Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Atap asbes untuk rumah minimalis? Kenali kelebihan dan kekurangannya !

Atatp asbes memiliki bobot yang ringan dan mudah di pasang - diminimalis.com

Atap asbes banyak digunakan masyarakat karena kelebihannya. Atap asbes merupakan jenis atap rumah yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Seperti namanya, atap ini terbuat dari asbes/asbestos, yakni suatu bijih mineral alami yang diolah sedemikian rupa dan menjadi suatu bahan bangunan yang siap untuk digunakan. Asbes memiliki tekstur halus berserat dan kasat mata dengan berat yang sangat ringan.

atap asbes, atap asbes biar tidak panas, macam macam asbes
Atatp asbes memiliki bobot yang ringan dan mudah di pasang – diminimalis.com

Atap asbes sebagai pelindung rumah minimalis Anda

Beberapa kelebihan dari atap asbes yang akan Anda dapatkan :

1. Harga Yang Murah

Banyak orang yang lebih memilih atap berbahan asbes dibandingkan dengan genteng karena faktor harga lebih murah. Anda bisa mendapatkan asbes dengan harga yang terjangkau dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan yang ada di sekitar rumah Anda.

atap asbes, atap asbes biar tidak panas, macam macam asbes
bangunan yang menggunakan atap asbes yang mudah di susun – diminimalis.com

2. Mudah Dipasang

Atap asbes mudah dipasang sehingga Anda bisa menghemat ongkos pemasangan, bahkan Anda bisa memasangnya sendiri jika Anda mau. Selain itu, atap ini juga tidak perlu diberikan perawatan yang khusus untuk menjaga keawetannya.

3. Bobotnya Relatif Ringan

Atap ini juga relatif ringan sehingga Anda tidak membutuhkan banyak penyangga untuk memasang atap ini. Bobot yang ringan akan memudahkan Anda bila ingin memasang atau memindahkannya.

Kekurangan Atap Asbes:

1. Desain Yang Tidak Variatif

Atap ini tidak mempunyai desain yang menarik walaupun dengan tampilan yang itu-itu saja. Berbeda dengan genting yang bisa Anda cat sesuai warna yang Anda inginkan. Bahkan sudah banyak genting yang dijual dengan warna-warna yang indah.

2. Efek Dari Karbonnya

Asbes dibuat menggunakan bahan karbon. Apabila terkena panas atau hujan yang berlebih, akan terjadi reaksi kimiawi yang dapat membahayakan kesehatan anggota keluarga Anda dirumah. Asbes dapat memberi dampak buruk dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan asbetosis, kanker paru-paru, dan mesothelioma. Namun, Anda bisa mengantisipasinya dengan memasang plafon di bawah atap asbes tersebut.

3. Tidak Dapat Menyerap Panas

Atap asbes tidak cocok digunakan di area pemukiman bersuhu panas. Hal ini dikarenakan atap berbahan asbes tidak mampu menyerap panas. Untuk mencegah suhu panas turun ke dalam ruangan, alangkah baiknya Anda melapisi rangka atap menggunakan aluminium foil yang terbukti dapat menangkap panas secara efektif.

4. Mudah Patah

Asbes mudah sekali patah atau rapuh, sehingga saat Anda harus hati-hati saat memasangnya. Sebaiknya Anda menyerahkan proses pemasangan ini kepada ahlinya, bila Anda ragu bisa memasangnya sendiri.

Demikian ulasan kami tentang atap asbes untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat aluminium foil untuk yang dapat melindungi ruangan dari panas sinar matahari di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Fungsi aluminium foil sebagai isolasi atap bangunan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.