oleh

Mau Bikin Rumah Modal 50 Juta Sampai Jadi? Ini Dia Tipsnya

Mau bikin rumah modal 50 juta, bisa nggak sih? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan oleh orang-orang yang ingin punya rumah dengan budget minim. Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tersebut sangat gampang; BISA. Bagaimana caranya? Poin-poinnya akan kami bahas pada artikel ini.

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah pribadi yang diusahakan dengan jerih payah sendiri. Menunggu modal sampai terkumpul rasanya terlalu lama, sementara rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Sementara itu, uang di tabungan hanya menyisakan nominal 50 juta, rasanya was-was kalau mau dialokasikan ke arah sana. Yang ditakutkan biasanya adalah ketidak cukupan dana untuk memenuhi kebutuhan pembangunan rumah sampai jadi.

bikin rumah modal 50 juta-diminimalis.com
Tips Mengatur Keuangan Agar Rencana Bikin Rumah Modal 50 Juta Bisa Terwujud

Jika Anda sudah merasa mantap untuk mengalokasikan dana simpanan Anda guna membangun rumah maka mulai sekarang Anda harus mulai menyiapkan segalanya. Nah, untuk memangkas biaya pembangunan dari nol sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut.

1. Lahan siap bangun di luar Rencana Anggaran Belanja (RAB)

Tanah petak yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah sebaiknya sudah Anda siapkan jauh-jauh hari. Pastikan sebisa mungkin untuk meminimalisir pengeluaran menyiapkan lahan. Caranya bisa dengan memanfatkan tanah warisan jika punya. Meski terkadang tanah warisan tidak selalu pas dan strategis untuk membangun rumah, Anda bisa menjualnya kemudian dibelikan tanah dengan lokasi lahan yang Anda inginkan.

Pada prinsipnya, sekalipun membeli tanah kepada orang lain alangkah baiknya dipersiapkan dengan matang jauh-jauh hari. Termasuk misalnya jika permukaan tanah perlu diolah sedemikian rupa seperti perlu dikeruk atau diratakan. Tentu hal ini juga memerlukan biaya bukan? Soleh karenanya sebaiknya pastikanlah hal-hal seperti ini beres dulu sebelum mulai membangun.

2. Prioritaskan desain rumah minimalis sederhana

bikin rumah modal 50 juta-diminimalis.com

Dana 50 juta saja tentu tidak akan cukup untuk anggaran membuat rumah yang besar. Oleh karenanya sepakatilah terlebih dahulu dengan keluarga dan diri Anda sendiri bahwa rumah yang sedang Anda buat adalah tipe rumah minimalis sederhana. Dengan begitu Anda tidak akan memaksakan setiap desainnya agar terlihat wah namun akan lebih kepada yang penting jadi dan beres.

3. Atur anggaran dengan hemat dan cermat

Meski uang Anda hanya 50 juta namun jika Anda pandai mengatur penganggaran belanjanya kami yakin rencana Anda akan berjalan mulus. Namun jika Anda asal-asalan dalam mengalokasikan uang Anda, kami khawatir proyek rumah Anda akan terbengkalai sebelum jadi akibat kekurangan dana. Jadi, bijak dan cermatlah dalam mengelola anggaran.

Nah lalu bagaimana pengaturan anggaran yang ada di lapangan untuk setiap biaya-biaya yang dibutuhkan? Berikut sedikit gambarannya untuk Anda.

1. Biaya jasa tukang

bikin rumah modal 50 juta-diminimalis.com

Untuk mendapatkan rumah dengan biaya membangun yang murah tentu Anda harus pandai dalam mengatur alokasi pembiayaannya. Termasuk dalam hal ini biaya tukang yang akan menangani pembangunan rumah Anda.

Kebutuhan sistem jasa tukang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Apabila disesuaikan dengan topik kita kali ini soal membangun rumah pribadi dengan 50 juta, kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan sistem biaya tukang harian.

Jadi jika diasumsikan misalnya Anda membuat rumah minimalis sederhana dengan sistem kerja harian dengan jumlah pekerja 5 orang, maka bisa dikalkulasi sendiri: 5 orang x 100 ribu x 30 hari = 15 juta rupiah.

2. Biaya bahan baku/material

Biaya pengadaan material merupakan biaya pembelian material bangunan yang dibutuhkan selama proses pembangunan. Biaya ini biasanya menghabiskan biaya sekitar 20 % dari total biaya.

Asumsikan saja Anda membeli material yang dibutuhkan seperti semen, pasir, batu bata, genteng dan sebagainya dengan harga termurah tanpa mengabaikan kualitas. Kalkulasi biaya normal untuk material membangun rumah sederhana type 21 dan 36 saat ini sekitar 15 juta rupiah.

Baca juga: Biaya Buat Rumah Sederhana Hanya 50 juta? Bisa, Begini Hitung-Hitungannya

3. Biaya instalasi rumah dan perabot

bikin rumah modal 50 juta-diminimalis.com

Untuk biaya instalasi termasuk di dalamnya instalasi listrik, air dan sanitasi kebersihan biayanya jika dikalkulasi menghabiskan dana sekitar 7 jutaan. Sementara untuk pembelian perabot dengan asumsi Anda mengutamakan pembelian perabot primer ruangan saja, pengeluarannya sekitar 10 jutaan.

4. Biaya cadangan

Biaya cadangan dalam sebuah proyek pembangunan sebuah rumah diperlukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan item pembiayaan yang bersifat urgent. Atau misalnya juga ketika Anda menghendaki penambahan area misalnya seperti taman, kebun, kolam ikan untuk sekaligus dikerjakan oleh kontraktor. Biaya cadangan diperlukan untuk mem back up hal-hal tersebut.

Anggarkan saja sekitar 3 juta rupiah untuk masuk ke dalam biaya cadangan.

Konklusi: Dengan rincian empat item pembiayaan di atas, maka uang 50 juta pun bisa Anda sulap menjadi rumah yang indah. Pada prinsipnya membangun rumah harus didasarkan pada perhitungan yang matang agar beban biaya yang direncanakan dapat berjalan efektif dan efisien.

Demikianlah ulasan kami seputar tips hitung-hitungan sedehrna saat hendak bikin rimah modal 50 juta tanpa ribet. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang tengah merencanakan membangun rumah impian (rn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.