Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

5 Bahan Insulasi Atap Yang Hemat Energi Untuk Rumah Minimalis Anda

contoh bahan insulasi atap - diminimalis.com

Untuk bisa mendinginkan suhu di dalam ruangan dengan baik dibutuhkan bahan insulasi atap yang memiliki kualitas baik untuk mencegah panas berlebih. Baiknya kualitas bahan insulasi tentunya akan menjadikan suhu di dalam rumah Anda nyaman dalam waktu yang lama. Ditambah juga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi dalam waktu dekat dikarenakan cepat rusaknya bahan insulasi.

Bahan insulasi atap
contoh bahan insulasi atap – diminimalis.com

Memiliki hunian yang nyaman pastilah dambaan semua orang. Kenyamanan ini bisa diartikan salah satunya dengan hunian yang memiliki suhu ruangan sejuk meskipun suhu di luarnya sangat panas. Pemanasan global memang sangat berpengaruh dengan kondisi hunian yang panas namun dengan isulasi peredam panas ini dapat mengurangi dampak buruk tersebut.


5 bahan insulasi atap yang biasa digunakan

Dengan perkembangan teknologi yang cepat hai ini banyak sekali bermunculan bahan insulasi yang hadir di pasaran bisa Anda pilih. Semakin tepat Anda dalam menentukan bahan untuk insulasi atap rumah tentunya akan menjadikan rumah semakin nyaman untuk ditinggali. Berikut ini ulasan singkat mengenai bahan-bahan insulasi yang bisa Anda gunakan untuk atap rumah.

Glasswool

Glasswool biasanya dihasilkan dari serat fiberglass yang telah melalui proses olah tertentu. Bahan ini sering digunakan juga pada pabrik ataupun studio musik dikarenakan kemampuannya dalam meredam suara. Jadi jika atap rumah Anda menggunakan glasswool akan lebih kedap suara dan tentunya akan membuat terasa nyaman.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis Obat Kolam Renang untuk Merawat Kolam Renang Minimalis Anda

Bahan glasswool sangat tidak kedap air dan juga bisa menjadi sarang serangga dan tikus bila sudah ada lapisan yang terbuka. Oleh karena itu pemasangannya harus baik dan juga pengecekan wajib Anda lakukan. Usahakan juga tidak terjadi kontak langsung dengan bahan ini karena bisa mengganggu kesehatan Anda jika terpapar dalam waktu lama.

Polyester

Polyester merupakan hasil dari olahan serat sintesis. Bahan ini memiliki usia pakai yang cukup panjang dan juga baik dipakai untuk bahan insulasi atap. Bahannya yang ringan akan memudahkan Anda dalam pemasangannya. Sifatnya yang ramah lingkungan juga akan menjadikan hidup Anda lebih baik. Namun bahan polyester memiliki sifat mudah terbakar sehingga harus hati-hati dalam penggunaannya.

Aluminium Foil

Bahan insulasi yang satu ini paling efektif dalam menguraikan panas. Anda hanya memerlukan beberapa lembar saja yang menutup keseluruhan atap untuk menghasilakan suhu ruangan yang dingin. Bahan ini juga mampu memantulkan sinar ultraviolet dengan baik dan juga bisa difugsikan sebagai peredam suara. Kekurangannya terletak pada harganya yang mahal sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kondisi kantong jika menginginkannya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Desain Gerbang Minimalis yang Sesuai dengan Tema Eksterior Rumah Bagian Depan

Bubble Foil

Bahan ini merupakan gabungan dari cara pemindahan panas secara radiasi, konveksi dan konduksi. Bubble foil sering digunakan oleh NASA dalam proyek luar angkasanya untuk menjaga kru pesawat dari ekstrimnya suhu di luar angkasa. Bahan yang tidak mudah terbakar dan juga sangat kuat tentunya akan menjadikan jaminan awet dan terjaganya suhu di dalamnya.

Bahan insulasi atap
Polyurethane Foam untuk bahan insulasi – diminimalis.com

Polyurethane Foam

Bahan polyurethane merupakan hasil dari pencampuran antara polyol dan isocyanate yang kemudian membentuk busa (foam). Bahan ini memiliki daya rekat yang baik pada semua jenis permukaan atap dan juga bisa masuk kedalam sudut-sudut yang sulit dijangkau pada atap sehingga sangat efektif digunakan sebagai bahan insulasi atap rumah Anda.

Demikianlah ulasan kita mengenai bahan-bahan insulasi atap yang bisa menghemat energi sehingga bisa mengurangi pengeluaran Anda. Mudah-mudahan bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: rumah hemat energi

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.