya alami yang maksimal, membuat ruangan terasa lega dan luas - diminimalis.com

Salah satu cara membuat interior rumah terlihat menarik dan cantik adalah dengan cara melukis awan di plafon. Biasanya, sebagian orang menghias plafon rumah dengan aneka permainan tata cahaya dan bentuk agar terlihat indah dan menawan. Melukis awan menjadi pilihan terbaik yang paling banyak dipilih karena dapat membuat plafon terkesan lebih natural dan alami.

Cara Melukis Awan di Plafon, Cara Melukis Awan di Plafon rumah, cara mengecat plafon model langit , Lukisan Awan di plafon, cara mengecat atap motif awan, cara melukis awan di plafon rumah
lukisan awan di plafon dengan cahaya alami yang maksimal, membuat ruangan terasa lega dan luas – diminimalis.comik

Cara melukis awan di plafon sendiri sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda paham betul step by step yang harus dilakukan. Jika Anda memiliki cukup banyak uang, maka menyewa jasa desain interior yang profesional bisa dijadikan sebagai pilihan. Tapi jika Anda tidak memiliki cukup banyak dana, maka melukisnya sendiri bukan jadi masalah.


Dengan melukis plafon sendiri, tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak akan begitu besar. Melukis awan membutuhkan teknik yang tepat agar awan yang dihasilkan bisa sempurna dan tidak terlihat terlalu tebal.

Cara Melukis Awan di Plafon dengan Mudah

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecat plafon model langit.

1. Menggunakan Cat Minyak

Cara melukis awan di plafon yang pertama adalah dengan menggunakan cat minyak. Caranya, Anda perlu membuat latar belakang terlebih dahulu menggunakan cat berwarna ungu keabuan atau biru cerah sesuai dengan konsep langin yang hendak dibuat. Beri warna pada semua latar belakang lukisan menggunakan tekanan yang rata dan kuas lebar. Tunggu sampai cat benar-benar mengering.

Cat yang masih basah akan membuat warna latar belakang akan terbawa oleh cat awan nantinya. Jika sudah kering, buatlah sketsa awan memakai kuas kering. Kemudian, beritambahan warna putih dan hitam pada warna latar belakang yang akan Anda pakai. Buatlah sketsa awan tersebut menggunakan kuas. Jika sketsa sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah Anda lapisi awan tersebut menggunakan warna yang cerah. Pastikan jika bentuk awan yang dibuat berwarna lebih cerah dibandingkan dengan latar belakangnya.

Terapkan gerakan melingkar agar tampilan awan bisa terlihat semakin menarik. warna cerah bisa Anda buat dengan cara menambahkan cat berwarna putih pada cat warna aslinya. Pertegas hasil lukisan awan dengan warna krem dan pakailah cat berwarna putih krem atau tulang pada bagian awan dengan halus agar tampak natural dan nyata.

2. Memakai cat akrilik

Melukis awan pada plafon juga bisa Anda lakukan dengan cat akrilik. Caranya, Anda buat latar belakang seperti biasa terlebih dahulu. Latar belakang ini bisa menggunakan warna langit biru atau orange keemasan layaknya matahari terbit sesuai dengan konsep awan yang akan dilukis.

Awali melukis menggunakan kuas kering. Jangan basahi kuas cat sebelum digunakan. Kemudian, tuangkan cat putih di atas palet dan ambil cat berwarna putih tersebut sedikit demi sedikit menggunakan kuas. Posisikan tempat awan di latar belakang yang sudah dibuat sesuai dengan keinginan Anda. Lalu usapkan dengan lembut warna putih pada awan yang sudah dibuat dengan sketsa.

Lukisan Awan di plafon, cara mengecat atap motif awan, cara melukis awan di plafon rumah
lukisan awan di plafon yang membuat ruang tengah nampak terbuka luas – diminimalis.com

Pastikan Anda sellau menekannya dengan ringan. Perluas tepi gambar awan dengan kuas ke arah luar dan ciptakan tampilan warna yang tipis untuk bagian tepi awan agar tampilan awan terkesan lebih ringan dan lembut. Setelah warna putih mengering, barulah Anda bisa membuat gradasi warna di bagian bawah awan dengan sempurna.

Dalam melukis awan, jangan terlalu banyak memakai cat. Gunakanlah usapan-usapan atau sentuhan halus agar awan terlihat lebih nyata. Demikian ulasan kami tentang cara melukis awan di plafon rumah minimalis Anda,semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.