Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam?

demi keamanan rumah minimalis Anda, ada beberapa tindakan yang harus sekeetika dilakukan saat listrik mendadak padam - diminimalis.com

Apa yang sebaiknya dilakukan saat listrik padam? tentu saja banyak. Namun Anda perlu melakukan beberapa hal krusial yang layak diprioritaskan demi menjaga keamanan rumah dan keluarga Anda dari bahaya akibat padamnya listrik di rumah atau komplek Anda. Terkadang ada bagi sebagian orang saat mengalami listrik padam, mereka hanya berdiam diri sambil menunggunya hingga kembali menyala karena takut kegelapan. Padahal ketika listrik padam ada banyak sekali potensi bahaya yang semestinya diantisipasi terlebih dahulu, sebelum kita melakukan apa yang nyaman menurut kita sembari menunggu listrik menyala kembali.

 Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam? , cara membuat penerangan saat mati lampu, saat mati listrik
demi keamanan rumah minimalis Anda, ada beberapa tindakan yang harus sekeetika dilakukan saat listrik mendadak padam – diminimalis.com

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam?

Berikut akan dijelaskan apa saja yang semestinya dilakukan ketika Anda mengalami situasi seperti ini:


 Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam? , cara membuat penerangan saat mati lampu, saat mati listrik
Tempatkan lilin ke beberapa tempat strategis di dalam rumah – diminimalis.com

1.Nyalakan Senter atau HP

Bila mendadak listrik padam pada malam hari, maka hal yang paling menjangkau untuk kita lakukan adalah menyalakan senter dari HP yang biasanya selalu kita bawa kemana-mana. Kemusian carilah senter lain atau menyalakan lilin ke beberapa titik sentral di rumah.

2. Ambil alat penerangan darurat

Jika Anda memiliki lampu LED maka Anda bisa menggunakannya untuk menerangi ruangan, namun jika Anda tidak memilikinya Anda bisa menggunakan lilin. Pastikan Anda menyimpan lampu LED dan lilin di tempat yang mudah terjangku sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika mencarinya.

3. Jangan membuka pintu ruangan yang sebelumnya sudah dingin karena AC

Agar ruangan yang sudah dingin karena AC tetap dingin, maka jangan sering-sering membuka pintu ruangan tersebut. Hal ini dikarenakan ruangan yang sudah dingin akan cepat menjadi panas ketika pintunya sering dibuka.

4. Pastikan pintu pagar dan rumah terkunci

Sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, maka Ana harus memastikan agar pagar dan pintu rumah Anda telah terkunci.

5. Mencari informasi terkait listrik padam yang terjadi

Cobalah untuk mencari informasi penyebab terjadinya listrik padam dan kira-kira sampai kapan hal ini akan berlangsung. Dengan begitu Anda bisa segera untuk menyiapkan berbagai hal yang perlu untuk Anda siapkan dalam menghadapi listrik padam ini.

6. Mengecek kondisi dapur

Ketika listrik padam, pastikan Anda tidak sedang memasak sesuatu di dapur, karena hal ini bisa menimbulkan potensi bahaya karena tidak adanya penerangan di dapur Anda, sehingga semua perlu dikondisikan dengan seaman mungkin. Pastikan Anda sudah mematikan kompor dan tidak sedang meletakkan sesuatu di atas kompor dalam keadaan kompor menyala.

Selain itu,  pastikan juga kulkas Anda tidak sampai meneteskan air dan mengakibatkan air tersebut mengalir ke mana-mana. Jangan lupa buka rice cooker Anda, hal ini dimaksudkan agar uap dari rice cooker Anda tidak tertahan di dalam dan meneteskan air pada nasi, supaya  nasi tidak menjadi lembek karena uap air tersebut.

Pada dasarnya apa yang sebaiknya dilakukan saat listrik padam bagi setiap orang akan memiliki jawaban yang sangat relatif berbeda-beda. Namun pada intinya apa saja yang dilakukan akan hampir sama antara yang satu dengan yang lainnya. Yang pasti Anda harus melalu berhati-hati dan waspada pada saat terjadi listrik padam. Jangan sampai Anda lengah untuk menjaga keamanan rumah Anda, pastikan keamanan rumah Anda tetap terjaga apa pun yang terjadi.

Kini Anda sudah mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan saat listrik padam,semoga apa saja yang telah dipaparkan di atas akan dapat bermanfaat bagi Anda. Silahkan untuk mempraktikkan berbagai penjelasan yang sudah dipaparkan di atas. Selamat mencoba dan tetaplah waspada, yang pasti jangan sampai Anda panik ketika sedang listrik padam. Cobalah tetap tenang dan lakukan apa yang harus dilakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.