oleh

Kebiasaan Efektif Agar Tidak Ketergantungan dengan ART

Memiliki Asisten Rumah Tangga (ART) menjadi hal yang lumrah untuk menjaga kebersihan rumah. Namun, saat ART pulang kampung, sang pemilik rumah biasanya kewalahan mengatasi urusan rumah tangga sendiri. Agar tidak ketergantungan dengan ART memang diperlukan tekad yang kuat.

Orang yang memiliki mobilitas tinggi cenderung menggunakan jasa ART di rumahnya untuk membantu melakukan pekerjaan rumah agar fokus dalam bekerja. Pekerjaan seperti mencuci piring, baju, menyapu, mengepel, merawat taman, menjaga anak, memasak, dan lain sebagainya biasanya dipercayakan pada ART. Banyak yang menganggap urusan rumah tangga hanya menambah beban kerja semata.

Agar tidak ketergantungan dengan pembantu Agar tidak ketergantungan dengan art mandiri tanpa pembantu tips bila pembantu mudik
Ada banyak hal yang bisa kita laluukan sendiri agar tidak ketergantungan dengan ART – Diminimalis.com

Mau tidak mau, Anda pun harus mulai untuk mengganti sudut pandang agar tidak ketergantungan dengan ART. Lalu, bagaimana menjaga rumah Anda tetap bersih meski tidak memiliki asisten rumah tangga?

1. Jangan biarkan barang berserakan

Letakkan barang ke tempatnya lagi setelah selesai digunakan. Jangan biarkan kebiasaan menaruh barang sesuka hati yang hanya membuat penumpukan barang di suatu tempat. Jika kebiasaan ini dibiarkan, rumah pun terlihat kotor dan tidak rapi.

2. Letakkan baju di tempatnya

Ketika mengganti pakaian, kerap kali Anda atau pasangan Anda melemparkan saja di berbagai tempat, seperti tempat tidur, lantai, kursi, dan area lain. Segera tinggalkan kebiasaan ini karena hanya akan membuang waktu untuk membereskannya di kemudian hari.

Tidak perlu waktu lama untuk menaruh pakaian tersembut kembali ke lemari atau meletakannya di laundry box/bag. Nantinya Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merapikan baju kotor yang berserakan jika memiliki tempat khusus untuk meletakkan baju yang belum dicuci.

3. Biasakan mencuci alat makan langsung sehabis makan

Kesalahan mencuci piring, kuman pada wastafel, kuman bakteri di dapur
Cucilah piring langsung sehabis makan – diminimalis.com

Kebiasaan buruk lain adalah menumpuk piring bekas makan untuk kemudian dicuci oleh ART. Tapi saat ART sedang tidak ada, bekas piring dan peralatan masak bisa menumpuk di westafel dapur. Penumpukan yang terjadi di sekitar area pencucian piring ini akan membuat dapur terlihat kotor. Bahkan, tak jarang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya kotoran pada peralatan makan sangat mudah untuk dibersihkan bila dilakukan dengan segera, dan justru akan sulit dibersihkan jika noda makanan sudah mengering. Untuk itu, terapkan kebiasaan mencuci piring setelah makan oleh seluruh anggota keluarga, demi kebaikan bersama.

4. Kurangi barang yang tidak perlu

Jika memiliki mobilitas yang tinggi, sebaiknya hindari kepemilikan barang yang berlebihan, seperti puluhan toples atau pernak-pernik peralatan dapur lainnya. Jika Anda tidak membutuhkannya, jangan pernah tergoda dan membelinya. Menumpuk aksesori dan interior rumah yang tidak terpakai justru akan memperberat tugas Anda saat proses bersih-bersih.

5. Batasi penggunaan kertas dan kantong plastik

Menghemat Penggunaan Plastik, cara menghemat kertas dan plastik, dampak buruk kantong plastik
Batasi penggunaan kantong plastik – Diminimalis.com

Mengurangi penggunaan kertas pun bisa mengurangi ketergantungan terhadap ART. Sebab, sisa-sisa kertas yang tak terpakai akan menjadi sampah yang menumpuk tak sedap dipandang. Selain kertas, sampah plastik juga menjadi salah satu benda yang kerap menimbulkan masalah di dalam rumah. Inilah alasan mengapa kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik. Gunakan tas khusus belanja untuk mengurangi penggunaan plastik.

6. Bersihkan lantai secara rutin

Menyapu lantai setiap hari tidak akan terasa berat dibandingkan dengan membersihkannya saat debu dan kotoran sudah menumpuk. Gunakan sedikit waktu luang Anda untuk menyapu lantai secara rutin. Jika terasa begitu melelahkan, gunakan vakum untuk menyedot debu di tempat yang sulit terjangkau. Selain itu, penggunaan vakum juga membuat lantai semakin mudah dibersihkan.

7. Hindari dekorasi tempat tidur berlebihan

Mamiliki kasur yang penuh dengan bantal, selimut, dan perak-pernik lain memang bisa membuat tempat tidur menjadi lebih nyaman. Selain nyaman, biasanya penggunaan barang-barang ini juga bisa untuk mempercantik dekorasi kamar Anda. Namun, sebaiknya jika tidak memiliki ART, jangan membiarkan tempat tidur Anda dipenuhi dengan banyak dekorasi yang sulit untuk dibersihkan.

Buatlah tempat tidur Anda tetap nyaman, meski dengan pernak-pernik yang minim. Semakin sedikit barang di atas tempat tidur, maka semakin sedikit pula upaya Anda untuk membereskannya.

Agar Tidak Ketergantungan dengan ART

Tidak memiliki ART atau di saat ART sedang pulang kampung memang kerap membuat stress pemilik rumah. Apalagi jika rumah Anda bergaya minimalis yang harus selalu terlihat rapi. Agar tidak semakin stress, selain melakukan cara di atas, cobalah beberapa tips anti stress saat ART tidak ada.

1. Kerjakan secara bertahap

Membersihkan rumah memang merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan jika dilakukan sendiri. Apalagi jika Anda juga memiliki banyak pekerjaan di kantor dan harus pulang hingga larut malam. Oleh karena itu, jangan kerjakan semuanya sekaligus. Lakukan secara bertahap dengan mulai mengerjakan hal yang paling berat. Setelah hal terberat selesai, Anda justru akan melakukan hal yang lebih ringan.

2. Biasakan Terjadwal

Mungkin memang klise, namun membuat jadwal kegiatan mengurus rumah dan patuh terhadap jadwal bisa membuat pekerjaan Anda terasa lebih ringan. Segalanya lebih terasa efektif dan efisien jika memiliki waktu yang jelas. Buatlah jadwal secara terperinci untuk mengurus rumah. Misalnya, setiap hari apa Anda harus menyapu, mengepel lantai, mencuci pakaian, dan rutinitas bersih-bersih lain.

Dengan membuat to do list semacam ini, tentu akan membuat pekerjaan rumah Anda lebih terstruktur tanpa perlu menguras tenaga.

3. Buat suasana bersih-bersih senyaman mungkin

Tak ada salahnya untuk membuat diri Anda nyaman sebelum atau sesudah melakukan bersih-bersih rumah. Siapkan reward untuk diri Anda yang sudah bekerja dan membersihkan rumah. Demikian ulasan dari kami tentang cara agar tidak ketergantungan dengan ART dan memulai kebiasaan baik di rumah, semoga berbagai tips di atas bermanfaat bagi Anda agar siap mengurus rumah sendiri, manakala ART sedang berhalangan bekerja. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed