Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Arti Kode Plastik pada Perabot Rumah Tangga Anda

Kode plastik dan istilahnya - diminimalis.com

Arti kode plastik pada perabot rumah tangga yang kita gunakan seharusnya penting untuk dihafal dan dipahami. Karena setiap kode menandakan bahan plastik yang kita gunakan dengan kriteria pemakaiannya. Ada kode yang bisa digunakan untuk menempatkan makanan atau minum untuk sekali pakai, beruanga kali atau sama sekali tidak boleh.

arti kode plastik, arti kode kemasan plastik, kode plastik dan contohnya
Kode plastik dan istilahnya – diminimalis.com

Arti kode plastik pada perabot rumah tangga Anda

Kali ini diminimalis akan mengulas tentang arti dari kode-kode profuk furniture plastik dengan masing-masing kriteria dan penjelasannya supaya Anda dapat menggunakannya dengan tepat.

1. Tanda logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya serta tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga.

Biasanya ada pada botol plastik transparan seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. BOTOL JENIS PET/PETE ini direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

2. Logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga.Biasa dipakai untuk pada tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena tidak akan memberi reaksi pada makanan atauminuman yang dikemasnya.

3. Logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dan angka 3 di tengahnya, ada tulisan V.
V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (kresek). Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal dan hati. Sebaiknya kita menghindari plastik jenis ini untuk membungkus makanan.

4.Logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE.
LDPE (low density polyethylene) dibuat dari minyak bumi.Biasa digunakan untuk tempat makanan dan plastik kemasan. Plastik LDPE memiliki sifat fleksibel dan permukaan agak berlemak.

Pada suhu di bawah 60 derajat celsius sangat rentan terhadap senyawa kimia, namun daya proteksinya terhadap uap air tergolong baik. Plastik ini sulit dihancurkan tapi dapat didaur ulang. Bahan ini baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan.

arti kode plastik, arti kode kemasan plastik, kode plastik dan contohnya
pastikan kode plastik pada kemasan makanan Anda masuk dalam kategori aman – diminimalis.com

5. Logo daur ulang dengan angka 05 atau PP (Polypropylene atau Polypropene).PP dalah bahan terbaik untuk tempat makanan dan minuman. Ciri fisiknya adalah mengkilat, transparan tetapi tidak jernih. Biasanya digunakan untuk gelas plastik, tutup botol, mainan anak dan lain sebagainya.

6. Logo daur ulang dengan angka 06 atau jenis PS (Polystyrene).
PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini tidak cocok digunakan sebagai pembungkus makanan, karena berbahaya untuk kesehatan otak dan mengganggu hormon estrogen pada wanita.

7. Logo daur ulang dengan angka 07 atau Other (O).Istilah other mengartikan bahwa plastik jenis ini terbuat dari bahan selain bahan dari no 01 – 06 di atas. Plastik jenis 7 (Other) memiliki 4 jenis, yaitu PC – polycarbonate, SAN – styrene acrylonitrile, ABS – acrylonitrile butadiene styrene, dan Nylon. Kode other dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan. Bahan ini aman untuk digunakan sebagai tempat menyimpan makanan.

Demikian ulasan kami tentang arti kode plastik pada perabot rumah tangga Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang furniture plastik yang bisa ditempatkan di berbagai interior rumah Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Furniture plastik yang bisa ditempatkan di berbagai interior rumah Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.