oleh

Perhitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar Cocok Untuk Menyambut Anggota Keluarga Baru

Biaya bangun rumah minimalis 3 kamar- Saat ini tingginya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal (rumah) dibarengi dengan mahalnya harga properti yang kian melambung. Oleh karenanya banyak orang sering berpikir 2 kali untuk membeli rumah. Alternatifnya, mereka lebih memilih membuat rumah minimalis dengan desain, management dan perencanaan sendiri.

Sebagian besar orang tidak berpikir jauh kedepan ketika membangun rumah, sehingga tidak jarang membangun rumah asal jadi saja. Padahal, hunian merupakan tempat sakral yang akan ditempati dan digunakan bertahun-tahun. Jika saat ini Anda berencana membangun rumah setelah baru saja menikah, Anda harus segera berpikir bahwa nantinya rumah Anda akan kehadiran anggota keluarga baru yaitu anak. Salah satu bentuk antisipasinya adalah dengan membuat tambahan kamar.

biaya bangun rumah minimalis 3 kamar-diminimalis.com.png5.png

Tips Cermat Membangun Rumah | Hitung-hitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Salah satu yang menjadi pertimbangan oleh hampir setiap orang yang akan membangun rumah adalah soal budget/biaya. Bagaimana mendapatkan rumah yang diidam-idamkan dengan biaya keluar yang seminimal mungkin. Hal ini wajar saja karena harga bahan baku dan material bangunan termasauk lahan juga semakin mahal, sehingga tidak ada cara lain untuk menghemat pengeluaran selain dengan mengefektifkan alokasi biaya pembangunan.

Nah, hal-hal berikut setidaknya perlu Anda perhatikan agar biaya pembangunan ruma

 

h Anda tidak membengkak dan membebani Anda.

1. Siapkan lahan kosong jauh-jauh hari agar tak menambah beban biaya

Lahan dimana rumah Anda akan berdiri harus menjadi prioritas utama yang harus Anda pikirkan. Hal ini penting mengingat harga lahan yang akan terus meningkat.
Tujuannya tidak lain adalah agar Anda terhindar dari pembengkakan biaya pembelian lahan. Oleh karenanya akan lebih baik jika masalah lahan seharusnya sudah beres jauh hari sebelum Anda mulai membangun rumah,

Misalnya, jika Anda hendak mulai membangun rumah tahun depan, maka pastikan lahan sudah siap tahun ini atau 5 bulan ke depan. Dengan kata lain, pastikan area /lahan yang akan dipakai sudah tersedia tanpa harus membeli dan mengeluarkan biaya saat Anda seharusnya mulai fokus mengeksekusi pembangunan rumah Anda.

Tujuan lainnya dari poin ini adalah untuk mempersiapkan lahan agar bisa dimulai dengan langsung pasang fondasi tanpa harus melakukan pengerukan atau perataan.

2. Merencanakan pemetaan ruang sesuai kebutuhan

Sketsa rumah menjadi hal yang juga harus Anda perhatikan lantaran inilah yang akan menggambarkan desain interior rumah Anda. Merencanakan sketsa sama artinya dengan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan jumlah dan penempatan ruangan.

Jika Anda tengah berupaya membangun rumah minimalis type 45 dengan 3 kamar tidur maka mungkin Anda tidak perlu membuat petak lahan untuk ruang keluarga. Dengan pandai dalam menempatkan prioritas kebutuhan ruangan secara otomatis akan memangkas biaya pembangunan rumah Anda.

3. Siapkan material yang bisa diusahakan sendiri

biaya bangun rumah minimalis 3 kamar-diminimalis.com.png5.png

Merencanakan pengadaan material yang bisa diusahakan sendiri akan sangat membantu Anda memangkas biaya. Misalnya, jika tempat tinggal Anda berada di dekat tambang pasir terbuka (sungai dangkal), Anda bisa mengangkut pasir dari sana sendiri sehingga lebih murah dan sekaligus menghemat biaya pembelian pasir di luar.

Tips penghematan berkaitan dengan pengadaan material juga bisa dilakukan dengan misalnya mengusahakan membeli material dari tetangga. Sekarang ini banyak usaha rumah tangga penghasil batu bata, Anda bisa membeli batu bata dari tetangga. Selain harga yang bisa jadi lebih murah, juga Anda bisa lebih leluasa mempertimbangkan kualitasnya.

4. Cermat dalam mencari referensi toko bangunan

Hal ini jelas menjadi satu hal penting yang tidak boleh sedikitpun diabaikan. Memilih toko bangunan yang akan digunakan untuk membeli material barang sangat penting untuk diperhatikan mengingat akan banyak material pendukung yang perlu Anda beli.

Jelilah dalam memilih toko bangunan, carilah yang sudah terpercaya dengan menyediakan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau. Memilih material dengan baik dari sumbernya tentu akan membuat Anda lebih hemat pengeluaran.

Nah, setelah kita berbicara soal strategi teknis membangun rumah, selanjutnya kita akan berbicara soal bagaimana menyusun rencana penganggaran untuk mendapatkan bangunan rumah dengan 3 kamar tidur. Berikut beberapa asumsi strategis dan contoh desainnya.

– Asumsikan Anda sudah memiliki lahan siap bangun yang akan Anda bangun rumah.
– Asumsikan Anda sudah memiliki material penunjang yang bisa Anda usahakan sendiri tanpa semuanya membeli dari toko material.
– Minimalkan pengadaan ruang-ruang yang tidak perlu, utamakan ruang-ruang penting dalam hal ini kamar tidur.

Anda bisa membaca rincian biaya membangun rumah pada artikel kami sebelumnya disini.

Biaya-biaya yang tertera di atas adalah untuk rumah dengan 2 kamar tidur. Anda bisa menambahkan sendiri kebutuhan materialnya.

Jika dengan 2 kamar tidur biayanya tidak lebih dari 100 juta maka untuk rumah minimalis dengan 3 kamar tidur bisa diperkirakan perlu tambahan biaya -+ 20 juta. Sehingga totalnya menjadi 120 juta.

Selanjutnya, dengan asumsi di atas, berikut ini kami sajikan beberapa contoh denah atau sketsa rumah minimalis 1 lantai dengan 3 kamar tidur yang bisa Anda jadikan referensi.

Demikian ulasan tentang biaya bangun rumah minimalis 3 kamar yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi Anda dalam membangun rumah dengan biaya yang lebih terjangkau. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.