Inilah Aplikasi Android yang Cocok untuk Anak dan Aman Dimainkan

Ada banyak aplikasi edukatif di android yang sebaiknya dikenalkan pada anak Anda - Diminimalis.com

Memberikan gadget kepada anak memang bukan pilihan yang salah ketika diisi dengan aplikasi yang tepat. gadget canggih seperti ponsel pintar atau tablet memang sangat mudah diisikan berbagai aplikasi android yang cocok untuk anak, dan menariknya bisa didapatkan secara gratis. Asalkan anak diizinkan mengenal gadget untuk mengakses aplikasi yang memang tepat, maka penggunaan gadget tidak akan berdampak buruk.

Perlu diketahui, jumlah aplikasi di playstore sangatlah banyak. Sebagai portal aplikasi resmi dari android, tak jarang didapati adanya aplikasi yang kurang pas dan bahkan berbahaya untuk anak. Maka dari itu, sebaiknya para orangtualah yang mencarikan aplikasi android yang cocok untuk anak.

 Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Anak, aplikasi untuk anak 2 tahun, aplikasi anak islami android, aplikasi belajar anak usia dini, game android untuk anak sd, game anak android populer, aplikasi edukasi anak
Ada banyak aplikasi edukatif di android yang sebaiknya dikenalkan pada anak Anda – Diminimalis.com

3 Jenis Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Anak

Secara garis besar, terdapat 3 jenis aplikasi android untuk anak yaitu aplikasi edukati, hiburan, atau penggabungan antara keduanya. Untuk aplikasi edukatif, memiliki isi yang hanya menekankan anak untuk belajar berhitung, membaca, belajar agama, atau hanya sekadar menghafal warna. Untuk aplikasi hiburan, tentu saja berupa sebuah aplikasi permainan yang tidak terlalu berat untuk dimainkan anak namun tetap menghadirkan keseruan. Sedangkan untuk penggabungan keduanya tentu berupa aplikasi yang tampak seperti aplikasi pemainan namun mengandung esensi belajar.

Ketiga aplikasi android tersebut sangat mudah didapatkan di playstore. Anda bisa mencarinya sendiri menggunakan fitur kategori atau fitur pencarian. Namun yang perlu diingat adalah baca terlebih dahulu deskripsi aplikasi yang akan diunduh. Bahkan, setelah terunduh sempurna perlu juga Anda coba terlebih dahulu agar bisa benar-benar memastikan aplikasi tersebut cocok untuk anak-anak.

Selain itu, ketiga jenis aplikasi yang cocok untuk anak pun memiliki tingkatan berbeda-beda. Ada aplikasi yang cocok untuk usia 2-3 tahun, ada pula untuk usia diatasnya yang tentu sudah lebih mampu untuk berpikir. Kepandaian Anda memilih aplikasi sesuai dengan umur dan kemampuan anak akan membuat mereka menjadi mendapatkan manfaat dari aplikasi yang telah diunduh.

Daftar Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Anak

Untuk Anda yang ingin tahu apa saja aplikasi yang cocok untuk anak, berikut ini akan ditampilkan beberapa contohnya:

• LEGO DUPLO

 Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Anak, aplikasi untuk anak 2 tahun, aplikasi anak islami android, aplikasi belajar anak usia dini, game android untuk anak sd, game anak android populer, aplikasi edukasi anak
Aplikasi Lego Duplo – Diminimalis.com

Aplikasi LEGO DUPLO sangat cocok untuk anak karena merangsang kreatifitas. Di dalamnya, pemain akan diminta untuk membuat dan memilih gerbong kereta, jembatan, dan sebagainya dengan bentuk lego yang bisa dibongkar pasang sesuka hati. Aplikasi ini juga sangat menarik untuk anak karena terlihat penuh warna dan memiliki bentuk serta karakter yang menggemaskan.

• Carnival of Animals

Aplikasi ini akan membuat anak mudah untuk mengenal bentuk dan nama hewan karena dilengkapi dengan latar musik yang menarik. Adanya musik yang merangsang anak untuk mau belajar dan bermain tentu saja merupakan pilihan yang tepat sehingga anak-anak terutama usia 2-4 tahun bisa merasa betah menggunakan aplikasi ini.

• Number & Addition! Math Games

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan membuat anak mulai mengenal angka dan penjumlahan. Dalam aplikasi ini, pelajaran matematika dasar tidak akan terasa sulit dan membosankan lantaran memiliki tampilan yang sangat menarik dengan karakter kartun yang lucu. Aplikasi ini pun merupakan aplikasi edukasi yang dibalut dengan model permainan sehingga menarik perhatian anak-anak.

• Wood puzzle block

 Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Anak, aplikasi untuk anak 2 tahun, aplikasi anak islami android, aplikasi belajar anak usia dini, game android untuk anak sd, game anak android populer, aplikasi edukasi anak
Aplikaso wood puzle block – diminimalis.com

Aplikasi ini terbilang cukup susah untuk anak tetap merangsang kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Namun, aplikasi ini baru cocok untuk anak usia 6 tahun atau diatasnya. Puzzle di aplikasi ini tidak memiliki tampilan yang menarik yang khas aplikasi anak tetapi bisa memaksa anak untuk terus membuat mengasah otaknya.

• Aplikasi Marbel

Terdapat banyak aplikasi Marbel yang sangat cocok untuk anak seperti Marbel Belajar Warna, Marbel Belajar Musik, Marbel Belajar Flora, Marbel Belajar Warna dan Marbel Belajar Buah. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sifatnya edukatif sesuai dengan judulnya. Di dalam aplikasi buatan Indonesia ini, proses belajar anak didesain sangat menarik sehingga anak tidak akan bosan untuk belajar.

• 10 Monkeys Multiplication

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi belajar terutama belajar berhitung dengan tampilan karakter monyet yang menggemaskan. Proses menguji seberapa jauh anak untuk berhitung pun dibuat dengan permainan demi membebaskan monyet dari kerangkeng.

• Sweet Home 3D

Untuk anak usia sekolah dasar yang sudah terlihat senang dengan desain rumah atau menggambar rumah, maka bisa diberikan aplikasi Sweet Home 3D. Aplikasi desain rumah ini sejatinya bukan merupakan aplikasi khusus untuk anak-anak namun sangat cocok karena ringan, mudah digunakan, dan tampilan 3D yang menarik. Di sana, Anda bisa juga mengajarkan berbagai model desain rumah misalnya saja rumah minimalis kepada anak yang sudah tertarik merancang rumah.

• Coloring Book

Aplikasi ini sesuai namanya, berupa aplikasi mewarnai virtual untuk anak-anak. Aplikasi ini dapat membangkitkan minat untuk mengasah kreativitas akan lebih mudah lantaran hanya tinggal menggerakan jari saja. Apliksasi ini juga tidak akan membuat Anda kehilangan banyak kertas ketika ingin terus membelajarkan anak tentang warna terutama untuk anak usia 2-3 tahun.

Itulah tadi beberapa contoh aplikasi yang bisa Anda unduh untuk diberikan kepada anak. Sebagai tambahan, matikan terlebih dahulu sinyal internet atau mobile data dari gadget Anda ketika diberikan kepada anak agar tidak muncul iklan yang bisa jadi tidak pantas ditonton oleh mereka. Dengan begitu, berbagai aplikasi android yang cocok untuk anak tadi akan sangat aman digunakan. Jangal lupa, Anda juga perlu paham bagaimana mengkondisikan anak agar tidak kecanduan gadget, dan dapat menyeimbangkan anatar bermain dan belajar di rumah, selamat mencoba!(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.