Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah Demi Kebaikan Jangka Panjang

Gunakan AC secara bijak dan efisien - diminimalis.com

Bagi Anda yang menggunakan AC di rumah, sudah semestinya memahami bagaimana menerapkan cara bijak menggunakan AC di rumah. AC sendiri merupakan singkatan dari Air Condition, sebagaimana arti tersebut, fungsi dasar AC adalah untuk mengkondisikan udara, bukan bertujuan utama untuk mendinginkan ruangan. Artinya, udara di dalam ruangan yang tadinya terllau panas, perlu dikondisikan dengan menurunkan suhu, agar sesuai dengan suhu yang dibutuhkan tubuh kita. Bila kondisinya sudah stabil, maka kita bisa mengatur suhu AC sesuai yang kita butuhkan.

cara bijak menggunakan ac, tips agar ac hemat, menghemat ac rumah
Gunakan AC secara bijak dan efisien – diminimalis.com

Cara Bijak Menggunakan Ac di Rumah

Meski manfaatnya sangat banyak, kita tetap perlu menggunakannya secara bijak, agar nantinya biaya listrik tidak membengkan akibat penggunaannya yang tidak terkontrol. Tahap awal yang bisa Anda lakukan, tentu dengan memilih AC yang hemat energi.

AC sendiri merupakan pendingin ruangan yang mampu menyejukkan ruangan dengan sangat cepat. ukuran dari evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan AC dalam mendinginkan ruangan.

Cara yang kedua adalah dengan memilih AC dengan Freon yang ramah lingkungan. Apa itu Freon? Freon sendiri merupakan bahan cair yang dapat menghasilkan udara yang dingin dalam AC. Anda harus pilih Freon yang ramah lingkungan misalnya Freon hidrokarbon.

Cara bijak menggunakan AC di rumah selanjutnya adalah menentukan kapasitas AC (PK). Ini sangat sering terjadi karena kebanyakan konsumen membeli AC yang kapasitasnya lebih besar dari apa yang dibutuhkan. Hal ini sangat tidak baik dan membuatnya menjadi boros energy. Ditambah lagi, biaya listrik yang terus meningkat. Untuk itu, pilihlah AC dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan atau dengan acuan kapasitas berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

Cara selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan timer pada AC. Anda bisa mengatur timer AC agar AC dioperasikan pada saat yang tepat saja. Bagaimana rasanya saat bangun pagi Anda berada di dalam ruangan yang super dingin karena AC yang dibiarkan menyala semalaman? Tentu hal ini sangat tidak enak , bukan? Karena itu perlunya mengatur timer agar AC bisa mati secara otomatis.

Efek Buruk AC, Efek Buruk AC bagi kesehatan, dampak negatif ac bagi lingkungan , Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur
aturlah pemakaian suhu ruangan dengan bijak – diminimalis.com

Cara bijak menggunakan AC yang terakhir adalah dengan mengatur suhu AC ruangan Anda dengan thermostat. Jika dalam aktivitas sehari-hari, usahakan untuk mengatur suhu AC yang paling optimal baik dari sisi kenyaman Anda dalam beraktivitas ataupun daam segi daya nya. Anda bisa mengatur suhu AC tidak lebih dari 25°C atau bisa juga 3 hingga 5°C lebih rendah dri suhu di luar ruangan.

Menaikkan atau menurunkan temperatur ini efektif dapat menurunkan konsumsi energi rumah minimalis Anda. Dan yang perlu diingat, jangan lupa untuk terus membersihkan filter AC, coil kondensor dan juga sirip AC secara teratur atau setiap 3 bulan sekali . Dengan pemeliharaan AC secara rutin, Anda bisa menghemat listrik hingga 20%. Energy yang Anda gunakan pun tetap lebih rendah dari pada kondesor yang tidak terkena matari secara langsung. Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat bijak menggunakan AC di rumah, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.