oleh

Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 70/100 Miliki Hunian Baru Tanpa Keluar Biaya Banyak

Biaya bangun rumah minimalis type 70/100- Antusiasme publik terhadap rumah minimalis saat ini rasanya sudah tak bisa lagi dibendung. Bukan lagi soal mengakomodir kebutuhan akan rumah sebagai tempat tinggal semata, namun juga mengutamakan nilai estetika hunian. Bahkan lebih dari menjatuhkan pilihan pada rumah minimalis berarti berniat memiliki sisa lahan yang bisa dipakai untuk membuka usaha, membuat taman dan sebagainya: futuristik.

Adapun soal biaya yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis setidaknya sama dengan biaya membangun rumah type apapun lainnya. Perencanaan yang matang harus dipikirkan mulai dari penyiapan lahan hingga finishing dan pembelian perabot. Pada artikel kali ini kami akan mencoba untuk mengulas tentang rincian biaya membangun rumah minimalis type 70/100.

biaya bangun rumah minimalis type 70-diminimalis.com
Rumah Minimalis Type 70/100-diminimalis.com

Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 70/100

Rumah minimalis type 70/100 berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 70 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 100 meter persegi. Dengan adanya selisih antar luas bangunan dan luas lahan maka bisa dipastikan hasil bangunan rumah tersebut akan memiliki sisa lahan. Anda bisa memanfatkan lahan yang tersisa tersebut untuk membuka usaha, dibuat taman, kolam ikan dan sebagainya.

Umumnya rumah minimalis type 70  terdiri dari setidaknya 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 ruang makan, 1 dapur dan 1 kamar cadangan. Anda bisa mengalokasikan ruangan cadangan untuk gudang atau kamar tamu saat menginap.

Baca juga: Perhitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar Cocok Untuk Menyambut Anggota Keluarga Baru

Selanjutnya, berikut ini rincian biaya yang setidaknya harus Anda siapkan saat hendak membuat rumah minimalis type 70/100.

1. Biaya Pembelian Lahan

Hal utama yang menjadi kebutuhan dasar dan memerlukan pengeluaran adalah soal lahan yang akan digunakan untuk berdirinya bangunan. Disarankan Anda sudah menyiapkan lahan jauh-jauh hari sebelum hari H membangun. Hal ini penting agar biaya pembelian lahan tidak membebani Anda dari sisi biaya akibat harga tanah yang terus mengalami kenaikan.

Asumsikan saja Anda membeli tanah di lokasi yang cukup strategis. Harga yang kami jadikan acuan sekitar 1 juta/m2. Maka total biaya membeli tanah sekitar 100 juta. Harga di setiap daerah berbeda tergantung lokasi dan kondisi lahannya, bisa disesuaikan.

2. Upah Pekerja (kontraktor)

Selanjutnya, item pembiayaan yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah soal upah pekerja. Untuk upah pekerja atau tukang bangunan memang berbeda-beda di setiap daerah. Namun meski begitu, kita tetap bisa mengambil harga rata-rata pasaran saat ini sebagai sampel yang valid.

Jika diasumsikan Anda memperkerjakan tukang bangunan dengan sisetem borongan maka Anda harus merogoh kocek sekitar 500 ribu rupiah per meter persegi. Sehingga jika disesuaikan dengan topik bahasan kita saat ini yaitu bangunan rumah type 70 maka hitungan totalnya menjadi:

70 m² x Rp. 500.000,- = Rp. 35.000.000,-

3. Kebutuhan Material

Untuk rincian material yang dibutuhkan setidaknya kami bisa gambarkan sebagai berikut.

Material Asumsi harga total kebutuhan
Batu bata Rp.10.000.000,-
Semen Rp. 8.00.000,-
Pasir Rp. 5.000.000,-
Kerikil Rp. 1.000.000,-
Besi beton Rp. 3.500.000,-
Seng Rp. 3.000.000,-
Paku Rp. 500.000,-
Kusen , pintu dan jendela Rp. 5.000.000,-
Kunci, engsel, dan lainnya Rp. 1.000.000,-
Plafon Rp. 1.500.000,-
Closet Rp. 300.000,-
Pintu kamar mandi Rp. 400.000,-
Cat minyak dan Cat tembok Rp. 150.000,-
Total 28.350.000

4. Instalasi

Kebutuhan biaya instalasi pada proyek pembangunan rumah ialah seperti biaya instalasi air atau kebersihan dan listrik.

a. Instalasi pipa air (kebersihan)

Untuk instalasi air, Anda dapat menyiapkan dana sedikitnya Rp. 500.000,-. Biaya tersebut akan digunakan untuk membeli peralon dan perlengkapan pemasangan sumber air.

b. Instalasi Listrik

Untuk biaya pemasangan instalasi listrik bisa disiapkan dana kira-kira Rp 1.000.000. Namun biaya ini tidak termasuk biaya pemasangan listrik PLN, Anda bisa menyesuaikannya dengan biaya pemasangan listrik baru di daerah Anda.

5. Pembelian Perabot

Pengadaan perabot menjadi kebutuhan terakhir yang bisa Anda pikirkan belakangan. Meski begitu bukan berarti item ini tidak penting. Adna harus menyisakan dana yang ada khusus untuk pembelian perabot rumah. Asumsikan saja Anda sudah memiliki sebagian perabot rumah yang dibutuhkan, sehingga Anda hanya perlu membeli tambahan perlengkapannya. Asumsikan saja akan menghabiskan biaya sekitar 20.000.000.

6. Biaya lain-lain

Biaya ini mencakup biaya sisa dari alokasi pembangunan rumah. Uang ini bisa Anda pakai untuk membuka usaha, membuat taman rumah atau kolam ikan dan sebagainya.

Nah, jika semua pembiayaan dikalkulasi maka diketahui biaya total membangun rumah minimalis type 70/100 dibutuhkan biaya sekitar  200 juta. Anda masih bisa memangkas biaya tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut kami tampilkan contoh gambar desain rumah minimalis type 70/100.

Demikianlah ulasan tentang biaya bangun rumah minimalis type 70/100 ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.