Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Batu Bata Merah dan Cara Memilihnya dengan Benar

Bata expose - diminimalis.com

Batu bata merah merupakan salah satu material bangunan yang paling banyak dicari dibandingkan batu bata jenis lain. Hampir semua toko material menjual batu bata merah ini, sehingga Anda tidak kesulitan dalam mencarinya. Ketika Anda hendak membangun sebuah rumah dan menginginkan biaya yang tidak terlampau tinggi, batu bata merah bisa menjadi solusi pilihan Anda dikarenakan harganya yang relatif murah.

batu bata merah
Bata expose – diminimalis.com

Kebanyakan orang hanya mengetahui satu jenis batu bata merah saja, yaitu yang biasa dipakai sebagai konstruksi tembok rumah. Padahal, ada jenis batu bata lain yaitu batu bata merah expose. Fungsi dari batu bata merah expose lebih kepada seni dan untuk menampakan kenaturalan rumah Anda, karena akan nampak tekstur indahnya.

Langkah mudah memilih batu bata merah

Bagi Anda yang masih awam tentang batu bata merah, berikut kami sajikan beberapa tips memilih batu bata merah.

1. Ukuran
Ukuran batu bata yang Anda pilih haruslah sesuai. Jangan sampai Anda asal-asalan, karena akan menyulitkan dalam proses pemasangannya. Ada baiknya Anda memilih batu bata yang tidak terlalu kecil, hal ini dikarenakan akan memperlama proses penyusunannya. Keseragaman ukuran batu bata juga akan menjadikan rumah yang Anda bangun tampak rapi dan kokoh.

2. Bentuk
Kebanyakan proses pembentukan batu bata hari ini masih tradisional sehingga terkadang menyebabkan bentuk batu bata yang berbeda-beda. Bentuk batu bata yang berbeda akan menyulitkan Anda pada saatmenyusunnya. Anggaran juga akan membengkak dikarenakan banyak batu bata yang tidak bisa disusun dan terbuang.
Terlebih bagi Anda yang menggunakan bata expose, ukuran dan bentuk menjadi hal yang penting. Jangan sampai karena pemilihan yang salah menyebabkan rumah Anda nampak berantakan dan ugly views (tidak enak dipandang).

batu bata merah
Kesesuaian bentuk – diminimalis.com

3. Kualitas
Kualitas bata yang Anda pilih menentukan seberapa kuat dan kokoh bangunan yang Anda dirikan. Anda bisa mengecek kualitas batu bata dengan cara membenturkan dua buah batu bata, jika suara yang ditimbulkan nyaring maka kualitas dari batu bata tersebut baik. Anda juga bisa mencoba mematahkannya, bata yang berkualitas baik lebih sulit dipatahkan.

4. Warna
Secara umum batu bata yang berkualitas baik memiliki warna merah cerah, sedangkan batu bata berkualitas jelek memiliki warna merah kehitam-hitaman. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara mematahkan batu bata kemudian lihat pada bagian patahan tersebut. Batu bata yang baik memiliki warna yang merah merata hingga kebagian tengahnya. Warna yang merata menandakan sempurnanya proses pembakaran batu bata, sehingga bata yang dihasilkan berkualitas baik.

5. Fresh (baru)
Penggunaan bata yang masih hangat atau baru selesai diproduksi akan menjadikan konstruksi bangunan Anda lebih kuat dan kokoh. Batu bata yang sudah lama biasanya disimpan di tempat yang kurang terjaga. Terkena air hujan dan panas yang terus menerus akan menyebabkan kualis dari bata menurun.

Memilih batu bata yang masih baru sangat diminimalis sarankan terutama bagi Anda yang memilki anggran yang memadai. Dengan memilih bata yang masih baru lebih menjamin kuatnya struktur bangunan yang Anda bangun dibandingkan dengan jika Anda menggunakan batu bata bekas. Selain itu batu bata merah halus yang masih baru memiliki bentuk yang sempurna sehingga cocok jika dinding rumah Anda ekspose.

Jadi, kami sarankan belilah batu bata di tempat yang terjaga dan terpercaya, sehingga rumah yang kuat dan kokoh akan Anda dapatkan.

Demikian informasi yang bisa diminimalis berikan berkenaan dengan tips memilih batu bata merah. Semoga ulasan yang singkat diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda. Sekian…, salam diminimalis (am.).

     Baca juga: Jenis jenis Batu Bata yang Umum Digunakan untuk Membangun Rumah Minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.