Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Segudang Manfaat Batu Koral Untuk Rumah Minimalis Anda

Batu koral sikat - diminimalis.com

Batu koral merupakan salah satu hasil tambang yang diperoleh dari daerah pesisir pantai dan penamaan koral sendiri adalah berasal dari nama daerah ditemukannya batu ini. Di daerah pantai memang tidak hanya terdapat pasir saja yang bisa dimanfaatkan namun juga keberadaan batuannya bisa juga diambil manfaatnya.

Batu koral
Batu koral sikat – diminimalis.com

Jenis batuan koral sendiri memiliki ragam yang tidak sedikit sesuai dengan daerah asal diambilnya. Harga batu koral sikat per karung dibandrol mulai dari harga 35 ribu hingga 110 ribu dengan berat antara 15 kg hingga 20 kg. Harga yang bervariatif ini biasanya dipengaruhi oleh tingkat kesulitan saat menambang batu koral ini. Semakin sulit mendapatkannya maka semakin mahal pula harga yang ditawarkannya.


Ragam fungsi batu koral untuk rumah

Area yang paling banyak menggunakan batuan koral ini sebagai material pelengkapnya adalah taman. Batuan ini biasanya difungsikan sebagai material hardscape untuk menutup tanah dan juga sebagai pijakan saat Anda menikmati keindahan taman. Tanah yang tertutup koral tidak akan mengakibatkan dinding rumah Anda menjadi kotor saat terkena air hujan.

Cara pemasangan batu sikat yang tepat sebagai pijakan kaki di taman juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana pijat refleksi untuk melancarkan peredaran darah. Anda tentunya akan merasa lebih nyaman dan rileks saat menikmati indahnya taman sembari terapi refleksi. Tekstur dan desain yang dimunculkan oleh penataan koral yang tepat juga turut memperindah interior taman.

Pada area carport atau garasi luar ruangan batu koral sikat biasanya dimanfaatkan sebagai penutup lantainya. Selain bertujuan agar lantai carport tidak mudah rusak penggunaan koral sikat juga bertujuan agar kendaraan bisa menapak dengan baik di atas lantai. Anda juga tentunya tidak takut terpeleset jika lantai carport basah saat Anda mencuci mobil.

Cara menjaga tampilan batu koral

Batu koral
membersihkan batuan alam – diminimalis.com

Batu koral merah ataupun koral berwarna putih lama kelamaan warnanya akan terlihat kusam diakarenakan paparan sinar matahari dan hujan terus menerus. Untuk menjaga agar warnanya tetap terlihat indah Anda hanya cukup merendam koral di dalam air yang sudah Anda campur dengan cairan pembersih lantai sekitar 3 hingga 5 tutup botol untuk satu ember koral. Diamkan selama 1 hingga 2 jam lalu aduk dan sikat koral hingga bersih. Terakhir, buang airnya lalu bilas. Koral pun nampak bersinar lagi.

Memang batu koral kebanyakan digunakan pada area eksterior sedangkan untuk area interior batuan ini biasanya hanya digunakan pada area kamar mandi sebagai pelapis lantai agar tidak licin. Demikanlah ulasan kita kali ini mengenai beberapa fungsi batu koral yang menarik untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: taman rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.