Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Biarkan Udara Masuk ke Dalam Rumah Minimalis Anda

Udara segar yang masuk ke dalam rumah akan baik bagi kesehatan keluarga Anda - diminimalis.com

Tak ada yang salah dari membiarkan udara masuk ke dalam rumah, justru pada dasarnya ini bagus untuk memaksimalkan sirkulasi udara untuk membuat suasana menjadi segar. Namun apabila udara di luar rumah lebih banyak mengandung polusi, maka hal ini perlu dipertimbangkan. Sedangkan apabila Anda memiliki aneka tanaman rimbun di luar rumah, maka bukalah lebar-lebar pintu dan jendela rumah Anda pada kesempatan terbaik, untuk memaksimalkan ogisgen yang masuk ke dalam rumah.

 biarkan udara masuk ke dalam rumah, rumah segar tanpa ac, ventilasi ruma
Udara segar yang masuk ke dalam rumah akan baik bagi kesehatan keluarga Anda – diminimalis.com

Biarkan Udara Masuk ke Dalam Rumah

Konsekuensi adanya AC, membuat pemilik rumah perlu menutup rapat-rapat pintu maupun jendela yang ada di ruangan yang terdapat AC tersebut. Memang, dengan begitu Anda akan mendapatkan rasa segar dari udara yang keluar dari AC rumah Anda. Meski demikian, jangan sampai hal ini membuat Anda menjadi ketergantungan pada kebiasaan tersebut.

Sempatkanlah sesekali Anda matikan AC dan membuka lebar pintu dan jendela, dan membiarkan udara alami masuk ke dalam rumah minimalis Anda. Meski sirkulasi udara bisa Anda dapatkan dari AC, namun sirkulasi udara alami sesekali perlu Anda dapatkan, asal udara di luar tidak lebih buruk ualitasnya dari udara di dalam rumah minimalis Anda.

Untuk itulah, pada kesempatan sebelumnya Diminimalis kerap mungulas tentang pentingnya adanya tanaman rimbun di taman minimalis Anda. Fungsinya bukan semata-mata untuk menambah nilai estetika saja, tapi suatu saat ketika tanaman tersebut mulai rimbun, Anda akan mendapatkan oksigen yang maksimal dari luar rumah.

Meski ada banyak hal positif dari mengurangi ketergantungan kita terhadap AC, termasuk dari segi efisensi pengeluaran, namun akan lebih baik bila udara sekitar Anda sudah memiliki kualitas yang baik. Disinilah pentingnya adanya tanaman rimbun di pekarangan rumah minimalis Anda.

Bila tenaman rimbun sudah ada di sekitar rumah minimalis Anda

1. Buat desain open space

Karena sifatnya yang terbuka, open space memungkinkan rumah Anda terlihat lebih luas dari aslinya. Ini tentu sangat bermanfaat bagi pecinta desain rumah minimalis, sehingga kesan sempitnya rumah tak lagi terlihat dengan menggunakan desain open space ini. Bukan hanya untuk menampilkan kesan luas, desain open space juga dapat memaksimalkan siruklasi udara di dlaam rumah minimalis Anda, dan mampu mengurangi kelembaban udara.

2. Maksimalkan ventilasi

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan di dalam ruangan tanpa AC, Anda dapat merancang ventilasi silang yang lubang udaranya diletakkan berseberangan namun tidak berhadapan. Fungsinya agar udara dapat mengalir dengan baik mengikuti tekanan udara.

Selain itu, ventilasi juga berfungsi untuk menjaga suhu udara dalam rumah supaya kelembabanya tetap optimal. Ventilasi juga berfungsi untuk jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan, hingga dengan adanya cahaya matahari masuk ke ruangan, ruangan akan menjadi hangat dan tercukupi cahaya.

3. Buat rancangan dapur terbuka

Desain Dapur Terbuka, Desain Dapur Terbuka sederhana, Desain Dapur Terbuka di belakang rumah
desain dapur terbuka menghadap taman belakang rumah yang asri – diminimalis.com

Dengan memiliki dapur terbuka di bagian terluar rumah Anda, maka hal ini bisa memberikan mood yang bagus saat memasak. Selain itu tentu saja dapur Anda lebih sehat karena senantiasa terjaga kesehatannya karena terhindar dari kelembaban yang dapat menimbulkan berbagai bakteri dari dapur minimalis Anda.

Inilah beberapa manfaat membiarkan udara masuk ke dalam rumah minimalis Anda. Sebagaimana yang sudah kita bahas diatas, hal ini baru berdampak baik, apabila udara di sekitar rumah minimalis Anda memenuhi syarat sebagai udara yang berkualitas. Namun apabila polusiudara diluar lebih banyak, tentu mengurangi udara luar untuk masuk ke dalam rumah lebih baik untuk dilakukan. (ls)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.