Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

BATASI RUANG GERAK SETAN DI RUMAH KITA!

BATASI RUANG GERAK SETAN DI RUMAH KITA ! - #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman ditempati. Sayangnya, dalam mewujudkan rumah nyaman, kenyakan orang masih sekedar memperhatikan urusan fisik rumah. Mereka beranggapan bahwa rumah yang nyaman adalah rumah mewah, atau rumah yang secara fisik menarik hati. Mereka lupa bahwa kenyamanan itu berada di hati, tanpa ada gangguan yang berarti.

BATASI RUANG GERAK SETAN DI RUMAH KITA ! - #rumahkusurgaku - diminimalis.com
BATASI RUANG GERAK SETAN DI RUMAH KITA ! – #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Rumah yang semula diidamkan sebagai hunian yang nyaman sering terusik kenyamanannya oleh gangguan yang tidak diharapkan. Misalnya, gangguan dari setan kepada penghuni rumah. Hal ini tentu akan mempengaruhi ketenangan hati yang pada akhirnya juga mempengaruhi tingkat kenyamanan seseorang di dalam rumahnya.


Agar ketenangan hati dan kenyamanan jiwa tetap terjaga, maka hendaknya setiap penghuni rumah berusaha membatasi ruang yang memungkinkan ‘gangguan’ itu masuk ke dalam rumah. Ya, dengan kata lain, kita harus membatasi ruang gerak setan di rumah kita.

Membatasi ruang gerak setan bisa dilakukan dengan cara mengucapkan salam dan basmallah ketika kita masuk rumah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Apabila seseorang memasuki rumahnya dan berdzikir kepada Allah ketika masuk dan makan, setan akan berkata (kepada temannya), ‘Kalian tidak mendapat tempat menginap dan makanan (di rumah ini)’.”
(HR. Muslim)

Mencegah setan masuk rumah dan menjaga anak-anak kita

Termasuk di antara amal yang dapat membatasi ruang gerak setan adalah dengan menutup pintu dan perabotan rumah serta tempat-tempat makan dan minum seraya mengucapkan basmallah. Pintu atau perabotan yang ditutup disertai dengan ucapan basmallah tidak akan mampu dibuka oleh setan, sehingga setan tidak akan leluasa berkeliaran di rumah kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ، فَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ
“Jika hari mulai gelap, tahanlah anak-anak kalian (untuk keluar rumah) karena saat itu setan berkeliaran. Jika telah lewat sebagian malam, biarkanlah mereka. Tutuplah pintu-pintu dan ucapkanlah basmalah, karena sesungguhnya setan tidak akan bisa membuka pintu yang tertutup. Tutuplah kendi kalian dan ucapkanlah basmalah. Tutupilah bejana kalian walaupun dengan meletakkan sesuatu di atasnya dan bacalah basmalah. Matikanlah lampu kalian.”
(HR. Bukhari Muslim).

Ibnu ‘Abdil Barr dalam Al Istidzkar (8/363) mengatakan, “Dalam hadits ini adalah perintah untuk menutup pintu rumah di malam hari. Sunnah ini diperintahkan sebagai bentuk menjaga manusia dari gangguan setan yang berupa manusia atau berupa jin.”

tutup pintu dengan basmalah #rumahkusurgaku - diminimalis.com
tutup pintu dengan basmalah #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Perbuatan menutup pintu dan perabotan dengan sertai ucapan basmallah mungkin terkesan sepele dan sederhana, namun merupakan perkara yang penting dan hendaknya kita tidak melalaikan atau meremehkannya. Dengan mengerjakan sunnah ini, semoga dapat membatasi ruang gerak setan di rumah kita, sehingga setan tidak mampu memberikan gangguan bagi keluarga kita. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.