Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Aplikasi Batik dalam Interior, Cocok untuk Dekorasi Rumah Minimalis Anda

furnitura klasik dengan ornamen batik, menambah kesan kolosal yang indah - diminimalis.com

Aplikasi batik dalam interior bisa diterapkan pada media apa pun, baik pada bidang berupa kain maupun furniture. Motif batik dapat didesain pada taplak meja, sofa atau aksesori lain di dalam ruangan. Motif, pola, dan warna batik inilah yang membuat ruangan interior Anda akan terlihat cantik dan mempesona.

batik dalam interior, aplikasi batik dalam interior, dekorasi menggunakan kain batik
furnitura klasik dengan ornamen batik, menambah kesan kolosal yang indah – diminimalis.com

Aplikasi batik dalam interior rumah minimalis

Bila Anda berminat untuk menggunakan batik sebagai salah satu aksen dalam interior rumah, perhatikan padu-padan atau komposisi warna yang digunakan. Untuk menambahkan kesan ceria, Anda dapat menggunakan batik berwarna cerah. Sementara untuk motif, bila ingin menghadirkan kesan yang kekinian, pilihlah motif yang cenderung modern.


Kain batik sendiri dapat dibingkai dan dipajang sebagai hiasan atau aksesori dalam ruangan. Motif dan polanya sudah memungkinkan untuk membuat ruangan terlihat cantik dan penuh warna. Motif batik juga tidak harus berdiri sendiri, Anda dapat menggabungkan dengan unsur-unsur western, atau sekadar memadukannya dengan kain polos. Kesan dan tampilan yang dihasilkan tentu akan berbeda dengan penggunaan motif tanpa sentuhan modifikasi unsur lain.

batik dalam interior, aplikasi batik dalam interior, dekorasi menggunakan kain batik
ruang santai dengan sentuhan ornamen batik membuat suasana semakin indah – diminimalis.com

Pertimbangkan pula gaya atau tema ruangan, serta sesuaikan pilihan motif dan warna yang digunakan. Untuk menghindari kesan terlalu ramai, motif batik tidak harus ditempatkan dalam keseluruhan ruangan. Meski batik dapat diletakkan di mana saja, tetapi sebagai bentuk penghargaan dan kesopanan, akan lebih baik jika ornamen batik tidak ditempatkan di lantai.

Untuk lebih mempercantik sebuah interior ruangan, motif batik bisa digali lagi untuk menambah atmosfer etnik dari sebuah bangunan yang kini sedang digemari. Motif batik tersebut bisa disesuaikani dengan dinding, plafon, furnitur, pencahayaan atau asesoris pendukung lain. Penerapan pola batik lainnya juga bisa Anda terapkan pada teralis jendela, partisi pembatas antar ruangan, atau benda-benda lain sebagai menghiasi dinding.

Untuk tampilan interior bergaya etnik konteporer, padu padan motif batik dengan elemen modern perlu dijaga agar tetap proporsional sehingga kesan etniknya tidak terlalu “kuat atau mendominasi”. Misal pada satu ruangan duduk bergaya modern, motif batik hanya perlu diterapkan pada pola wallpaper dan pernak-pernik penghias meja, sehingga kesan modern ruangan tersebut tetap menonjol.

Demikian ulasan kami tentang aplikasi batik dalam interior rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait galeri ornamen batik di dalam interior minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Batik dalam Interior, membuat ruangan minimalis Anda semakin manis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.