Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bagaimana Membuat Sajian Kopi Terbaik dan Aneka Variannya?

Sajian kopi ala cafe bisa Anda racik sendiri asal paham caranya - diminimalis.com

Bagaimana membuat sajian kopi terbaik? Akan ada beragam jawaban dari pertanyaan ini, mengapa? Rasa kopi terbaik itu relatif. Karena “Setiap sajian kopi memiliki karakter yang mewakili kepribadian orang”, ini adalah quote dari ucapan Ben, dalam film “Filosofi Kopi”. Meski ini Ben adalah tokoh cerita fiksi, tapi apa yang diucapkannya memang benar.

Bagaimana Membuat Sajian Kopi Terbaik, aneka resep kopi, cara meracik kopi yang benar, cara membuat kopi cappucino
Sajian kopi ala cafe bisa Anda racik sendiri asal paham caranya – diminimalis.com

Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Kopi memiliki cita rasa yang unik sehingga siapa saja yang meminumnya ingin selalu meminumnya lagi dan lagi. Selama ini orang selalu menganggap bahwa kopi merupakan minuman penghilang kantuk. Pernyataan ini memang ada benarnya, namun tidak semua orang yang meminum kopi bisa terhindar dari rasa kantuk. Ini akan tergantung dari kadar kafein dan jenis sajian kopi apa yang Anda minum.

Cara kerja kopi untuk mencegah kantuk didapat dari efek kopi yang dapat menstimulus sistem metabolisme dan syaraf, Hal inilah yang membuat kita tertahan dari rasa ngantuk. Tentunya masih ada zat-zat lain yang terkandung dalam kopi yang membawa efek samping.

Kopi merupakan tanaman asli Afrika. Setelah penemuan kopi inilah, sekarang seluruh dunia telah mengenal apa itu minuman kopi bahkan di Indonesia sendiri ada petani kopi sendiri di beberapa daerahnya. Selain itu, kopi juga tak jauh dari sejarah Belanda ketika menjajah Indonesia. Di mana kopi pertama kali ada di Indonesia berkat dibawa langsung oleh para Belanda.

Kopi yang tersebar di Indonesia terbagi menjadi 3 jenis varian, yaitu Arabika, Robusta dan Excelsa. Kopi Arabika merupakan kopi yang paling banyak tersedia dan diekspor ke mancanegara. Jenis Arabika memiliki ciri khas yang pahit namun rasanya mantap. Sedangkan Jenis Robusta memiliki rasa yang agak asam dengan aroma yang kuat. Untuk jenis Excelsa persediannya tidak sebanyak Arabika dan Robusta, ciri khas jenis kopi ini ada pada aromanya yang khas.dan sedap.

Bagaimana Membuat Sajian Kopi Terbaik ala Cafe?

Bagi Anda yang ingin membuat sajian kopi terbaik, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba dirumah:

1. Cappucino

Meracik Kopi ala Cafe, Meracik Kopi ala Cafe, resep kopi espresso
kopi cappucino – diminimalis.com

Banyak sekali penggemar minuman kopi yang satu ini salah terlebih anak muda. Cappucino sebenarnya memiliki 3 komposisi utama yaitu : espresso, susu, dan juga foam. Kopi cappucino akan lebih nikmat bila dipadukan dengan bahan lain seperti cincau.

2. Espresso

Kopi espresso merupakan kopi yang dibuat dengan mesin brewing khusus. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan biji kopi ke dalam mesin beserta dengan airnya. Setelah itu kopi akan keluar bersama dengan airnya. Untuk membuat kopi yang baru maka mesin harus dibersihkan dari ampas kopi sebelumnya.

3. Cafe Latte

Kopi yang satu ini merupakan kopi yang berasal dari Amerika. Cafe latte dibuat dengan komposisi sepertiga espresso dan dua pertiga susu. Lalu ditambah dengan foam sedikit.

4. Macchiato

Macchiato merupakan kopi dengan komposisi espresso dengan ditambah sedikit susu sehingga diatasnya terkesan tidak diaduk.

5. Kopi Tubruk

Kopi jenis ini dibuat dengan cara yang tradisional sehingga kopinya masih ada butiran-butiran halus kopi. Kopi ini yang dikenal efektif mencegah kantuk bila disajikan dalam keadaan panas dan kental.

6. Kopi Tutu

Kopi ini dibuat dengan cara tradisional yaitu ditumbuk. Selanjutnya kopi yang ada akan direbus bersamaan dengan gula dan air, kemudian dihidangkan dengan wadah yang terbuat dari gerabah atau rantang sesuai selera.

7. Americano

Yang terakhir adalah kopi Americano. Sajian kopi ini yang memiliki komposisi seperti espresso ditambah air dengan volume lebih banyak. Biasanya kopi Americano disajikan dengan gelas yang berukuran besar.
Demikian ulasan kami tentang bagaimana membuat sajian kopi terbaik yang bisa Anda coba dirumah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.(ls)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.