oleh

Tips Menjalin Hubungan Jarak Jauh Bila Suami Merantau

Hidup bersama merupakan salah satu tujuan mengapa seorang pria dan wanita menikah. Alangkah indahnya bila bisa selalu berada pada satu atap yang sama, mengerjakan sesuatu bersama, berbagi bersama, hingga menua bersama-sama. Namun terkadang hal tersebut tidak dapat terpenuhi bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh, bila suami merantau untuk mencari nafkah bagi keluarga.

bila suami merantau, suami istri berjauhan karena pekerjaan, suami kerja jauh, jauh dari suami saat hamil, tips hubungan suami istri jarak jauh
Ada banyak hal yang perlu dilakukan istri bila suami merantau untuk urusan pekerjaan – Diminimalis.com

Bila suami merantau, maka tidak ada kata lain selain menunggu kepulangannya untuk dapat bertemu. Hal itulah yang menimbulkan rasa rindu yang akan sering dirasakan bagi setiap pasangan jarak jauh. Jika Anda merupakan istri atau suami dari pasangan jarak jauh, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar hubungan suami-istri Anda dapat terjaga dengan baik. Lalu apa sajakah tips-tips menjalin hubungan jarak jauh? Berikut poin-poinnya.

1. Menjaga Komunikasi Yang Baik

Bahkan tidak hanya untuk pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, bila suami merantau hal yang harus sangat Anda jaga adalah komunikasi.  Menanyakan kabar, apa yang sedang ia lakukan saat ini, mengingatkan makan, istirahat, mengingatkan beribadah merupakan hal yang lazim disampaikan sebagai bahan komunikasi antar pasangan. Jika jaman dahulu orang harus menulis surat dan mengirimkannya terlebih dahlu melalui pos, maka saat ini teknologi sudah sangat mendukung untuk berkomunikasi jarak jauh. Media seperti sms, telfon, facebook, email, dan banyak media social lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk tetap menjaga komunikasi dengan siapa saja termasuk pasangan Anda. bahkan sudah banyak aplikasi chat yang menggunakan fitur video call untuk media komunikasi sehingga memudahkan orang untuk berkomunikasi tatap mata secara virtual. Dengan begitu, komunikasi dapat tetap terjalin dan rasa rindu pun dapat terobati.

2. Saling Menjaga Kepercayaan

bila suami merantau, suami istri berjauhan karena pekerjaan, suami kerja jauh, jauh dari suami saat hamil, tips hubungan suami istri jarak jauh
Selalu jaga komitmen hubungan Anda berdua – Diminimalis.com

Poin kedua yang harus Anda perhatikan bila suami merantau adalah menjaga kepercayaan. Menjaga kepercayaan berarti ada sikap saling percaya yang dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat merusak hubungan Anda. hubungan jarak jauh identik dengan isu-isu perseligkuhan.

Oleh karenanya dibutuhkan adanya komitmen antar pasangan untuk menjaga hubungan tetap baik sehingga Anda dapat menampik isu-isu tidak menyenangkan yang nantinya akan Anda dengar. Dengan menanamkan sikap saling percaya serta menjaganya, hubungan Anda juga akan senantiasa tenteram. Namun yang perlu Anda ingat, bukan hanya sekadar saling percaya, namun juga menjaganya sepanjang waktu.

3. Jauhi Kata Perselingkuhan

Adalah mungkin ketika Anda berada di sebuah lingkungan baru yang memungkinkan Anda untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru, akan muncul rasa ketertarikan kepada seseorang yang Anda anggap menarik. Serta tidak menutup kemungkinan pula orang tersebut memiliki ketertarikan yang sama terhadap Anda. Yang akan menjadi masalah adalah ketika Anda menuruti kemauan sesaat tersebut dan meneruskannya hingga terjalin hubungan yang lebih intens.

Sedangkan Anda sendiri memiliki kehidupan rumah tangga yang perlu Anda jaga di rumah.  Jika Anda adalah suami atau istri sejati, maka tidak benar Anda menerima perasaan seperti itu. Jauhi hal-hal yang memungkinkan Anda untuk berselingkuh. Jagalah hati dan nafsu Anda, pikirkan suami atua istri Anda di rumah yang juga sama dengan Anda berusaha menjaga semuanya agar tetap baik-baik saja.

4. Memperbanyak Kegiatan yang Positif

Manfaat Mengajarkan anak mencintai tanaman, manfaat berkebun di usia dini, menfaat ajarkan anak berkebun
Menghabiskan waktu berkebun dengan anak, dapat merupakan hal positif yang bisa Anda lakukan untuk mengalihkan kerinduan dengan suami tercinta – diminimalis.com

Apabila Anda seorang istri yang ditinggal suami Anda merantau, maka Anda tidak perlu merasa kesepian. Carilah kesibukan-kesibukan yang dapat membantu mengisi waktu luang Anda dengan hal-hal positif yang produktif, seperti mengajari anak berkebun di rumah.

Jika Anda merupakan wanita karir, maka isi hari Anda dengan pekerjaan-pekerjaan kantor dengan baik. Jika Anda ibu brumah tangga, maka Anda dapat memulai kegiatan lain yang lebih dapat membuat diri Anda banyak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Seperti misalnya memulai bisnis, membuat komunitas positif, rajin berolahratga, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

5. Selalu Ingat Tujuan Utama Anda Merantau

Bila suami merantau, baik istri maupun suami harus senantiasa ingat tujuan utama dari kepergian suami atau istri Anda tersebut. Jika Anda sempat berpikir macam-macam tentang hubungan jarak jauh Anda, maka kini saatnya Anda kembali pada pemikiran awal Anda mengapa Anda dan suami atau istri Anda harus berpisah tempat, yaitu untuk mencari nafkah.

Suami atau istri Anda rela berpisah tempat tinggal untuk mencari nafkah keluarga Anda. daripada harus merisaukan anak, akan lebih bermanfaat jika Anda memanfaatkan uang hasil kerja keras suami atau istri Anda dengan menabungnya untuk keperluan yang lebih penting. Kembali lagi, kepercayaan dan tujuan utama lah yang harus senantiasa Anda ingat ketika Anda mulai lengah akan hubungan jarak jauh Anda.

6. Buat Banyak Memori Sebelum Keberangkatan Anda

Hal lain yang tidak kalah penting jika Anda akan meninggalkan rumah adalah membuat kenangan indah sebanyak mungkin dengan pasangan atau keluarga Anda. Salah satu hal yang dapat membuat Anda terus teringat dengan keberadan seseorang selain dengan komunikasi, adalah dengan mengingat kenangan yang telah Anda dan suami buat selama ini. Pergi jalan-jalan ke taman, makan makanan enak, membeli barang lucu, hingga mengumpulkan banyak foto kenangan sebelum keberangkatan dapat membantu Anda membuat memori indah. Bila suami merantau, foto-foto tersebut dapat dijadikan kenangan indah yang akan membuat Anda dan pasangan selalu teringat satu sama lain.

Demikianlah tips yang bermanfaat bagi Anda, agar tetap bisa menjaga hubungan, bila suami merantau bekerja di luar kota. Semoga ulasan kami ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan tercinta. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.