Membuat Bonsai Asem Berbuah dan Berdaun Lebat ternyata Semudah ini

Bonsai asem berbuah yang masih dalam tahap pembentukan pola batang - Diminimalis.com

Bonsai Asem Berbuah – Bonsai merupakan jenis tanaman yang sengaja dikerdilkan untuk dibuat miniatur dari tanaman aslinya. Biasanya bonsai ditanam dalam sebuah pot dan dijadikan sebagai tanaman hias.
Salah satu jenis bonsai yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah bonsai asem. Bonsai asem merupakan salah satu jenis tanaman bonsai yang banyak dibuat terutama di Indonesia. Tanaman asem banyak dijadikan bonsai karena tanaman asem ini cukup mudah untuk dibuat.

Nah, jika membuat bonsai saja adalah hal yang sudah biasa, maka kali ini kami akan berbagi tips dan cara untuk membuat bonsai asem berbuah. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan serta bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Bonsai Asem Berbuah, bonsai asam berbuah, cara membuat bonsai berbuah,
Bonsai asem berbuah yang masih dalam tahap pembentukan pola batang – Diminimalis.com

Membuat Bonsai Asem Berbuah, Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Banyak orang beranggapan bahwa untuk membuat bonsai asem dapat berbuah merupakan hal yang sulit. Pasalnya, tanaman asem yang berbuah pada umumnya adalah tanaman yang tumbuh secara normal. Hal itu tentu menimbulkan banyak pertanyaan bahwa apakah bonsai asem dapat berbuah? Apakah sulit untuk membuat bonsai asem berbuah?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah bonsai asem dapat berbuah dan tidak sulit untuk membuatnya. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa untuk membuat bonsai asem agar berbuah ini harus diperlukan ketelatenan dan perawatan yang intensif. Jika bonsai asem tidak dirawat dengan baik maka dapat menghambat pertumbuhan benih bunganya.

Bonsai Asem Berbuah, bonsai asam berbuah, cara membuat bonsai berbuah,
Bonsai asem akan lebih indah dengan daun yang lebat – Diminimalis.com

Bahan-Bahan untuk Membuat Bonsai Asem Berbuah

Bonsai asem yang berbuah rupanya tidak begitu sulit untuk dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bonsai asem pun mudah ditemukan. Nah, jika Anda akan membuat bonsai tanaman asam yang berbuah maka pertama-tama Anda harus membuat bonsai asem terlebih dahulu. Bahan-bahan utama yang diperlukan antara lain bibit dari tanaman bonsai berupa biji, cangkok, tunggul atau setek dan pot dengan ukuran menyesuaikan besar atau kecilnya bonsai asem yang akan dibuat.

Pada umumnya, pot yang dibutuhkan untuk membuat bonsai adalah berukuran panjang 25 cm dan tinggi 5-8 cm. Sedangkan peralatan dan bahan pendukung yang dibutuhkan untuk membuat bonsai asem antara lain alumunium kecil an besar atau kawat kuningan, tali rafia, tang pemutus kawat, gunting pangkas dan biasa, pisau kecil, garpu untu pengurai sekaligus perata tanah.

Langkah Membuat Bonsai Asem Berbuah

Cara Semai Biji Asem Jawa,  bonsai asem jawa dari biji, cara membuat bonsai asam jawa dari biji, stek asam jawa
Pilihlah bonsai dari bibit yang unggul – Diminimalis.com

Bonsai asam yang berbuah memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada bonsai asam biasa. Akan tetapi, hal itu juga harus disertai dengan kondisi bonsai yang terawat dengan baik. Nah, langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk membuat bonsai asem yang bisa berbuah antara lain:

1. Siapkan bonsai asem yang siap untuk dilakukan pembuahan. Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, pastikan bonsai asem tersebut memenuhi persyaratan diantaranya usianya sudah tepat untuk berbuah serta memiliki kondisi tanaman yang sehat.

2. Tempatkan bonsai di tempat yang terbuka dan kering. Pada masa-masa ini biarkan bonsai tidak disiram air dalam beberapa waktu. Siramilah bonsai hanya ketika dirasa perlu agar tanaman bonsai tidak layu.

3. Pangkas daun pada tanaman bonsai asem yang sudah memasuki minggu terakhir dalam tahap ini. Pangkas daun bonsai hingga tajuknya menjadi gundul.

4. Beri pupuk jenis NPK dengan kandungan kadar K yang tinggi. Beri pupuk secara merata pada pinggiran tanaman bonsai tersebut mengeliligi pot.

5. Jika bonsai asem cepat berbuah maka setelah diberikan pupuk, siramilah dengan air agar pupuk cepat meresap. Selanjutnya, proses penyiraman dilakukan secara rutin yaitu satu hingga dua kali sehari.

6. Bonsai asem yang tumbuh dengan cepat perlu didukung dengan perawatan yang intensif. Salah satu perawatan penting yang harus diperhatikan adalah pemberian sinar matahari yang cukup. Oleh sebab itu, tempatkan bonsai asem pada tempat terbuka dan mendapat sinar matahari dari pagi hingga petang.

7. Setelah dua minggu dari proses pemangkasan daun maka tunas daun yang baru pun akan mulai tumbuh dan disertai dengan tumbuhnya bunga asem. Itu artinya bonsai asem berhasil berbuah. Bonsai asem yang sudah muncul bunganya harus dirawat dengan hati-hati. Ketika hendak menyiram, maka siramilah bonsai tersebut pada akarnya saja. Tidak perlu disiram dari daunnya karena untuk mencegah rontoknya bunga bonsai asem.
8. Langkah terakhir, perhatikan jarak antara buah pada tanaman bonsai asem tersebut. Jika buah yang tumbuh terlalu lebat maka perlu dipetik sampai jarak antar buah tidak terlalu berdekatan. Hal ini dilakukan agar tanaman bonsai asem yang berbuah tetap terlihat cantik dan menarik.

Perawatan Bonsai Asem Berbuah

Jika bonsai asem yang Anda rawat telah berbuah, maka selanjutnya adalah proses perawatan yang harus rutin dilakukan. Pasalnya, apabila bonsai asem yang berbuah tidak diperlakukan atau dirawat secara rutin maka bonsai asem tersebut akan mudah layu dan mati.

Tentu, sangat disayangkan bukan apabila bonsai asem yang memiliki nilai tinggi mati begitu saja karena tidak dirawat? Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan perawatan bonsai asem agar bisa hidup sampai bertahun-tahun nantinya.

Perawatan yang harus dilakukan antara lain pemberian pupuk dan penyiraman yang dilakukan secara rutin. Pemberian pupuk dan penyiraman juga perlu diperhatikan, tidak boleh kurang ataupun berlebihan. Selain itu, jagalah tanaman bonsai agar tetap berada di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari.
Demikian artikel kali ini tentang bagaimana cara membuat bonsai asem berbuah yang sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk memahami cara merawat bonsai asem jawag agar berdaun lebat supaya menghasilkan tampilan yang cantik. Selamat mencoba. Semoga berhasil, ya!(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.