oleh

Asyiknya Berkemah di Taman Rumah Bersama Si Kecil

Kegiatan berkemah atau yang biasa disebut camping pada umumnya merupakan kegiatan di luar ruangan yang cukup efektif untuk menghilangkan stres. Berkemah juga menjadi kegiatan yang menyenangkan khususnya untuk anak-anak. Jika jadwal pekerjaan Anda sebagai orang tua tidak memungkinkan untuk berkemah di area perkemahan, Anda bisa memilih untuk berkemah di taman rumah.

Saat ini umumnya desain rumah modern menggunakan konsep minimalis yang memiliki taman rumah, yang terletak di depan rumah maupun di bagian belakang. Taman rumah tersebut biasanya menjadi tempat yang cukup nyaman dan longgar untuk melakukan kegiatan berkemah bersama anak. Orang tua tinggal menentukan waktunya, karena kemah di halaman atau taman rumah bisa dilakukan kapan saja.

 Berkemah di taman rumah, berkemah di halaman rumah, camping di halaman rumah
Berkemah di taman rumah bisa menjadi pengalaman berharaga – Diminimalis.com

Kegiatan kemah juga dapat dijadikan sebagai kegiatan positif yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak dalam mengeksplorasi dunia luar. Saat berkemah si kecil akan merasa sedang berada dalam sebuah petualangan. Anda juga bisa sekaligus mengajarkan si kecil untuk lebih dekat dengan alam. Selain itu, berkemah di rumah sendiri jauh lebih aman untuk si kecil dibandingkan berkemah di area perkemahan sungguhan.

Penelitian juga membuktikan bahwa anak-anak yang bermain di area terbuka seperti lapangan, hutan, maupun taman bisa melatih daya tangkasnya. Selain itu sel motorik sang anak juga akan semakin terasah. Berkemah juga bisa jadi sarana untuk menjauhkan anak Anda dari gadget.

Bagi Anda sebagai orang tua, kegiatan ini juga tentunya lebih praktis. Anda tidak perlu menyiapkan terlalu banyak bawaan karena bisa keluar masuk rumah kapan saja. Dari segi waktu dan biaya pun lebih fleksibel. Namun momen berkemah yang Anda dan si kecil dambakan sudah bisa didapatkan.

Berkemah di Taman Rumah dan Perlengkapan yang Pelru Disiapkan

Meski berkemah dilakukan di taman rumah sendiri, tetap ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Tujuannya supaya kegiatan berkemah Anda dengan si kecil lebih nyata dan tidak jauh berbeda dengan berkemah di area perkemahan. Sehingga si kecil pun bisa merasakan pengalaman seru layaknya berkemah sungguhan. Berikut ini daftarnya.

Tenda Sederhana

Hal yang paling utama dan wajib ada dalam kegiatan berkemah tentu saja adalah tenda. Saat ini sudah banyak sekali pilihan tenda yang bisa dirakit dengan mudah. Anda juga bisa mengajarkan kepada si kecil untuk merakit tenda tersebut. Ini akan menjadi pengalaman seru pertamanya.

Anda bisa membelinya di toko yang menyediakan peralatan mendaki atau berkemah. Pilihlah tenda dengan warna yang disukai oleh anak Anda. Anda juga bisa berkreasi dan membuat tenda sendiri. Gunakan barang-barang yang tersedia di rumah.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan kelambu tidur untuk membuat tenda. Caranya pun mudah, tinggal menggantung kelambu tersebut pada ranting pohon yang ada di halaman. Atau bisa juga menggunakan kain lebar yang dipasang pada sebuah hulahop.

Matras Atau Sleeping Bag

 Berkemah di taman rumah, berkemah di halaman rumah, camping di halaman rumahq
Siapkan sleeping bag untuk melindungi dari serangan nyamuk dan udara dingin – Diminimalis.com

Untuk alas tenda Anda bisa menggunakan matras atau tikar yang sudah Anda miliki. Matras ini akan menghindarkan Anda dan anak dari kelembaban taman. Anda bisa memilih matras gulung tipis atau matras yang lebih tebal.

Selain itu juga bisa menggunakan kasur udara yang akan memberikan kenyamanan untuk anak-anak. Kasur udara lebih multifungsi karena bisa juga digunakan sebagai alas duduk di luar tenda. Alternatif yang lainnya, Anda bisa menyiapkan sleeping bag.

Sebuah sleeping bag didesain secara khusus untuk memberikan kehangatan saat tidur di suhu yang ekstrim. Dengan menggunakan sleeping bag Anda tidak perlu khawatir anak Anda akan kedinginan di malam hari. Desain sleeping bag juga lucu dan pastinya menarik bagi anak-anak.

Makanan Ringan dan Minuman

membuat makaroni panggang yang lezat, cara membuat makaroni panggang, resep membuat makaroni panggang
Jangan lupa siapkan makanan untuk kudapan di dalam tenda – Diminimalis.com

Siapkan juga aneka makanan ringan dan minuman untuk di dalam tenda. Anda juga bisa membuat jajanan favorit si kecil sebelum mulai berkemah. Hal ini akan menambah kebahagiaannya. Dengan menyiapkan terlebih dahulu Anda juga tidak perlu mondar-mandir keluar masuk rumah.

Membuat Api Unggun Sederhana

Api unggun juga menjadi hal yang penting dalam kegiatan berkemah. Tanpa adanya api unggun berkemah menjadi terasa hambar. Anda bisa membuat api unggun sederhana untuk melengkapi kegiatan berkemah di taman rumah Anda. Pastikan jarak api unggun dengan tenda tidak terlalu dekat.

Manfaatkan bekas pot sebagai tempat api. Atau bisa juga benda lain yang tidak mudah terbakar seperti panci atau wajan. Siapkan juga arang dan korek api untuk membuat apinya. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir rumput taman Anda akan rusak.

Selain berguna sebagai penerangan, api unggun juga akan memberikan kehangatan untuk Anda dan terutama si kecil. Api tersebut juga bisa digunakan untuk membakar jagung, ketela, pisang, atau ikan. Anda juga bisa mengajarkan si kecil untuk membakar sendiri apa yang ingin dia makan. Tentunya tetap dengan pengawasan dari Anda.

Siapkan Permainan Sederhana

Untuk mengisi waktu selama berkemah di luar rumah, Anda bisa menyiapkan beberapa permainan sederhana untuk dimainkan bersama-sama. Permainan tersebut juga menjadi salah satu bagian yang seru untuk si anak. Buat permainan yang menyenangkan, dan tentunya bukan permainan yang ada di gadget. Sebagai contoh Anda bisa menyiapkan permainan tradisional dakon.

Siapkan Lotion Anti Serangga

Karena Anda berkemah di halaman rumah, tentunya kemungkinan adanya nyamuk atau serangga-serangga lainnya lebih besar. Hal itu pasti akan mengganggu Anda dan anak Anda terutama saat sedang tidur. Maka dari itu siapkan lotion anti nyamuk dan serangga. Jadi sekarang Anda dan si kecil bisa merasakan keseruan pengalaman berkemah kapan saja. Anda juga bisa menyuruh si kecil mengundang temannya untuk berkemah di taman rumah bersama-sama. Aktivitas kemah ini, bisa menjadi alternaif seru-seruan di taman rumah selain mengadakan pesta barbeque bersama keluarga tercinta. (ck)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed