Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Aktivitas Saat Hujan yang Bisa Dilakukan di Rumah Minimalis Anda

meski beberapa kegiatan di luar rumah terhalang ketika hujan, namun masih banyak hal produktif yang bisa kita lakukan di rumah - diminimalis.com

Aktivitas saat hujan yang bisa dilakukan di dalam rumah sangatlah banyak. Meski ada beberapa agenda yang tidak jadi dikerjakan karena hujan turun, jangan sampai hal ini mengurangi produktifitas Anda di siang hari. Anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang sempat tertunda yang memungkinkan untuk dikerjakan sembari menunggu hujan reda.

Sebagaimana dikutip dari situs wikipedia, bahwa hujan sendiri merupakan sebuah peristiwa turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi. Definisi hujan yang lainnya adalah sebuah peristiwa Presipitasi (jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal supaya dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi.


Di bumi, hujan adalah proses kondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat) uap air di atmosfer menjadi butiran-butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi secara bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara ataupun penambahan uap-uap air ke udara. Butiran hujan mempunyai ukuran yang berbeda-beda mulai dari yang mirip penekuk (butiran besar), hingga butiran yang kecil.

Di daerah tropis, musim hujan bergantian dengan musim kemarau (musim kering) dan sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari tahunan. Pergerakan matahari mengubah peta suhu udara dan permukaan tanah dan samudera. Pada gilirannya perbedaan suhu akan mengubah konsentrasi uap air di udara. Biasanya musim hujan terjadi pada bagian bumi yang tengah mengalami posisi zenith peredaran semu matahari.

Indonesia yang berada pada wilayah tropis, akan mengalami musim hujan sekitar setengah tahun lamanya.

aktivitas saat hujan, aktivitas saat musim hujan, aktivitas musim hujan
meski beberapa kegiatan di luar rumah terhalang ketika hujan, namun masih banyak hal produktif yang bisa kita lakukan di rumah – diminimalis.com

Aktivitas saat hujan yang bisa Anda lakukan di dalam rumah minimalis Anda

Intensitas hujan yang selalu tinggi ketika sudah musimnya, menjadikan sebagian orang enggan untuk beraktivitas diluar rumah, terlebih bila hujannya begitu deras disertai angin yang bertiup kencang.

Bila beberapa pekerjaan yang tertunda sudah semua Anda kerjakan, maka jangan sampai Anda bingung dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Di bawah ini ada beberapa aktivitas positif yang bisa Anda kerjakan sembari menunggu hujan reda.

1. Olahraga
Anda bisa melakukan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Beruntung jika Anda memiliki treadmill atau alat bantu olah raga lainnya, Anda bisa berolahraga tanpa harus jogging keluar rumah. Jika kita tidak punya alat bantu olahraga, Anda bisa melakukan push up atau sit up. Selain bisa membakar kalori, tubuh akan terasa menjadi hangat dan semakin sehat.

aktivitas saat hujan, aktivitas saat musim hujan, aktivitas musim hujan
saat hujan, merupakan momen yang tepat untuk membaca buku-buku yang belum kita selesaikan – diminimalis.com

2. Membaca
Semua orang memiliki buku bacaan di rumah, namun ada saja kendala yang membuat kita tidak sempat menuntaskan buku bacaan tersebut hingga selesai. Selain buku bacaan, Anda juga bisa membaca berita entah di koran atau berita online melalui komputer atau HP Anda yang terhubung dengan internet.

3. Minum teh atau kopi bersama keluarga
Minum teh merupakan kegiatan positif untuk merilekskan diri dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk saling curhat atau menjadi pendengar yang baik. Suasana saat hujan bisa membuat obrolan kita terasa ringan dan cair.

4. Menulis
Daripada hanya menonton TV atau menghabiskan waktu di media sosial, menulis bisa dijadikan sebagai kegiatan positif saat kita terhalang keluar rumah karena hujan. Dengan menulis, kita bisa menuangkan ide, gagasan atau ilmu yang bermanfaat untuk dibagikan kepada orang lain.

Demikian ulasan kami tentang aktivitas yang bisa dilakukan saat hujan di rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.