Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bahaya Menelan Air Kolam Renang yang Jarang Kita Sadari

Ada banyak bahaya menelan air kolam renang pada tubuh - Diminimalis.com

Ada banyak manfaat berenang bagi tubuh. Namun bagi pemula, karena belum lancarnya melakukan cara berenang yang benar, kadang secara tak sengaja menelan air kolam renang ke dalam perut. Meski tak begitu terasa efek sampingnya secara langsung, namun ternyata ada beberapa bahaya menelan air kolam renang yang berakibat fatal pada jangka panjang.

Bahaya menelan air kolam renang disebabkan karena didalamnya terdapat kandungan kaporit dan berbagai macam bakteri seperti Giardia, E. Coli dan Paracites Cryptosporidium yang mana semua bakteri tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan. Ada beberapa gejala yang ditimbulkan apabila Anda menelan air tersebut saat berenang atau bermain air dikolam renang. Maka pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda beberapa bahaya menelan air kolam renang pada kesehatan kita.

Bahaya Menelan Air Kolam Renang, anak minum air kolam renang, bayi terminum air kolam renang, efek terminum air kolam renang, efek terlalu sering berenang, badan anak panas setelah berenang, bahaya berenang saat menstruasi, cara mengobati alergi air kaporit, air kolam renang biasanya mengandung
Ada banyak bahaya menelan air kolam renang pada tubuh – Diminimalis.com

5 bahaya menelan air kolam renang bagi kesehatan

Air kolam renang yang tampak bersih, bening dan berwarna biru ternyata memiliki bahaya tersendiri. Hal ini karena adanya kandungan kaporit atau kalsium hipoklorit yang merupakan senyawa berbentuk padatan putih yang siap didekomposisi didalam air untuk melepaskan klorin dan oksigen. Kalsium hipoklorit ini biasanya digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan, dan umuny asenyawa tersebut juga biasa digunakan sebagai pemutiih kertas dan tekstil di dunia perindustrian.

Setidaknya ada 5 bahaya minum air dikolam renang yang bisa Anda alami setelah berenang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa bahaya meminum air kolam.

1. Penyakit Cacing

Bahaya Menelan Air Kolam Renang, anak minum air kolam renang, bayi terminum air kolam renang, efek terminum air kolam renang, efek terlalu sering berenang, badan anak panas setelah berenang, bahaya berenang saat menstruasi, cara mengobati alergi air kaporit, air kolam renang biasanya mengandung
Menelan air kolam renang dapat membuat kita cacingan – Diminimalis.com

Dampak negatif pertama yang bisa didapatkan dari meminum air kolam adalah penyakit cacing atau yang sering disebut cacingan. Cacing yang berada dikolam renang pada dasarnya tidak hanya menular melalui mulut saja akan tetapi juga bisa melalui kulit. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus tetap berhati-hati saat berada dikolam renang.

Dengan kata lain, kita harus berusaha agar air tersebut benar-benar tidak tertelan saat bermain atau berenang di kolam renang. Selain itu, kita juga perlu membilas dengan bersih setelah selesai berenang atau bermain dikolam renang. Hal itu bisa membebaskan kita dari kuman dan cacing.

2. Diare

Selain cacingan, efek negatif lain yang sering dijumpai adalah diare. Diare ini bukanlah hal yang baru lagi karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan air kolam renang terdapat berbagai bakteri yang bisa menyerang pada usus sehingga membuat kita terserang diare.

Terlebih adanya bakteri E.Coli atau Eschericia Coli yang menjadi penyebab seseorang terjangkit diare. Bakteri tersebut juga cukup berbahaya jika tidak ditangani secara mendalam. Oleh karena itu, tetap siaga agar tidak membuka mulut didalam kolam renang adalah tips wajib untuk dilaksanakan.

3. Disentri

Hal mmembahayakan lain dari efek negatif meminum air kolam renang adalah terjangkitnya gejala disentri. Penyakit ini muncul karena disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella yang terdapat di kolam renang. Biasanya orang yang sudah terjangkit disentri akan merasa mual, demam, muntah, diare, kram hingga sakit kepala.

4. Diare Akut

Memelihara hewan
Air kolam renang dapat menyebabkan diare – diminimalis.com

Diare akut ini berbeda dengan diare biasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari jenis protozoa yang menyerang pada bagian usus. Beberapa gejala yang sering muncul dari penyakit ini adalah kram perut, kembung, sering buang air besar, muntah, pucat, dan sakit badan.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan penderita mengalami krisis gizi dikarenakan tubuh tidak mampu menyerap kebutuhan nutrisi makanan. Air tawar yang sama seperti air pada kolam renang juga bisa menyebabkan tumbuh kembangnya giardia enteritis, yang menjadi penyebab diare.

Oleh karena itu, untuk mencegah efek negatif menelan air kolam renang, ada baiknya Anda selalu berhati-hati saat berenang. Meskipun terlihat bersih dan jernih kalian perlu waspada agar air tersebut tidak tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

5. Penyakit Kuning

Bahaya lainnya yang disebabkan dari tertelannya air kolam renang adalah penyakit kuning. Penyakit ini muncul karena disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri leptospira yang mana bakteri tersebut akan menyerang hati sehingga fungsinya akan menurun. Kadar bilirubin di hati juga akan meningkat sehingga kulit tubuh akan menjadi kuning terutama pada bagian putih mata.

Selain itu, bakteri leptospira juga terdapat pada air kencing tikus yang sudah terinfeksi dengan bakteri ini. Bakteri tersebut bisa hidup dan berkembang biak di kolam renang. Penyakit ini sangat berbahaya yang mana bisa merusak organ-organ dalam seperti hati dan ginjal.

6. Hepatitis A

Penyakit terakhir karena disebabkan kolam renang adalah hepatitis A. Penyebab penyakit ini biasanya adalah limbah air dari rumah tangga yang kerap menjadi pemicu wabah yang bisa menyebabkan penyakit hapititis A. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus yang sangat sulit sekali untuk diobati meskipun biotic sekalipun.
Semakin kotor keadaan air kolam dan dipakaia untuk berenang, maka semakin besar pula kemungkinan akan terserang penyakit hepatitis A

Demikianlah beberapa bahaya yang disebabkan akibat menelan air kolam renang. Selalu waspada sebelum berenang dan saat bermain air akan membantu Anda terhindar dari penyakit-penyakit tersebut(ck).

Leave A Reply

Your email address will not be published.