Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Akibat Tidak Mempersiapkan Rumah Sebelum Musim Hujan

Ada banyak akibat buruk bila Anda tidak mempersiapkan rumah dengan baik untuk menghadapi musim hujan - diminimalis.com

Musim hujan merupakan momen pembuktian bagi kita apakah selama ini kita benar-benar serius melindungi rumah atau tidak. Bisa jadi saat musim kemarau, kita terlena karena melihat kondisi rumah yang nampak baik-baik saja. Padahal sebenarnya banyak sekali hal yang sudah mendesak harus segera dilakukan perbaikan di sana –sini. Itulah gambaran akibat tidak mempersiapkan rumah sebelum musim hujan.

Akibat Tidak Mempersiapkan Rumah Sebelum Musim Hujan mempersiapkan rumah sebelum musim hujan, persiapan rumah sebelum hujan
Ada banyak akibat buruk bila Anda tidak mempersiapkan rumah dengan baik untuk menghadapi musim hujan – diminimalis.com

Namun kadang orang baru sadar bila sudah menemui musim hujan. Banyak yang menyesal, karena ternyata bagian-bagian yang dulu ditunda-tunda untuk diperbaiki, hari ini sudah tebukti memberikan kerepotan bagi pengshuninya. Inilah akibat tidak mempersiapkan rumah sebelum musim hujan.

Akibat tidak mempersiapkan rumah sebelum musim hujan

Ada beberpa hal yang umum dirasakan oleh orang kakibat tidak segera melakuakn perbaikan sebelum musim hjuan datang, diantanya yaitu.

Genting bocor

Tentu ini merupakan masalah klasik. Genting bocor merupakan akibat yang dialami setiap orang yang tidak siap menghadapi musim hujan. Maka jangan menyadari kebocoran rumah ketika benar-benar terjadi hujan. Semestinya pengecekan perlu dilakuakn sebelum musim hujan datang, agar ketika tiba saatnya, Anda tidak akan kerepotan membetulkan genting saat hujan tiba. Bila Anda memaksakan diri membetulkan genting saat hujan, akan ada banyak resiko yang dapat membahaykan diri Anda dan keluarga.

Funriture kayu mudah rusak dan berjamur

cara menghilangkan jamur di kayu, cara menghilangkan jamur di kayu lemari, cara menghilangkan jamur di pintu kayu
jamur bisa tumbuh di kayu bila udara terlalu lembab – diminimalis.com

Intensitas curah hujan yang tinggi otomatis membuat jumlah air yang menimpa atap akan lebih banyak. Jika air bocor dan masuk ke dalam rumah, hal ini akan membuat udara di rumah menjadi lembab dan membuat furniture kayu berjamur.

Bila hal ini sudah terjadi, maka furniture tersebut tidak akan awet lagi dan mudah lapuk. Untuk itu demi menjaga keawetan furniutre Anda, hindarkan resiko kayu dari kelembaban agar tidak mudah rusak. Dan untuk menjaga kelembaban udara, tentu dimulai dengan antisipasi mencegah kebocoran atap rumah minimalis Anda.

Korsleting listrik

Tetesan air hujan pada alat-alat listrik, seperti kabel dan steker, dapat menimbulkan hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Hal ini tidak jarang mengakibatkan sekring listrik turun, bahaya tersetrum, hingga kebakaran rumah.

Maka untuk menghindari resiko tersebut, Anda perlu memeriksa instalasi listrik rumah secara berkala. Anda perlu mengecek keadaan pembungkus kabel, lampu, pompa air serta instalasi listrik di rumah Anda.

Resiko terserang penyakit

Datangnya penyakit saat musim hujan disebabkan beberpa hal, tentu saja semua bermula dari kurangnya mempersipakan rumah untuk melindungi keluarga saat musim hujan tiba. Sekat-sekat yang lapuk, dapat menyebabkan udara lembab dari luar masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu saja dapat membuat suhu di dalam rumah menjadi dingin. Meskipun pintu dan jendela sudah tertutup rapat, nyamuk-nyamuk dari luar tetap bisa tetap masuk ke dalam rumah. Dan bila hal ini terjadi, maka keluarga Anda bisa mengalami resiko terserang penyakit dengan adanya nyamuk-nyamuk tersebut.

Demikian ulasan kami tentang akibat dari tidak mempersiapkan rumah untuk menyambut musim hujan. Semoga aritkel ini dapat membantu Anda melindungi kelurga dengan mengkondisikan rumah sebaik mungkinsebelum musim hujan tiba.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.