Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

AYAH- BUNDA, JANGAN SIA-SIAKAN MASA MUDA ANAK-ANAK KITA

Anak adalah tanggung jawab dari orang tua, baik itu ayah maupun ibu. Ia wajib mendapatkan kasih sayang, pendidikan, perhatian, kebersamaan, serta berbagai bentuk tanggung jawab lainnya. Alangkah berdosanya manakala orang tua mengabaikan hal ini, sehingga menjadikan anaknya terlantar di rumahnya sendiri.

Dewasa ini, dengan berbagai alasan seperti tidak ada waktu karena kesibukan di luar rumah, sudah menyediakan guru privat atau alasan lainnya, membuat orang tua merasa ringan meninggalkan kewajiban mendidik anak-anaknya. Mereka berpikiran bahwa itu semua cukup menggantikan tanggung jawabnya dalam mendidik anak. Seharusnya mereka menyadari bahwa pendidikan anak tidak sekedar melalui jalur formal. Ada pendidikan yang harus ditunaikan oleh orang tua, yaitu pendidikan yang didasari atas perasaan cinta dan kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

AYAH BUNDA JANGAN SIA-SIAKAN MASA MUDA ANAK-ANAK KITA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
AYAH BUNDA JANGAN SIA-SIAKAN MASA MUDA ANAK-ANAK KITA #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Mengabaikan pendidikan anak merupakan perkara yang dibenci Allah. Ia akan dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Barangsiapa yang mengabaikan anaknya dan mencelanya di dunia ini, maka Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi akan membongkar cacatnya di hari kiamat di hadapan saksi sebagai balasan yang serupa.”
(HR. Ahmad dan Thabrani).

Balasan untuk orang tua yang tidak melaksanakan kewajibannya memberi pendidikan yang baik

Ibnu Qayyim Rahimahullah mengatakan, “Siapa saja yang mengabaikan pendidikan anaknya dalam hal-hal yang berguna baginya, lalu ia membiarkan begitu saja, berarti telah berbuat kesalahan besar. Mayoritas penyebab kerusakan anak adalah akibat orang tua yang mengabaikan mereka, serta tidak mengajarkan kewajiban-kewajiban dan sunnah-sunnah agama. Lalu menyia-nyiakan anak ketika kecil sehingga mereka tidak bisa mengambil keuntungan dari diri mereka, dan merekapun tidak bisa memberikan manfaat kepada ayah mereka ketika mereka dewasa. Maka ada sebagian anak yang menyalahkan ayahnya sendiri atas tindakannya dalam mendurhakai orang tuanya dengan mengatakan, ‘Ayah, engkau telah berbuat jahat terhadapku ketika aku kecil. Kini akupun membalas mendurhakaimu ketika dewasa. Engkau telah menyia-nyiakanku ketika aku kecil, kini akupun mengabaikanmu ketika engkau sudah tua renta’.”

Beliau juga menegaskan, “Sebagian ulama mengatakan bahwa Allah akan meminta pertanggungjawaban setiap orang tua terhadap anaknya pada hari kiamat sebelum si anak sendiri meminta pertanggungjawaban kepada orang tuanya. sebagaimana seorang ayah itu mempunyai hak atas anaknya, maka anakpun mempunyai hak atas ayahnya.

Jika Allah Ta’ala berfirman,

‘Kami wajibkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya,’

maka di samping itu Allah juga berfirman,

‘Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang berbahan bakar manusia dan batu’.”

balasan bagi orang tua mengabaikan anak #rumahkusurgaku - diminimalis.com
balasan bagi orang tua mengabaikan anak #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Sudah menjadi sunnatullah bahwa anak lahir belum dibekali kemampuan berpikir layaknya orang dewasa yang bisa membedakan baik dan buruk. Mereka adalah pembelajar dan peniru yang ulung terhadap apa yang ada di sekitarnya. Itulah sebab menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik dan mengajarkan anak (pentingnya mengajarkan anak mencintai Alquran) dengan baik dan benar sesuai ketentuan syar’i. Maka jangan pernah sia-siakan masa kecil anak kita, dengan memberinya pendidikan di rumahnya. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.