Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Area Bermain Outdoor dan Bagaimana Cara Merancangnya

area bermain outdoor yang penuh warna yang indah - diminimalis.com

Area bermain outdoor penting untuk Anda buat demi mendukung fase pertumbuhan buah hati Anda. Bermain merupakan salah satu cara untuk melatih kecerdasan sekaligus perkembangan motoriknya. Oleh sebab itu, membangun tempat bermain (playground) di samping rumah memang sangat dianjurkan. Karena disanalah anak-anak dapat bermain tanpa perlu khawatir akan keamanan dan keselamatannya.

area bermain outdoor, prinsip penataan area bermain outdoor, area bermain outdoor anak yang aman
area bermain yang cocok untuk anak usia balita – diminimalis.com

Area bermain outdoor yang ideal di samping rumah minimalis

Mungkin, tak banyak rumah-rumah yang memiliki taman bermain anak di sekitar rumah mereka. Padahal, anak-anak pada usia tertentu sangat dianjurkan untuk bermain dan beraktifitas di luar ruangan. Dengan demikian, hal-ini dapat merangsang pertumbuhan dan memungkinkan mereka bersosialisasi dengan teman-teman.


Selain itu, bermain di luar ruangan memungkinkan anak-anak untuk lebih dekat dengan alam sekitar. Maka dari itu, keberadaan taman bermain anak merupakan hal yang penting untuk dibangun di samping rumah minimalis Anda. Dengan memiliki taman bermain di rumah juga memberikan manfaat tersendiri. Contohnya, Anda tak perlu membawa anak Anda ke pusat perbelanjaan atau taman hiburan setiap kali anak Anda ingin beraktifitas di luar ruangan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Fasad Batu Alam Menjadikan Rumah Minimalis Anda Tampak Gagah

Bila Anda berencana ingin mendirikan area bermain outdoor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah:
1. Buat perkiraan untuk area yang akan Anda gunakan sebagai taman bermain

Ukur dan tentukan lokasi taman bermain untuk buah hati Anda. Pertimbangkan pula apakah taman ini akan ditempatkan di samping atau belakang rumah. Pilih lokasi yang aman dan dan mudah dipantau dari dalam rumah.

Aera bermain outdoor, Desain Taman Bermain Outdoor, contoh Taman Bermain anak, Desain Taman Bermain anak
letakkan setiap wahana permainan sesuai rancangan yang sudah ditentukan – diminimalis.comarea bermain outdoor

2. Letakkan setiap wahana permainan sesuai sketsa yang telah ditentukan

Setelah landscape taman bermain sudah dibuat sesuai sketsa awal, tempatkan fasilitas permainan sesuai posisinya. Letakkan wahana permainan satu demi satu dan pisahkan antar jenis permainan tersebut supaya tidak saling berdekatan. Beri jarak beberapa meter spuaya anak Anda dan teman-temannya bisa bergerak leluasa di sana.

3. Berikan Peneduh

Baca juga artikel menarik berikut >>  Septic Tank Biotech Sanitasi Ramah Lingkungan untuk Rumah Anda

Sebaiknya Anda memberika naungan di antara tempat bermain. Idealnya naungan tersebut berupa pohon peneduh atau kanopi. Peneduh ini bermanfaat untuk melindungi buah hati Anda dari terik matahari atau hujan.

4. Pasang setiap jenis permainan sesuai instruksi

Karena kebanyakan wahana bermain bertipe bongkar pasang, maka sebelum dapat digunakan, wahana permainan tersebut harus dipasang dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan. Hal ini untuk menghindari resiko kecelakaan saat bermain bagi buah hati Anda. Bila wahan permainanan tersebut terbuat dari bahan besi, pastikan antar penghubung besi-besinya telah dikaitkan cukup kuat supaya aman ketika digunakan.

Demikian ulasan kami tentang cara membangun area bermain outdoor untuk buah hati Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang galeri taman bermain outdoor pada rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Desain taman bermain outdoor yang cocok untuk buah hati Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.