Jarang Diperhatikan, Padahal inilah Cara Membuat Bonsai Juara Dunia

Bonsai juara dunia memiliki nilai tawar yang tinggi - Diminimalis.com

Bonsai sering sekali dijadikan komoditas untuk diikutkan di dalam perlombaan. Perlombaan khusus untuk tanaman bonsai sering diadakan untuk menambah nilai jual secara keseluruhan dari bonsai tersebut. Akan tetapi sebenarnya tidak mudah untuk membuat bonsai selalu mendapatkan gelar juara di dalam festival atau lomba khusus tanaman bonsai. Apalagi membuat bonsai juara dunia terus –menerus bukan suatu hal yang mudah. Tujuan membuat bonsai juara kompetisi salah satunya karena jika bonsai sering ikut kompetisi maka otomatis nilai jual dair bonsai tersebut akan semakin tinggi. Terutama dengan sasaran utama para kolektor yang mencari bonsai-bonsai unik yang berhasil menyabet gelar juara untuk perlombaan khusus tanaman bonsai yang berbeda.

 bonsai juara dunia, bonsai langka, pohon bonsai tertua di dunia, bonsai terindah di dunia, bonsai serut juara, bonsai serut juara dunia, bonsai terbaik 2015, jenis bonsai dan harganya, desain bonsai, jenis bonsai langka, bonsai langka asli, jenis bonsai bunga, bonsai pohon wareng, bonsai juara dunia, jenis bonsai dan harganya, jenis bonsai terbaik, jenis bonsai termahal, bonsai sisir juara
Bonsai juara dunia memiliki nilai tawar yang tinggi – Diminimalis.com

Gimana Sih Caranya Agar Bonsai Juara Dunia

Membuat sebuah bonsai juara dunia memang tidaklah mudah. Membutuhkan perjuangan khusus untuk melakukannya. Akan tetapi Anda bisa melakukan beberapa jurus jitu berikut untuk membuat tanaman bonsai milik Anda menjadi juara dalam setiap perlombaan:

Cara Semai Biji Asem Jawa,  bonsai asem jawa dari biji, cara membuat bonsai asam jawa dari biji, stek asam jawa
Pilihlah bonsai dari bibit yang unggul – Diminimalis.com

• Cara termudah pertama adalah menggunakan pilihan jenis bibit yang unggul.

Pemilihan jenis bibit tanaman yang akan dibonsai menjadi jurus utama Anda untuk mendapatkan tanaman yang sehat. Cara mendapatkannya bisa dengan cara mencangkok atau dengan cara penanaman langsung. Metode ini tentu saja sangat cocok untuk Anda yang sangat gemar dengan tanaman unik. Tanpa bibit yang unggul mustahil Anda akan mendapatkan tumbuh kembang tanaman yang optimal untuk mendapatkan bentuk bonsai sesuai dengan keinginan.

• Cara berikut yang tidak boleh dilupakan adalah memilih media tanam.

Setelah Anda tentukan jenis tanaman dan juga memilih bibit yang tepat, Anda harus menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam bibit tanaman bonsai yang sudah Anda pilih. Apabila Anda memilih jenis tanaman bonsai dengan model akar yang kuat, maka pilih saja media tanam berupa kerikil dan juga batu kemudian Anda tanamkan di dalam pot yang berukuran dangkal. Selain itu gunakan media tanam juga yang minim unsur hara. Kepadatan dari media tanam dan kesesuaian media tanam dengan jenis tanaman yang Anda pilih menentukan bagaimana tumbuh kembang dari tanaman bonsai yang akan Anda buat tersebut.

• Pembuatan desain bonsai.

Seperti halnya dengan membuat rumah, bonsai juga perlu design yang unik dan sesuai untuk tanaman yang dipilih. Cara mendesignnya adalah dengan melilitkan kawat pada tanaman bonsai yang kita pilih. Kreatifitas sangat menentukan akan seperti apa bonsai yang akan terbentuk. Kreasikan bentuk bonsai dengan menggunakan kawat sesuai dengan keinginan anda. Semakin unik bentuk bonsai, maka kemungkinan besar untuk menjadikannya juara kompetisi bonsai akan semakin besar. Jika sudah demikian tidak heran jika bonsai yang Anda buat memiliki harga tinggi. Namun tetap jangan lupakan tumbuh kembang bonsai yang Anda pilih.

Point Penilaian Untuk Kompetisi Bonsai Tingkat Dunia

Bagi Anda yang sedang berkeinginan untuk mengikuti kompetisi bonsai tingkat dunia, maka Anda bisa mengikuti beberapa aturan seperti ini:

• Perhatikan pola dasar dan pergerakan dari bonsai yang Anda miliki.

merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
bonsai asam jawa cascade yang masih dalam proses pembentukan – diminimalis.com

Pergerakan dasar yang dimaksud disini adalah bagaimana pola dasar dari bentuk bonsai. Arah geraknya mulai dari ujung batang hingga akarnya. Semakin indah pergerakan dari ujung batang hingga akar inilah yang menentukan tingginya nilai dari bonsai yang Anda buat dan Anda miliki saat diikutkan dalam kompetisi tingkat dunia. Terutama jika bonsai yang memiliki karakter khusus yang ditonjolkan ketika membuat bonsai. Karakter khusus inilah yang membuat nilai tinggi ketika bonsai masuk kompetisi bonsai tingkat dunia.

• Tentukan karakter utamanya.

Meliputi bagaimana keseimbangan bentuk antara batang, akar dan juga ranting. Kemudian tidak lupa juga bagaimana komposisi dari anatomi tubuh dari tanaman bonsai yang Anda buat. Keseimbangan dari anatomi ini tentu sangat ditentukan oleh faktor pertumbuhan dari tanaman yang Anda pilih. Semakin baik Anda dalam merawat dan memastikan perkembangannya secara optimal, maka akan semakin baik pula penilaian dari bonsai yang Anda miliki.

Buatlah keserasian pada cabang-cabangnya 

Keserasian bukan hanya dalam hal bentuk saja, akan tetapi keserasian ini berkaitan dengan banyak hal. Misalnya usia, pertumbuhan, kesehatan dari tanaman bonsai milik anda. Apabila bonsai yang Anda miliki memiliki bentuk indah, akan tetapi tumbuh secara tidak sehat serta tidak seimbang, maka mustahil membuatnya menjadi juara dunia. Faktor kesehatan sangat ditentukan dengan media tanamnya serta ditentukan juga dengan bagaimana perawatannya. Keserasian berikutnya juga ditentukan oleh bagaimana keserasian ruang tumbuh kembang dari bonsai yang Anda miliki.

• Perhatikan tekstur kulit dan anatomi bonsai.

Sebab jika tekstur kulit tanamannya tidak bagus itu artinya nutrisi yang di dapatkan tanaman kurang maksimal meskipun bentuknya sangat indah dan juga serasi.

Membuat bonsai juara dunia memang tergolong tidak mudah. Membutuhkan ketelitian dan juga kesabaran tingkat tinggi untuk memastikan bahwa bonsai yang Anda miliki berhasil menjadi juara dunia dalam kompetisi tanaman bonsai. Bukan hanya itu saja faktor pertumbuhan serta nutrisi juga sangat penting untuk diperhatikan guna memastikan bahwa bonsai tersebut sehat dan juga cocok disebut sebagai juara dunia. Tanpa kesehatan yang optimal dari bonsai tentu saja bentuk indah nan memiliki nilai seni tinggi tidak ada artinya. Nutrisi dan proses perawatan dari bonsai benar-benar harus diperhatikan untuk membuat bonsai menjadi juara untuk kompetisi tanaman bonsai. untuk itu, sangat penting bagi Anda agar memahami cara merawat bonsai dengan metode yang tepat. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.