Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

BERSIKAP QANAAH BERHARAP JANNAH

BERSIKAP QONAAH BERHARAP JANNAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
BERSIKAP QONAAH BERHARAP JANNAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
BERSIKAP QONAAH BERHARAP JANNAH #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Salah satu kewajiban kepala keluarga adalah memberi nafkah kepada keluarganya. Dengan segenap usaha, ia berusaha memberikan nafkah  yang terbaik untuk keluarganya. Selektif dalam memilih, karena hanya nafkah yang berkah yang pantas dipersembahkan untuk istri dan anak-anaknya tercinta. Tetap jauhi harta haram agar keluarga kita tetap harmonis.

Terkadang suami pulang dengan hasil jerih payah yang luar biasa, maka bersyukurlah. Namun ketika sesekali suami tidak membawa hasil atau hanya sedikit yang bisa ia hadirkan, maka bersabarlah. Inilah yang disebut qanaah, yaitu menerima setiap pemberian Allah dengan rasa syukur dan sabar. Dan qanaah ini yang kelak akan mengantarkan anggota keluargamu bersama menuju surga yang dicita-citakan.


Rizki memang hak Allah. Jika Allah berkehendak memberikan bagian yang besar, niscaya bagian itu menghampirimu. Namun ketika Allah mengujimu dengan dipersempitnya pintu rizki, maka itulah yang terjadi. Bersabarlah jika terpaksa hari ini engkau merasakan rasa lapar. Bersabarlah, Allah berfirman,

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
(QS. Al-Insyirah: 4-5)

bersabarlah #rumahkusurgaku - diminimalis.com
bersabarlah #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Syukur sebagai penguat qanaah

Mungkin suamimu sudah berusaha sekuat tenaga, tetapi Allah hendak menguji keluargamu, maka suamimu pulang dengan sedikit hasil. Tidak bersabar terhadap nafkah yang sedikit, sama artinya kita tidak qanaah, bahkan cenderung kufur. Berhati-hatilah, jangan sampai kita menjadi durhaka.

Baca juga artikel menarik berikut >>  MULIAKAN RUMAHMU DENGAN MEMULIAKAN TAMU

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Dan aku melihat neraka, dan aku mendapatkan sebagian besar penghuninya adalah kaum wanita.”
Para sahabat bertanya, “Mengapa demikian wahai Rasulullah?” Beliau bersabda,
“Karena kekufuran mereka”.
Beliau ditanya, “Mengapa mereka kufur kepada Allah?” Beliau bersabda,
“Mereka kufur (ingkar) terhadap pergaulan baik (suami) dan kufur terhadap kebaikan, seandainya engkau bersikap baik terhadap salah seorang diantara mereka sepanjang waktu, kemudian dia melihat sesuatu yang buruk darimu, maka ia berkata: aku tidak pernah melihat kebaikan dirimu sama sekali (melupakan semua kebaikan yang pernah suami berikan).”
(HR. Bukhari Muslim)

Contoh kesabaran terbaik diberikan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha. Ia menuturkan,

“Kami benar-benar pernah melihat tiga kali kemunculan hilal selama dua bulan, namun tidak pernah kunyalakan tungku api (red: memasak, karena tidak ada yang bisa dimasak) di rumah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Urwah bertanya,

Baca juga artikel menarik berikut >>  IBADAH KELUARGA YANG HARUS DIJAGA SELAMA RAMADHAN

“Kalau begitu apa yang bisa membuat kalian bertahan hidup?”

Aisyah menjawab,

“Dua hal, korma dan air.”

rusak kaena setitik nila #rumahkusurgaku - diminimalis.com
rusak kaena setitik nila #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Sekalipun dalam keadaan kekurangan, namun istri beliau tidak pernah mencaci atau mengumpat. Memang pernah sekali terjadi di mana istri-istri beliau meminta tambahan belanjanya. Namun tatkala Allah memberikan teguran sebagaimana tertuang di dalam Surat Al-Ahzab ayat 28–29, mereka menyesal dan bertaubat. Mereka lebih memilih Allah dan Rasul-Nya daripada kehidupan dunia.

Bersyukur dan bersabar, itulah kunci qanaah. Engkau bersyukur karena masih banyak nikmat yang Allah berikan kepadamu. Setidaknya engkau masih sehat, masih bisa berkumpul bersama keluarga dan masih dapat beraktivitas. Adapun bersabar dalam menerima takdir Allah dengan tetap berprasangka baik kepada-Nya adalah kebaikan yang tiada ternilai. Syukur dan sabar akan mempertebal keimananmu dan mendekatkan dirimu kepada Sang Pemberi Rizki, hingga kelak akan berbalas jannah. Aaamiin. (aa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.