Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Air yang Mengandung Kaporit, Kenali dampak Baik dan Buruknya

air yang mengandung kaporit memiliki perlu diolah kembali seblum dikonsumsi - diminimalis.com

Ada apa dengan air yang mengandung kaporit? Aroma yang timbul dari air PDAM yang mengandung kaporit kadang membuat kita bertanya-tanya. Mengapa air ini perlu dicampuri kaporit? Amankah untuk kesehatan?
Tujuan utama air PDAM dicampuri kaporit, justru sebenarnya untuk membunuh bakteri jahat yang berbahaya bagi manusia. Namun bukan berarti air tersebut menjadi aman apabila langsung dikonsumsi. Tentu saja untuk dijadikan air minum, kita perlu mendidihkannya terlebih dahulu etidaknya hingga suhu air mencapai 100 derajat.

Air yang Mengandung Kaporit, apakah air pam boleh diminum, cara menghilangkan kaporit, air yang mengandung kaporit
air yang mengandung kaporit memiliki perlu diolah kembali seblum dikonsumsi – diminimalis.com

Kaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2. Kaporit dan Klorin adalah istilah yang digunakan untuk menyebut zat yang sama. Kaporit adalah bahasa awam dari Kalsium hipoklorit yaitu senyawa klorin (Cl2) yang banyak digunakan sebagai pemutih dan desinfektan. Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Senyawa ini relatif stabil dan memiliki klorin bebas yang lebih banyak daripada natrium hipoklorit (cairan pemutih).


Air Mengandung Kaporit dan dampaknya bagi tubuh kita

Pada dasarnya, kaporit adalah zat yang berfungsi untuk menjernihkan air. Umumnya kaporit digunakan sebagai salah satu dari beberapa obat-obatan kolam renang atau sumber air minum. Selain fungsi utamanya untuk sterilisasi air, kaporit juga berfungsi untuk menaikan PH air (power of hidrogen).

Tapi bagaimana bila sumber air yang mengandung kaporit itu diminum? Terutama orang-orang yang sedang dalam proses penyembuhan dari sakit, ataupun perempuan yang sedang mengandung? Pada ibu yang sedang hamil, menelan air yang mengandung kaporti bisa berpotensi menyebabkan mual, pendarahan saat melahirkan dan resiko bayi terlahir cacat.

Secara umum efek toksik dari kalsium hipoklorit utamanya bergantung pada sifat korosif hipoklorit. Jika sejumlah kecil dari hipoklorit tertelan, efeknya bisa berupa iritasi pada organ dalam. Jika konsentrasi pemutih yang tertelan lebih besar, misalnya hipoklorit 10% atau lebih, efek yang akan dirasakan adalah iritasi korosif hebat pada mulut dan tenggorokan.

Bagaimana cara menghindari dari dampak buruk air yang mengandung kaporit?

1. Masak air hingga mendidih

Tentu cara ini sudah sangat umum dilakukan masyarakat kita. Meski hal ini terlihat hanya sebagai kebiasaan lumrah untuk selalu menyiapkan air matang di rumah, namun cara ini memang efektif mematikan bakteri jahat yang ada pada air yang mengandung kaporit di rumah Anda.

2. Gunakan air mineral untuk konsumi

Air kaporit bila digunakan untuk mandi, maka itu baik adanya, namun bila Anda merasa ribet untuk memasak air setiap hari, maka berlangganan air mineral bisa menjadi solusi yang tepat. Selain segar, Anda tidak perlu lagi buang waktu dan gas demi mendapatkan air siap minum di rumah minimalis Anda.

3. Gunakan wadah kendi berbahan tanah liat.

Air yang sudah dimasak untuk air minum, akan lebih segar bila Anda menampungnya di dalam kendi. Air minum yang dituangkan dari dalam kendi, akan terasa lebih segar dan lebih aman. Bahan tanah liat pada kendi, membuatnya mampu menetralkan berbagai toksin yang terkandung di dalam air yang tercemar.

4. Miliki sumur sendiri 

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri, fungsi sumur resapan dan biopori, manfaat sumur resapan air hujan
sumur memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Adanya sumur di pekarangan rumah minimalis kita, dapat mengurangi ketergantungan kita pada air PDAM. Selain dapat menghemat pengeluaran bulanan, air sumur juga lebih segar dan tetap aman, bila Anda dapat mepergunakannya dengan baik.Demikian ulasan kami tentang beberapa efek dari air yang mengandung kaporit di rumah minimalis Anda. Air yang mengandung kaporit lebih aman dari bakteri jahat, namun tidak baik bila diminum secara langsung, karena berbahaya bagi organ dalam tubuh Anda, semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.