oleh

4 Cara Agar Tetap Hangat di Rumah Saat Hujan

Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa yang menyebabkan kecenderungan suhu udara dingin ketika musim hujan dan panas ketika musim kemarau. Anda perlu menjaga suhu udara dalam rumah tetap nyaman untuk seluruh penghuni rumah termasuk buah hati Anda yang masih kecil. Anda perlu mengupayakan agar rumah tetap hangat di rumah saat musim hujan dan tetap sejuk di musim kemarau.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Kedua musim tersebut terbagi dengan tidak merata. Peralihan dari musim hujan ke kemarau atau sebaliknya kerap disebut dengan musim pancaroba.

agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis.com
agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis.com

Pergantian musim yang tidak menentu ini seringkali membuat kita tidak betah tinggal di rumah karena suasana dan udara yang kurang nyaman. Hal ini karena beberapa rumah yang tidak didesain dengan baik membuat rumah terasa panas pada saat musim kemarau dan terasa sangat dingin di musim hujan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu mensiasatinya.

Ulasan kali ini membahas mengenai bagaimana kita membuat rumah tetap nyaman saat musim hujan. Hal ini sangat penting agar kita dapat tetap betah berlama-lama di rumah saat musim hujan tiba. Lalu, bagaimana caranya agar tetap hangat di rumah saat hujan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Tips Agar Tetap Hangat di Rumah Saat Hujan

Musim hujan kerap menjadi hambatan dan membuat kita malas melakukan banyak kegiatan, terlebih ketika udaranya dingin. Agar tetap hangat di rumah saat hujan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Hal tersebut sangat mudah dilakukan siapa saja. Jangan khawatir, semua dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan yang mudah didapat. Lalu, bagaimana caranya? Mari kita simak tips agar tetap hangat di rumah saat musim hujan berikut ini.

1. Rumah Anda banyak ventilasi? Mari tutup ventilasi sementara
Cara membuat rumah hangat saat hujan yang paling mudah adalah dengan menutup ventilasi di rumah. Agar tampak rapi, Anda dapat menutupnya dengan plastik mika. Anda dapat memilih plastik mika sesuai dengan keinginan.

Ada banyak jenis plastik mika yang dapat Anda pilih, mulai dari plastik yang lentur dan tidak mudah sobek ketika di tekuk, hingga plastik mika yang kaku. Ada juga beberapa pilihan warna plastik yang dapat Anda pilih. Beberapa jenis plastik mika memiliki beberapa pilihan warna menarik.

tutup ventilasi agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis.com
tutup ventilasi agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis.com

Selain menutup dengan plastik mika, Anda dapat menggunakan kertas sebagai penutup lubang. Kertas yang dijadikan penutup dapat dipilih sembarang. Anda dapat memilih kertas bekas seperti kertas koran atau kertas kalender yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa juga untuk memasang dengan rapi agar membuat penampilan rumah tetap tampak baik.

2. Lantai rumah Anda dingin? Coba pasang alas lantai

karpet atau rug agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis.com
karpet atau rug agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis.com

Penghangat rumah sederhana yang dapat Anda pakai salah satunya adalah alas lantai. Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak jenis alas lantai yang dapat Anda gunakan. Alas lantai yang dapat kita gunakan untuk menghangatkan rumah salah satunya adalah karpet.

Anda dapat memasang karpet dengan motif cantik di seluruh lantai rumah termasuk tangga untuk membuat rumah hangat. Selain itu, karpet juga dapat digunakan sebagai pengaman terutama jika kita memiliki balita. Hal ini karena saat anak jatuh mereka tidak langsung membentur lantai yang keras.

Selain karpet, Anda juga dapat menggunakan rug yang dapat Anda tempatkan di lokasi tertentu. Misalnya di ruang keluarga, yaitu tempat kita berkumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersama. Rug juga dapat ditempatkan di kamar tidur sehingga kamar tidur semakin nyaman. Anda juga bisa menaruhnya di lantai ruang makan sebagai penghias ruangan.

3. Jendela terasa tidak rapat? Gunakan gorden yang tebal
Tips membuat rumah hangat di saat hujan yang ketiga adalah dengan memasang gorden yang tebal. Anda dapat memilih gorden dengan jenis kain yang tebal untuk mencegah angin masuk ke dalam rumah melalui sela-sela jendela. Cara ini menjadi salah satu cara yang menarik untuk dilakukan.

Kita bisa mengombinasikan karpet atau rug yang kita pakai dengan motif dan warna gorden yang senada. Hal ini akan membuat ruangan tidak hanya hangat, tetapi juga cantik.

pilih gorden tebal agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis
pilih gorden tebal agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis

Anda juga dapat memilih gorden yang senada dengan cat tembok pada ruangan tersebut. Memilih warna yang lembut dapat membuat ruangan tampak lebih luas, pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda.

4. Letakkan perabot yang menghangatkan
Rumah yang hangat saat hujan juga dapat dibuat dengan menempatkan perabot yang tepat. Perabot yang membuat kita senang berlama-lama di rumah saat hujan salah satunya adalah sofa. Kehadiran sofa yang hangat dapat menjadi salah satu hal yang membuat betah dan nyaman saat hujan tiba.

Alternatif lain adalah dengan melapisi tempat duduk biasa dengan bantal sebagai alas atau membuatkan sarung dari rajutan wol agar menambah kenyamanan saat duduk. Anda juga bisa menempatkan perabot yang menghangatkan lainnya seperti menambah lampu baca di ruangan, dan sebagainya.

gunakan sofa dan beri bantal kecil agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis
gunakan sofa dan beri bantal kecil agar tetap hangat di rumah saat hujan – diminimalis

Itu tadi 4 hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat. Untuk membuat ruangan semakin hangat, Anda bisa mengombinasikan keempat cara tersebut. Untuk membuatnya lebih menarik lagi, Anda bisa membuat ruangan tampak serasi dengan memberikan kombinasi warna dan motif yang matching.

Hal tersebut dapat menjadi pilihan menarik untuk membuat rumah Anda semakin hangat. Apalagi jika rumah Anda termasuk rumah yang minimalis, Anda akan lebih mudah melakukan mix and match perabot. Agar tetap hangat di rumah saat hujan, Anda dapat melakukan 4 cara di atas.

Hal lain yang bisa Anda kerjakan adalah Anda juga dapat berkumpul bersama keluarga saat hujan tiba. Hal tersebut tentunya akan menambah kehangatan dan kebersamaan keluarga. Berkumpul bersama keluarga akan menjadi salah satu hal yang menyenangkan dilakukan saat hujan dan dingin. Kita dapat bercengkrama dengan keluarga dan membuat suasana menjadi semakin hangat. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi Anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed