Contoh Desain dan Perhitungan Biaya Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur 1 lantai kurang dari 100 juta

Biaya rumah minimalis 3 kamar- Seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan akan tempat tinggal (rumah), efisiensi biayanya juga semakin diperhatikan. Begitu juga dengan tren desain rumah yang semakin berkembang. Namun, perkembangan tren desain ini kurang seimbang dengan harga material dan kalkulasi biaya membangun rumah secara keseluruhan.

Untuk membangun rumah minimalis saja membutuhkan biaya hingga ratusan juta. Bahkan jika Anda membangun rumah dengan sebelumnya harus membeli tanah terlebih dulu maka bisa dipastikan biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih besar. Pembengkakan biaya tersebut dapat menyebabkan kerumitan pada perhitungan biaya bangunan. Bahkan taksiran biaya yang semula cukup dengan 50 juta akhirnya bisa mencapai ratusan juta.

biaya rumah minimalis 3 kamar-diminimalis.com.png8.png

Tips Hemat Cermat Membangun Rumah | Contoh Kalkulaksi Biaya Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Sebelum membangun rumah, baik tipe rumah minimalis ataupun tipe lainnya tetaplah harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap detail pengeluaran selama proses pembangunan dapat terkontrol dengan baik.

Nah, hal-hal berikut setidaknya bisa menjadi rekomendasi penting untuk rencana pembangunan rumah Anda agar lebih hemat secara pegeluaran.

1. Siapkan lahan kosong jauh-jauh hari

Lahan dimana rumah Anda akan berdiri mutlak menjadi hal yang harus dipikirkan jauh-jauh hari. Hal ini penting mengingat harga beli lahan yang sudah semakin mahal. Maka, akan lebih baik jika jauh hari sebelum Anda akan mulai membangun rumah, Anda sudah menyiapkan lahan yang akan jadi areal bangunan.

Misalnya, jika Anda hendak mulai membangun rumah tahun ini, pastikan lahan sudah siap minimal beberapa bulan sebelumnya. Artinya, pastikan area /lahan yang akan dipakai sudah tersedia tanpa harus membeli saat itu juga sehingga setidaknya Anda bisa menghemat biaya pembangunan rumah secara keseluruhan.

2. Buatlah detail sketsa rumah sederhana

biaya rumah minimalis 3 kamar-diminimalis.com.png8.pngSketsa rumah menjadi hal yang turut menjadi perhatian lantaran inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal layout rumah Anda. Merencanakan sketsa sama artinya dengan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan tata letak ruangan.

Utamakan terlebih dahulu ruangan yang memiliki tingkat urgensi tinggi. Jika anggota keluarga Anda banyak, barangkali Anda membutuhkan juga kamar tidur lebih banyak.

3. Siapkan material yang bisa diusahakan sendiri

Menyiapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri akan sangat membantu Anda mengurangi konsumsi biaya. Misalnya jika Anda berada di dekat sungai yang bisa ditambang pasirnya, Anda bisa mengambil pasir dari sana sehingga lebih murah dan sekaligus menghemat biaya pembelian material.

Tips penghematan berkaitan dengan pengadaan material juga bisa dilakukan dengan misalnya mengusahakan membeli material dari tetangga. Selain harga yang bisa jadi lebih murah, juga Anda bisa lebih leluasa memilih kualitasnya.

4. Cermat dalam mencari referensi toko bangunan

Hal ini jelas menjadi satu hal penting yang tidak boleh sedikitpun diabaikan. Memilih toko bangunan yang akan digunakan untuk membeli material barang sangat penting untuk diperhatikan mengingat akan banyak material pendukung yang perlu didatangkan.

Jelilah dalam memilih toko bangunan, carilah yang sudah terpercaya dengan menyediakan barang yang berkualitas dan harganya terjangkau. Memilih material dengan baik dari sumbernya tentu akan membuat Anda lebih hemat pengeluaran.

Nah, setelah kita berbicara soal strategis teknis membangun rumah dengan cara tersebut diatas. Selanjutnya kita akan berbicara soal bagaimana menyusun rencana penganggaran untuk mendapatkan rumah dengan 3 kamar tidur dengan biaya kurang dari 100 juta. Berikut beberapa assumsi strategis dan contoh desainnya.

– Asumsikan Anda sudah memiliki lahan yang akan Anda bangun rumah.
– Asumsikan Anda sudah memiliki material penunjang yang bisa Anda usahakan sendiri tanpa membeli di toko material.
– Minimalkan ruang-ruang yang tidak perlu, utamakan ruang-ruang penting dalam hal ini kamar tidur.

Selanjutnya dengan asumsi di atas, berikut ini kami sajikan beberapa contoh denah dan gambar rumah minimalis murah 1 lantai dengan 3 kamar tidur yang bisa Anda jadikan referensi.

Demikian ulasan ini kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi Anda dalam membangun rumah dengan biaya terjangkau. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.