oleh

Tips Jitu Membangun Rumah 30 Juta Sampai Jadi

Dana minim tapi ingin punya rumah, bangun rumah 30 juta saja apakah bisa? Yap, mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang ada di benak Anda. Siapapun Anda tentu punya rencana untuk memiliki rumah sendiri. Ingin cepat-cepat mulai membangun tapi jika diitung-itung dananya masih jauh dari cukup. Sementara jika beli rumah KPR akan sangat mahal, bagaimana solusinya?

Kebimbangan semacam itu mungkin saja saat ini terjadi pada Anda yang tengah punya cita-cita untuk membangun rumah sendiri. Tentu saja hal ini adalah hal yang wajar melihat perkembangan harga pasar properti yang terus naik hingga sekarang. Persoalannya hal itu hanya berlaku secara global di berbagai kota besar dengan ketersediaan lahan yang memang semakin sempit.

Jika Anda tinggal di pedesaan maka akan lain lagi ceritanya. Lantas jika digeneralisir, bisakah membangun rumah dengan biaya 30 juta saja? Jawabannya bisa, silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com
Rumah Minimalis Murah-diminimalis.com

Strategi Jitu Membangun Rumah 30 Jutaan

Untuk mendapatkan rumah impian dengan harga murah tentu perlu adanya upaya atau strategi tertentu yang perlu dilakukan untuk mengolah budget. Karena secara realistis, membangun rumah bahkan sekalipun itu rumah minimalis tetap memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebagai strategi besar (grand strategy) untuk mendapatkan hunian indah yang tidak memakan banyak biaya.

1. Desain Rumah Minimalis

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com

Salah satu strategi utama untuk mengatur pembiayaan agar lebih hemat adalah dengan mengusung konsep rumah minimalis ke dalamnya. Rumah minimalis seperti yang telah kami uraikan pada artikel sebelumnya adalah rumah dengan konsep sederhana dan mengutamakan kenyamanan (comfortable priority).

Konsep ini tentu akan menguntungkan anda dari sisi biaya karena konsepnya yang menonjolkan ke simpelan. Pembelian perabot juga secara tidak langsung bisa ditekan sebagai efek dari penerapan konsep rumah minimalis ini.

2. Konsep Rumah Tumbuh

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com

Sebagian besar pengembang modern dalam membangun produk (perumahan) mereka saat ini sudah menggunakan konsep rumah tumbuh dan tidak sedikit yang menjadi point of interest produk mereka. Konsep ini secara singkat dapat diartikan sebagai rumah yang renovabel. Artinya konsep bangunan rumah ini bisa dengan mudah dibongkar sewaktu-waktu saat dibutuhkan untuk ditambahi sebuah ruangan tertentu.

Dengan membangun rumah minimalis konsep tumbuh maka Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat nanti hendak melakukan penambahan ruang. Karena konsep ini memungkinkan Anda untuk mudah dalam merenovasinya.

3. Rumah Minim Sekat

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com

Strategi lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat pembiayaan pembangunan rumah Anda lebih hemat biaya adalah dengan menerapkan desain rumah yang minim sekat. Rumah blong atau minim sekat akan memberikan beban biaya yang lebih sedikit karena pengadaan perabot dan pembiayaann furniturenya yang juga lebih sedikit.

Strategi Khusus Membangun Rumah dengan Budget Murah

Selanjutnya akan kita bahas bagaimana strategi khusus agar keinginan membangun rumah dengan budget 30 juta dapat terwujud.

# Siapkan lahan kosong siap bangun

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com

Lahan menjadi kebutuhan fondamental dari sebuah proses membangun yang mana mutlak harus masuk dalam perhitungan Anda. Kita tahu bahwa setiap detail pengeluaran yang berkaitan dengan pembangunan rumah Anda dapat diminimalisir dengan cara-cara teretntu. Misalnya pada penyiapan lahan, Anda bisa menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum rencana pembangunan dimulai.

Dengan begitu, maka pembiayaan lahan dalam hal ini persiapannya bisa dipisahkan dari biaya operasional utama sehingga akan meringankan Anda. Selain itu dengan menyiapkan lahan lebih awal juga akan memberikan dampak sosial pada lingkungan sekitar, misalnya warga sekitar akan tahu bahwa pada lokasi lahan tersebut akan dibangun rumah Anda.

# Siapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri

Menyiapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri akan sangat membantu Anda mengurangi konsumsi biaya. Misalnya jika Anda berada di dekat sumber tambang pasir, Anda bisa mengangkutnya sendiri sebagai aksi persiapan pembangunan rumah Anda.

Anda harus ingat bahwa pembangunan rumah Anda tidak memiliki deadline seperti halnya proyek perumahan, sehingga Anda bisa mengatur perencanaannya dengan baik termasuk pengumpulan material.

Tips penghematan berkaitan dengan pengadaan material juga bisa dilakukan dengan misalnya mengusahakan membeli material hasil kerajinan dari tetangga. Selain harga yang bisa jadi lebih murah, juga Anda bisa lebih leluasa mengecek kualitasnya. Anda akan diuntungkan secara budgeting.

# Cermat dalam mencari toko bangunan

Toko material menjadi penting dalam rencana pembangunan rumah, karena hal ini berpengaruh terhadap logistik material saat tengah dalam proses pembangunan. Dengan melakukan survey harga dan menentukan toko material terpercaya yang akan dipakai maka pengadaan material akan dapat terkontrol.

# Gotong Royong

bangun rumah dengan 30 juta-diminimalis.com

Mungkin istilah gotong royong nampak asing bagi orang-orang yang tinggal diperkotaan. Namun untuk orang-orang pedesaan atau pinggiran kota mungkin masih kental menjaga budaya ini. Jika di tempat atau lingkungan Anda membangun rumah masih memegang erat budaya gotong royong maka akan sangat membantu sekali dalam menghemat biaya pembangunan rumah Anda.

# Menunda finishing

Selain strategi di atas, Anda juga bisa menghemat biaya dengan melakukan finishing terhadap rumah Anda belakangan. Anda bisa sembari mengumpulkan uang untuk menyelesaikan pembangunan suatu saat nanti. Cukup dengan membangun sesuai yang Anda butuhkan.

Nah demikian tadi strategi seputar penghematan biaya membuat rumah minimalis agar mimpi membangun rumah dengan 30 juta dapat terealisasi. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed