Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Berhenti Merokok Paling Efektif,  Stop Keluarga Jadi Perokok Pasif

Masa depan keluarga menjadi alasan emosionil yang cukup efektif membuat orang berhenti merokok - diminimalis.com

Dari dulu hingga sekarang, banyak orang yang berusaha mencari cara berhenti merokok paling efektif. Memang, pada akhirnya para perokok akan berusaha berhenti merokok demi mencegah dampak buruk pada jangka panjang. Apalagi bila hal ini dikaitkan dengan masa depan keluarga yang kita cintai. Namun, berhemti merokok tak semudah membalik telapak tangan. Rokok mengandung zat adiktif atau sifat candu, yang membuat siapa saja sulit meninggalkannya meski sudah ada keinginan dari dalam diri.

 cara berhenti merokok paling efektif, cara untuk berhenti merokok paling efektif, cara jitu berhenti rokok, cara berhenti merokok bagi perokok berat, tips berhenti merokok untuk selamanya
Masa depan keluarga menjadi alasan emosionil yang cukup efektif membuat orang berhenti merokok – diminimalis.com

Sulitnya menghentikan kebiasaan merokok, bahkan membuat sebagian pakar berinisiatif membuka konseling untuk pasien yang ingin berhenti merokok. Terdengar sepele, tapi nyatanya banyak orang yang serius ingin diterapi dan siap membayar mahal untuk itu. Ini artinya, memang tidak sedikit orang yang sudah kecanduan rokok dan ingin berhenti, namun tidak tahu caranya.

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Ada yang bilang bahwa Indonseia adalah surganya perokok. Fakta ini memang benar adanya dan banyak faktor yang melatarbelakangi hal ini. Faktor budaya dan kepentingan kapitalis termasuk penyebab terbesar yang membuat masyarakat sekitar kita melazimi rokok.

Ketika diluar negeri, rokok dianggap sebagai barang yang tabu, di Indonesia justru disimbolkan sebagai barang ang mengidentikkan dengan keperkasaan. Pemerintah Jepang dan Amerika termasuk negara yang serius menekan pertumbuhan jumlah perokok, diantaranya dengan mempersulit perokok untuk bisa merokok di tempat umum. Selain itu, harga rokok di negara tersebut sengaja dibuat mahal agar tak semua orang bisa menjangkaunya. Namun bagaimana dengan Indonesia? Terlihat pemerintah tak begitu berpihak pada penanganan masalah ini. Tentu karena perusahaan rokok erat kaitannya dengan faktor ekonomi nasional. Untuk itu, segala upaya untuk membantu masyarakat agar bisa berhenti merokok, perlu dimulai secara mandiri.

Cara berhenti merokok paling efektif

Perokok aktif adalah sekelompok orang yang aktif secara langsung mengkonsumsi rokok, sedangkan untuk perokok pasif adalah mereka yang tidak secara langsung menghirup asap rokok yang dihasilkan dari para perokok aktif. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan bagi keduanya. Untuk menghindari hal tersebut perlunya para perokok aktif dan pasif untuk merubah gaya hidup yang sehat.

Bagi para perokok aktif memang sangat sulit agar menjauhi kebiasaan buruk ini, namun jika semua hal sudah ada niatan yang kuat dari hati, kebiasaan buruk ini bisa segera ditinggalkan. Menyembuhkan orang yang sudah kecanduan rokok memang gampang-gampang susah.

Sebenarnya mereka yang sudah kecanduan rokok, dapat disembuhkan asalkan mereka memiliki niat dalam hatinya. Berikut ini adalah beberapa cara berhenti merokok yang bisa diterapkan :

1. Langkah yang pertama adalah dengan menanamkan pada diri sendiri bagaimana bahaya bagi kesehatan tubuh. Harus diakui bahwan perokok aktif identik dengan sifat egois, tak mau meninggalkan kebiasaan buruknya, meski berdampak buruk jangka panjang bagi diri dan keluarga.

 cara berhenti merokok paling efektif, cara untuk berhenti merokok paling efektif, cara jitu berhenti rokok, cara berhenti merokok bagi perokok berat, tips berhenti merokok untuk selamanya
Hindarilah hal-hal yang dapat memicu Anda untukkembali merokok- diminimalis.com

2. Langkah kedua adalah dengan menjauhkan berbagai barang yang membuat Anda untuk merokok seperti asbak, korek api dan rokok. Cara ini dianggap cukup efektif untuk berhenti merokok. Pada tahap awal, Anda bisa menguranginya secara bertahap namun harus tetap disiplin menjalankan program ini.

3. Hindari tempat free smoking yang dapat memicu timbulnya keinginan untuk merokok kembali. Karena ketika Anda mendekati tempat-tempat seperti area free smomong, dan merasa tak ada perokok pasif yang dirugikan, mak ego lama akan muncul kembali. Selain itu bau rokok yang Anda hirup, akan merangsang Anda untuk mencobanya kembali.

4. Langkah yang kelima adalah dengan meminta dukungan ke dokter dan keluarga besar, agar niat Anda untuk berhenti merokok bisa segera terlaksana. Dan nantinya dokter akan memberikan terapi berupa NRT yaitu pemberian pengganti nikotin seperti tablet hisap dan permen karet. Ketika meminta dukungan keluarga maka nantinya ketika ada keinginan untuk merokok lagi maka pihak keluarga akan selalu mengingat bahwa Anda sedang dalam program berhenti merokok

5. Langkah terkahir, dan ini paling efektif, adalah meyakini bahwa rokok itu haram dengan penuh keyakinan dan keimanan. Cara ini juga cukup efektif untuk meyakini berbagai kecanduan lain. Anda akan lebih mudah mencapainya ketika diiringi dengan berdo’a dengan sungguh-sungguh, agar godaan tiap kali ingin merokok, langsung terkait dengan dosa yang otomatis ingin Anda hindari.

Demikian ulasan kami tentang beberapa  cara berhenti merokok paling efektif, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.