oleh

Mau Buat Rumah dengan Biaya 30 Juta? Sangat Bisa, Begini Penjelasannya

Mau buat rumah dengan biaya 30 juta? Mungkin sebagian besar orang akan mengejek Anda. Tetapi jika Anda percaya dengan perhitungan matematis membangun rumah yang hemat, uang 30 juta tetap bisa Anda sulap menjadi rumah yang Anda idam-idamkan.

Banyak orang terpaku pada stigma bahwa membangun rumah sampai jadi harus punya uang sekian dan sekian. Setiap hal yang berkaitan dengan persiapannya selalu memerlukan uang, padahal ada beberapa hal yang bisa disiasati untuk merampingkan biaya-biaya tersebut. Pada artikel diminimalis kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana mewujudkan impian membangun rumah hanya dengan 30 juta rupiah.

buat rumah dengan biaya 30 juta-diminimalis.com

Tips Membuat Rumah dengan Biaya 30 juta Sampai Jadi

Membangun sebuah rumah tentu perlu memperhatikan berbagai aspek mulai dari perencanaan, pengukuran, pengadaan material, proses membangun, hingga finishing. Tahap-tahap tersebut secara realistis memang tidak mungkin tidak membutuhkan pengalokasian dana. Namun jika Anda cermat, Anda bisa menekan pembengkakan biaya di masing-masing titik tersebut.

Nah, hal-hal berikut ini bisa Anda terapkan untuk membantu merampingkan biaya pembangunan yang dibutuhkan sehingga lebih hemat.

1. Siapkan lahan kosong

buat rumah dengan biaya 30 juta-diminimalis.com.png4.png

Lahan dimana rumah Anda akan dibangun, mutlak menjadi hal yang harus dipikirkan matang-matang. Hal ini penting agar tidak membebani Anda dari sisi biaya pendirian bangunan.

Selain itu juga harga beli tanah yang semakin mahal dikhawatirkan membuat Anda tertekan. Oleh karenanya, akan lebih baik jika jauh-jauh hari sebelum Anda akan mulai membangun rumah, Anda sudah menyiapkan lahannya sehingga tidak seperti memulai dari 0.

Misalnya, jika Anda hendak mulai membangun rumah tahun depan, pastikan lahan sudah siap pakai dan steril beberapa bulan/tahun sebelumnya. Artinya, pastikan area /lahan yang akan dipakai sudah tersedia tanpa harus membeli saat itu juga.

Jika biaya membeli lahan sudah Anda urus sebelumnya, maka perhitungan beban alokasi biaya lainnya akan semakin ringan.

Baca juga: RUMAH MINIMALIS MURAH BISA ANDA DAPATKAN DENGAN 10 CARA BERIKUT

2. Siapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri

Menyiapkan material yang pengadaannya bisa diusahakan sendiri akan sangat membantu Anda mengurangi konsumsi biaya. Misalnya jika Anda berada di dekat sumber tambang pasir, Anda bisa membeli pasirnya disana sehingga akan mendapatkan harga yang lebih murah, pun sekaligus akan menghemat biaya pembangunan rumah secara keseluruhan.

Tips penghematan berkaitan dengan pengadaan material juga bisa dilakukan dengan misalnya mengusahakan membeli material hasil kerajinan dari tetangga. Selain harga yang bisa jadi lebih murah, juga Anda bisa lebih leluasa mengecek kualitasnya.

3. Cermat dalam mencari referensi toko bangunan

Hal ini jelas menjadi satu hal penting yang tidak boleh sedikitpun diabaikan. Memilih toko bangunan sangat penting untuk diperhatikan mengingat akan banyak material pendukung yang perlu Anda beli.

Jelilah dalam memilih toko bangunan, carilah yang sudah terpercaya dengan menyediakan material-material yang berkualitas dan harganya terjangkau. Memilih material dengan baik tentu akan membantu merampingkan pengeluaran.

4. Buatlah detail sketsa rumah sederhana

Sketsa rumah menjadi hal yang turut menjadi perhatian penting lantaran hal inilah yang nantinya akan menjadi layout dasar rumah Anda. Merencanakan sketsa sama artinya dengan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan tata letak ruangan.

Buatlah bagan rumah dengan memperhatikan kebutuhan ruangan yang sederhana. Minimalisir ukuran ruangan sesuai dengan alokasi pengunaannya. Misal, untuk ruang tidur anak akan lebih baik jika dibuat lebih kecil jika si anak belum terlalu banyak kebutuhan. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih simpel dan otomatis mampu mengurangi biaya pembangunan rumah Anda.

Setelah kita bahas mengenai strategi menghemat biaya, selanjutnya kita akan mengulas contoh perhitungan matematis membangun rumah dengan biaya 30 juta dengan catatan lahan 0 rupiah.

1. Kebutuhan material

buat rumah dengan biaya 30 juta-diminimalis.com

Material bangunan yamg dibutuhkan harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Berikut rincian harga material yang ada di pasaran saat ini untuk membantu Anda merencanakan perhitungan seefektif mungkin.
– Batu kali : 190-250 ribu per meter kubik
– Semen: 50 ribu per sak (50 kg)
– Pasir : 200-250 ribu per meter kubik
– Besi/baja: 15-100 ribu per batang, baja : 60 ribu per batang
– Batu kerikil: 250 ribu per meter kubik
– Batu bata merah: 800 rupiah per batang
– Kayu : 80-100 ribu per batang (4 meter)
– Genteng tanah liat: 7 ribu per biji
– Kusen: 100-200 ribu per meter

2. Operasional pekerja

Untuk biaya operasional pekerja, Anda bisa menentukan terlebih dahulu apakah pembangunan rumah Anda akan dikerjakan dengan sistem kerja harian, borongan jasa atau borongan penuh.

Jika dikerjakan dengan sistem kerja harian oleh biasanya pekerja diberi upah 100-150 ribu per hari. Lalu jika dilakukan dengan sistem borongan jasa biasanya pekerja digaji 600-800 ribu per meter persegi (x luas lahan yang dibangun). Sementara jika pekerja dengan sistem upah borongan penuh, pekerja digaji 3 hingga 5 juta rupiah per meter persegi.

Sebagai catatan, jika mempekerjakan pekerja dengan sistem borongan penuh, sebaiknya pilihlah pekerja kontraktor yang terpercaya. Karena biasanya kontraktor yang curang akan membeli material berkualita rendah yang bisa merugikan Anda.

Baca juga: Contoh Desain dan Perhitungan Biaya Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 1 lantai kurang dari 100 juta

3. Instalasi dan sanitasi

Instalasi yag dimaksud disini adalah berkaitan dengan pemasangan listrik. Pemasangan lampu penerangan pada setiap ruangan vital dan pemasangan sumber listrik juga perlu direncanakan pembiayaannya. Siapkanlah dana kira-kira 4 juta rupiah.

Kemudian untuk sanitasi air bersih dan kotor siapkan dana kurang lebih 5 juta rupiah. Khusus pengerjaan sumur resapan dan septitank anggarkan kurang lebih 2 juta rupiah

Perlu diketahui, rincian biaya di atas belum termasuk biaya-biaya lain seperti pengurusan IMB dan biaya yang tak terduga lainnya.

Asumsikan saja disini Anda belanja material dengan kualitas medium, sementara biaya lain-lain tersebut sekitar 5 juta rupiah. Jika semua biaya di atas dijumlahkan lalu ditambahkan dengan biaya tak lain-lain, maka bukan tidak mungkin dengan uang 30 juta rupiah Anda sudah bisa memiliki rumah sendiri.

Nah itu dia ulasan seputar bagaimana tips hemat cermat membuat rumah dengan biaya 30 juta. Semoga bermanfaat untuk Anda. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed