Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Apa Itu Hidroponik? dan Apa Saja Kelebihannya untuk Anda?

hidroponik merupakan meotode menanam tanaman dengan banyak manfaat untuk rumah minimalis - diminimalis.com

Tahukah Anda apa itu hidroponik? Istilah hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu hydroponic, di mana hydro berarti air dan ponous artinya kerja. Sesuai arti kata ini, hidroponik merupakan salah satu cara bertanam yang menggunakan air, oksigen serta nutrisi. Bertanam hidroponik juga menjadi hobi sebagai pengisi waktu luang untuk sebagian orang. Bahkan, tak jarang pehobi hidroponik yang menjadikannya sebagai bisnis.

Apa Itu Hidroponik, Apa Itu Hidroponik dan aeroponik, contoh tanaman hidroponik
hidroponik merupakan meotode menanam tanaman dengan banyak manfaat untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Apa Itu Hidroponik? dan Apa Saja Kelebihannya?

Perbedaan paling menonjol yang ada di antara hidroponik serta budidaya konvensional ialah penyediaan nutrisi untuk tanaman. Jika pada budidaya konvensional tanaman akan menggantungkan tanah, namun dalam hidroponik tanaman bisa dikembangbiakkan tanpa media tanah. Yang digunakan dalam cara bertanam hidroponik terutama adalah air.


Banyak tanaman sayur dan buah-buahan yang bisa Anda tanam secara hidroponik. Di antaranya yang populer adalah timun, paprika, tomat serta berbagai sayuran hijau lainnya. Bertanam secara hidroponik bahkan telah menjadi tren saat ini. Jika Anda memang gemar bercocok tanam, maka tak ada salahnya untuk mengikuti tren ini. Apalagi jika Anda memiliki banyak waktu luang di rumah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis Jenis Anggrek Untuk Tanaman Hias Rumah Minimalis
Apa Itu Hidroponik, Apa Itu Hidroponik dan aeroponik, contoh tanaman hidroponik
pipa PVC merupakan salah satu saranna media hidroponok – diminimalis.com

Apa itu hidroponik? Sistem bertanam yang satu ini terutama akan sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan. Biasanya, di perkotaan kita akan sangat sulit menemukan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanam. Ada banyak jenis hidroponik yang ringkas dan bisa digunakan sehari-hari. Ini karena hidroponik bisa disusun dengan cara vertikal, salah satunya adalah jenis Nutrient Film Technique atau biasa disingkat NFT.

Cara bertanam hidroponik yang banyak diterapkan sekarang ini masih menggunakan jenis manual yang mahal. Termasuk di antaranya adalah pengukuran kadar asam atau pH dalam air serta mengetahui volume air yang hendak digunakan. Berdasarkan hal di atas maka dibuat sistem otomatis khusus untuk hidroponik jenis NFT.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Merawat Bonsai Buah untuk Memaksimalkan Kualitas dan Kuantitas

Hidroponik sendiri dikategorikan menjadi dua, yaitu sistem pasif serta sistem aktif. Dalam sistem aktif , larutan air serta nutrisi akan dibuat agar bergerak serta bersirkulasi dengan pompa air. Sementara dalam sistem pasif, larutan nutrisi akan diserap medium dan diteruskan ke dalam akar tanaman tanpa tersirkulasi.

Demikian ulasan kami tentang cara menanam tanamanan dengan metode Hidroponik, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara berkebun di lahan sempit bisa di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls).

Berkebun di lahan sempit bisa dilakukan degan beberapa cara ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.