oleh

Waspadai Ancaman Diabetes Pada Anak yang dimulai dari gejala Obesitas

Ada baiknya mulai saat ini para orang tua sudah harus waspada terhadap ancaman diabetes pada anak. Diabetes yang dahulu hanya dikenal sebagai penyakit kronis untuk orang dewasa, saat ini telah mulai mengancam anak-anak, tak terkecuali mereka yang usianya masih sangat belia. Usia sudah tidak lagi menjadi patokan untuk penyakit yang erat kaitannya dengan gula dalam darah ini.

Sayangnya, menurut beberapa pihak, masih banyak orangtua yang belum mewaspadai ancaman diabetes pada anak. Hal ini ditunjukan dengan data bahwa tingkat obesitas pada anak semakin meningkat, padahal kondisi tubuh berlebihan berat badan ini termasuk pemicu penyakit diabetes. Data yang lebih mengejutkan muncul bahwa tingkat risiko diabetes meningkat sekitar 45% pada tahun 1994 di Amerika Serikat, yang tentunya di era saat ini, risiko anak terkena diabetes semakin meningkat seiring gaya hidup yang semakin tidak sehat.

Ancaman Diabetes Pada Anak, Diabetes Pada Anak, penanganan diabetes pada anak, makanan penyebab diabetes pada anak, diabetes melitus pada anak, diabetes tipe 1 pada anak, obat tradisional diabetes pada anak, tanda bayi diabetes, ciri ciri diabetes pada remaja, diabetes pada anak bisa sembuh
orang tua harus mewaspadai ancaman diabetes pada anak – Diminimalis.com

Mengenal Ancaman Diabetes Pada Anak

Diabetes yang paling mengancam anak-anak masa kini sejatinya sama dengan diabetes yang diderita untuk orang dewasa. Secara garis besar, diabetes yang dimaksud adalah diabetes tipe 2. Untuk diabetes tipe 1 bisa diderita oleh siapa saja lantaran hal ini merupakan kondisi kerusakan pankrea,s sehingga tidak bisa mencukupi atau bahkan tidak mampu memproduksi insulin di dalam tubuh. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi lantaran pankreas mengalami penurunan kinerja, sehingga tidak bisa mencukupi produksi insulin atau terjadi resistensi terhadap insulin yang diproduksi pankreas.

Dari penjelasan ini bisa ditarik kesimpulan bahwa diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang terjadi akibat perubahan kondisi dari normal menjadi tidak normal. Dahulu, kerja pankreas untuk bisa memproduksi insulin yang berfungsi mengontrol gula darah umumnya baru menurun untuk orang dewasa yang tidak menjaga kesehatannya. Namun saat ini ternyata ditemukan fakta bahwa ancaman diabetes tipe 2 pada anak sangat besar sehingga para orang tua wajib untuk waspada.

Semua hal yang terkait dengan diabetes tipe 2 pada anak sama seperti orang dewasa, mulai dari penyebab, gejala, hingga dampak komplikasi yang akan diderita. Namun khusus untuk penyebabnya bisa ditelaah lebih dalam apa saja yang membuat seorang anak rentan terancam diabetes tipe 2 ini.

Penyebab Diabetes Tipe 2 Pada Anak

Terdapat beberapa penyebab diabetes tipe 2 pada anak yang wajib diketahui. Untuk membuat para orangtua lebih paham, di sini akan diberikan ulasan lengkapnya:

• Berat badan berlebih

Penyebab diabetes pada anak yang paling besar adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Tingkat risiko seseorang termasuk anak-anak terkena diabetes akan sangat tinggi jika tubuh tidak memiliki bobot yang ideal. Hal ini semakin diperparah lantaran banyak orangtua yang kurang memperhatikan dua hal utama penyebab diabetes pada anak, yaitu asupan makanan dan kurangnya aktivitas tubuh anak.

• Faktor keturunan

Untuk anak yang lahir dari keluarga inti yang memiliki riwayat diabetes, maka dia cenderung memiliki resiko terkena diabestes, dibanding anak lainnya. Risiko ini bahkan dikatakan menjadi sepertiga lebih tinggi dari orang yang tidak lahir dari ibu dan ayah yang tidak memiliki riwayat diabetes. Dari faktor penyebab diabetes tipe 2 ini diharapkan para orangtua yang terkena diabetes, wajib untuk mengawasi kesehatan dan memperhatikan tumbuh kembang anaknya.

• Faktor etnis

Berdasarkan data secara empiris, etnis Asia termasuk etnis yang tergolong memiliki risiko yang cukup tinggi untuk terkena diabetes. Untuk itu, kita yang notabene termasuk dalam etnis asia, harus lebih waspada terhadap ancaman diebetes ini.

Penyebab Obesitas Pada Anak

Seperti yang telah dijelaskan tadi, faktor terbesar yang bisa membuat seorang anak terkena diabetes tipe 2 adalah soal obesitas. Dengan begitu, para orangtua yang ingin memiliki anak yang jauh dari risiko diabetes harus memperhatikan tumbuh kembang anak agar tidak memiliki berat badan berlebih.

Anak-anak masa kini lebih cenderung berpotensi terkena diabetes tipe 2 akibat obesitas lantaran berbagai hal. Untuk membuat lebih jelasnya, berikut ini akan ulas beberapa penyebab obesitas pada anak:

• Makanan

makanan tidak sehat dan penjelasannya gambar makanan tidak sehat makanan tidak sehat untuk anak contoh gambar makanan tidak seh
Ada banyak makanan tidak sehat di sekitar kita yang berpotensi menyebabkan obesitas pada anak – Diminimalis.com

Tidak adanya kontrol asupan makanan untuk anak bisa menjadi sumber utama penyakit diabetes muncul di usia belia. Bahkan, saat ini para dokter telah memberikan himbauan keras untuk orang tua agar lebih tahu apa saja makanan penyebab diabetes pada anak. Contohnya susu kental manis, makanan yang terlalu manis, jajanan yang penuh dengan krim cokelat, minuman bersoda, dan juga makanan yang tergolong junkfood.

• Kurang olahraga

Anak yang tidak dibiasakan berolahraga memang rentan memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatannya, termasuk juga menderita diabetes. Asupan kalori dan gula yang masuk tanpa adanya pembakaran, akan menumpuk di tubuh sehingga cepat membuat anak menjadi obesitas. Bila Anda khawatir tidak bisa mengawasi anak ketika berolah raga di luar rumah, sebenarnya banyak olah raga di dalam rumah yang efektif membakar kalori. Anda bisa mengajak anak Anda olah raga bersama, demi mengajarkan mereka kebiasaan higup sehat.

• Aktivitas pasif di dalam rumah

bijak menggunakan gadget, bijak dalam menggunakan gadget, cara menggunakan hp dengan bijak
aktivitas pasif di rumah dapat menyebabkan anak mengalami obesitas – diminimalis.com

Untuk orang tua yang terbiasa memfasilitasi anak dengan gadget,akan membuat anak menjadi malas untuk bergerak. Jika kesehariannya hanya diam di kamar, bermain gadget, atau hanya di depan komputer, maka besar kemungkinan anak akan terkena obesitas dan berkembang menjadi menderita diabetes.

Berbagai solusi sebenarnya mudah untuk dilakukan agar anak terhindar dari diabetes tipe 2. Mulai dari memperhatikan asupan makanannya, membuat anak menjadi gemar berolahraga, mengurangi asupan gula, hingga membuat hunian yang memungkinkan anak untuk aktif bergerak. Maka dari itu, para orang tua dituntut untuk cerdas mewaspadai ancaman diabetes pada anak agar tidak menyesal dikemudian hari.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed