Tips Merencanakan Sendiri Biaya Membuat Rumah Minimalis 2 Lantai Tanpa Takut Rugi

Perhitungan soal biaya membuat rumah minimalis 2 lantai memang seringkali membuat pusing. Bukan hanya soal persiapan dananya saja yang memang besar karena jika dikalkulasi bisa mencapai ½ kali lebih besar dari total biaya membangun rumah minimalis 1 lantai namun juga soal waktu, tenaga dan pikiran Anda yang akan tersita. Tentu hal ini harus disikapi dengan sebaik mungkin agar bisa berjalan sesuai harapan saat bertekad membangun rumah.

Salah satu hal yang paling menyita perhatian bagi Anda yang tengah berencana membangun rumah 2 lantai adalah soal pembiayaan, bukan? Satu hal yang penting dari item ini adalah  bagaimana agar anggaran yang telah direncanakan dapat terkontrol dan teralokasikan dengan baik. Nah, untuk itu maka Anda perlu meluangkan waktu untuk memikirkan perencanaannya secara detail.

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png
Membangun rumah minimalis 2 lantai itu mudah-diminimalis.com

Kalkulasi Biaya Membuat Rumah Minimalis 2 Lantai dan Contoh Desainnya

Berbeda halnya dengan rumah minimalis 1 lantai yang berdiri pada lahan dasar alami (tanah), rumah 2 lantai memerlukan rangka ground yang setidaknya sama kuat. Pun juga dengan biayanya yang jelas memerlukan alokasi anggaran yang lebih besar.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memilih untuk  membangun rumah minimalis 2 lantai.

  1. Rumah minimalis 2 lantai lebih hemat lahan

Membangun rumah minimalis 2 lantai secara pembiayaan tentu lebih hemat dibandingkan rumah 1 lantai meski dengan perluasan horisontal. Membangun rumah 2 lantai memungkinkan Anda mendapatakan lahan sisa potensial. Lahan yang tersisa atau sengaja Anda sisakan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat taman atau kebun. Bisa juga Anda manfaatkan untuk lahan produktif misalnya untuk buka usaha keluarga.

2. Rumah minimalis 2 lantai lebih hemat budget 

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png

Selain menghemat lahan, membangun/membeli rumah minimalis 2 lantai setidaknya juga akan memberikan keuntungan untuk Anda dari sisi biaya. Biaya tambahan yang seharusnya untuk membeli petak tanah perluasan bisa Anda alokasikan untuk hal lain seperti material, gaji pekerja, serta biaya-biaya lain yang nantinya dibutuhkan. Kalkulasi biaya membangun rumah minimalis 2 lantai lebih murah sampai dengan satu perempat dibandingkan biaya membeli tanah perluasan rumah.

Hal ini juga berlaku ketika Anda membeli hunian di sebuah perumahan, tentu harga rumah 2 lantai akan lebih murah jika dibandingkan dengan tipe rumah 1 lantai yang besar dan luas.

Baca juga: Informasi Harga Rumah Minimalis 2 Lantai Di Jakarta Untuk Anda Pemburu Hunian Baru Di Ibu Kota

3. Rumah minimalis 2 lantai terlihat lebih elegan dan estetis

Rumah 2 lantai lebih terlihat lebih bernilai seni jika dibandingkan dengan rumah yang hanya 1 lantai sekalipun besar. Gaya vertikal yang dibentuk oleh rumah 2 lantai menampilkan kesan megah dan indah.

Persiapan membangun rumah minimalis 2 lantai

Hal–hal yang harus Anda siapkan saat hendak membangun rumah minimalis 2 lantai

Menentukan type rumah

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png

Hal pertama saat hendak membangun rumah adalah menentukan type rumah seperti apa yang akan dibangun. Misalnya ingin membangun rumah type 36/72. Artinya luas bangunan rumah nantinya akan sebesar 36 meter persegi dibangun di atas lahan seluas 72 meter persegi.

Menentukan type rumah sangat penting mengingat hal ini berkaitan dengan kalkulasi biaya secara keseluruhan, termasuk belanja material dan sewa pekerja.

Melakukan budget forecasting

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png

Sebelum Anda mempercayakan pekerjaan membangun rumah kepada kontraktor, ada baiknya Anda menghitung dan meramal pembiayaan totalnya. Jika memungkinkan Anda bisa meminta saran atau konsultasikan kepada ahli bangunan.

Budget forecasting sangat penting agar proses pembangunan rumah Anda dapat terkontrol dan terdata dengan baik. Termasuk juga sebagai sarana untuk mengantisipasi biaya-biaya tak terduga sehingga nantinya akan lebih siap.

Menentukan penjadwalan

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png

Hal lain yang juga penting dari sebuah proyek pembangunan rumah adalah merencanakan jadwal. Pikirkanlah tentang kapan waktu terbaik untuk mulai membangun rumah. Berapa jangka waktu penyelesaian yang Anda sodorkan kepada kontraktor mengenai deadline proyek rumah Anda.

Jangan sampai jadwal yang Anda sodorkan justru membuat Anda sendiri kewalahan, misalnya dalam hal pengalokasian dana yang berbentrokan dengan keperluan pribadi Anda dan sebagainya.

Menyerahkan pada ahli kontraktor terpercaya

biaya membuat rumah minimalis 2 lantai-diminimalis.com.png2.png

Setelah 3 poin di atas terpenuhi dengan baik, selanjutnya Anda bisa segera mencari kontraktor bangunan terpercaya. Mintalah rekomendasi kepada rekan atau saudara Anda. Cari juga melalui internet situs-situs jasa desain bangunan.

Memilih kontraktor yang akan mengeksekusi proyek pembangunan rumah Anda menjadi sangat penting mengingat di tangan mereka lah nasib baik buruknya pengerjaan rumah Anda. Maka,. Pilihlah jasa kontraktor yang memiliki track record yang baik guna menghindari kerugian yang akan menimpa Anda sendiri.

Contoh gambar rumah minimalis 2 lantai

Nah, demikianlah ulasan kami seputar biaya desain rumah minimalis 2 lantai dan contoh gambar desainnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. (rn)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.