oleh

Biaya Buat Rumah Sederhana Cuma 50 juta? Bisa, Begini Hitung-Hitungannya

Biaya buat rumah sederhana selalu bisa dirancang sederhana dengan perhitungan yang juga sederhana, seperti apa? Tentu untuk Anda yang sedang mencari referensi tentang topik ini sangat pas berkunjung ke artikel diminimalis yang satu ini.

Bicara soal hunian yang merupakan kebutuhan pokok setiap orang dalam hal ini keluarga, tentu perlu sebuah keseriusan. Menyiapkan segala kebutuhan membangun rumah seperti perencanaan pembiayaan, pengerjaan dilapangan hingga finishing touch merupakan satu hal yang sama sekali tidak boleh diabaikan. Nah, untuk menunjang segala aspek pengerjaan tersebut tentu dibutuhkan biaya-biaya yang mana perlu juga dipikirkan secara matang.

biaya buat rumah sederhana-diminimalis.com

50 Juta Untuk Biaya Buat Rumah Sederhana? Sangat bisa

Mungkin Anda adalah salah seorang yang tengah berambisi mewujudkan impian membangun rumah sendiri namun terkendala dana. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengatur perencanaan dengan baik.

Masuk ke topik kita kali ini, lalu bisakah membangun rumah impian dengan biaya hanya 50 juta? Tentu saja bisa guys asalkan hal-hal berikut setidaknya sudah Anda penuhi.

1. Lahan siap bangun dan lokasinya

Lahan bangunan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam menyiapkan sebuah bangunan rumah. Pastikan lahan sudah siap bangun dan pembiayaannya diluar dari RAB pembangunan rumah Anda. Jadi belilah lahan jauh-jauh hari agar tidak membebani biaya uatam.

Sebagai tambahan, pemilihan lokasi lahan juga perlu Anda pertimbangkan karena kita tahu bahwa semakin strategis suatu lahan biasanya akan semakin mahal. Anda tidak mau kan biaya lahan 2 kali lebih besar dari biaya membangun?

2. Interior & eksterior sederhana

Guna mendapatkan rumah impian yang minim budget, alangkah baiknya untuk Anda sederhanakan rencana desain interior dan eksetriornya. Semakin sederhana desain bagian dalam dan luar rumah maka juga akan semakin hemat pembiayaannya.

Jangan lupa juga untuk menerapkan esensi rumah minimalis ke dalam rumah Anda guna mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Pertimbangkanlah untuk tidak membeli perabot berlebihan agar selain terhindar dari pemborosan juga menjadikan ruangan lebih simpel.

3. Perencanaan anggaran yang hemat dan cermat

Hal terakhir soal prinsip membangun rumah sederhana adalah bagaimana agar budget yang dianggarkan bisa efektif dan efisien. Anda harus memiliki strategi jitu guna memikirkan detail item pembiayaan yang tepat sasaran.

Salah satu cara perencanaan anggaran yang tepat adalah dengan mencatat arus keluar masuk pembiayaan. Meski misalnya rumah Anda dikerjakan oleh kontraktor sepenuhnya namun sebaiknya Anda juga memiliki catatan sendiri soal perkembangan bangunan rumah Anda.

Nah lalu bagaimana kalkulasi real di lapangan saat harus mengalokasikan uang 50 juta menjadi sebuah rumah. Berikut gambaran rinciannya.

1. Biaya jasa tukang

biaya buat rumah sederhana-diminimalis.combiaya buat rumah sederhana-diminimalis.com

Hal pertama yang akan kita ulas pembiayaannya adalah soal biaya pekerja/tukang. Ada beberapa sistem pembiayaan tukang yang bisa diterapkan dalam proyek bangunan, yakni sistem kerja harian, borongan jasa dan borongan penuh.

Sistem kerja harian artinya Anda akan membayar tukang bangunan yang mengerjakan rumah Anda dihitung harga setiap satu hari. Adapun harga normal saat ini sekitar 80 hingga 150 ribu rupiah. Sementara untuk durasi waktu membangun rumah sampai jadi normalnya adalah sekitar 1-2 bulan. Jadi silahkan dikalkulasikan saja.

Selanjutnya sistem kerja borongan jasa, artinya Anda akan dikenakan biaya pekerja dengan dihitung setiap meter persegi luas bangunan. Adapun kisaran harga untuk sistem ini adalah 600 hingga 800 ribu tiap satu meter persegi. Jadi misalnya Anda membuat rumah minimalis ukuran 21 tinggal kalikan saja dengan nominal harga normal di tempat Anda.

Beda lagi jika dikerjakan dengan sistem borongan penuh. Yang artinya Anda menyerahkan sepenuhnya pengerjaan rumah Anda mulai dari pengadaan material, tenga kerja sampai finishing kepada kontraktor, Anda hanya modal uang. Harga untuk sistem ini memang lebih mahal yakni berkisar antara 3-5 juta per meter persegi.

Namun begitu anda tidak perlu pusing lagi memikirkan pengadaan material karena sudah termasuk dalam lingkup kerja kontraktor.

Jadi jika diasumsikan misalnya Anda membuat rumah sederhana dengan sistem kerja harian dengan jumlah pekerja 5 orang, maka bisa dikalkulasi: 5 orang x 100 ribu x 30 hari = 15 juta rupiah

2. Biaya pengadaan material

biaya buat rumah sederhana-diminimalis.com

Biaya pengadaan material merupakan biaya pembelian material bangunan yang dibutuhkan untuk menunjang pengerjaan. Asumsikan saja Anda membeli material yang dibutuhkan seperti semen, pasir, batu bata, genteng dan sebagainya dengan harga termurah. Kalkulasi biaya normal untuk material membangun rumah sederhana type 21 dan 36 saat ini berkisar di angka 20 juta rupiah.

3. Biaya Instalasi dan perabot

biaya buat rumah sederhana-diminimalis.com

Untuk biaya instalasi dalam hal ini instalasi air, listrik dan sanitasi secara normal berada di angka 5 jutaan. Sementara untuk pembelian perabot jika diasumsikan Anda mengutamakan perabot primer dari sebuah ruangan untuk dibeli, pengeluarannya sekitar 8 jutaan.

4. Biaya lain-lain

biaya buat rumah sederhana-diminimalis.com

Biaya cadangan dalam proyek pembangunan sebuah rumah diperlukan jika sewaktu-waktu perlu dilakukan penambahan area misalnya seperti taman, kebun, kolam. Anggarkan saja sekitar 2 juta rupiah untuk membuat item area tambahan yang Adna inginkan.

Kesimpulan: Jika dikalkulasi dari 4 item pembiayaan di atas tanpa pengepresan tentunya, biayanya hanya sekitar 50 juta rupiah dan Anda sudah bisa menikmati rumah dengan harga kurang dari seratus juta rupiah.

Contoh desain rumah sederhana 1 lantai

 

Demikian ulasan kami seputar biaya buat rumah sederhana hanya dengan 50 juta rupiah. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi (rn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed